Bebek Bisa Bersanding Dengan Metik Asal Kawin Silang

axelo
suzuki

Yola dulur…. dalam artikel sebelumnya deka membahas tentang motor yang dulunya menjadi favorit penghasil pundi-pundi uang buat pabrikan, namun sekarang ditekan terus sama kelas skuter metik, silahkan intip lagi disini.

axelo
axelo

Metik memang diakui akan keunggulannya yaitu kepraktisannya, semakin irit karena semakin majunya tehnologi injeksi. Hal ini lah yang membuat pasar metik sangat digemari, selain faktor  gampang “kesurupan”nya konsumen motor di marih.

honda-revo-at
honda-revo-at

Sedangkan kelas moped atau bebek sebenarnya masih unggul di sektor durability, ketangguhan melibas medan, keiiritan, kenyamanan, serta keamanan. Tapi daya tarik kesimpelan dan kepraktisan metik begitu memikat, membuat kelas bebek tenggelam. Jadi kalau kelas bebek  ingin dilirik kembali oleh konsumen, bebek harus mengembangkan faktor kepraktisannya yang mendekati metik. Dan jangan lupa, publik juga mungki sudah bosan dengan desain bebek konvensional, jadi desain bebek juga harus mengikuti selera mode.

lexam
lexam

Gampangnya, bebek konvensional harus berubah menjadi bebek hybrida atau bebek hasil kawin silang. Dikawinkan dengan apa? karena masalahnya ada di kepraktisan, maka kawinkan bebek dengan metik. Jika dikombinasikan antara ketangguhan bebek dengan kepraktisan metik, bukan tidak mungkin bakal dilirik lagi  oleh masyarakat.

Bukannya dulu sudah pernah ada honda Revo At dan yamaha Lek sam lexam yang terbukti gagal total? Yups… memang waktu itu bebek metik gagal total, namun deka beropini bahwa kegagalan tersebut karena waktu yang tidak tepat karena skuter metik benar-benar memukau serta desain yang masih kurang modern… bebeknya masih medhog banget.

Namun sekarang motor metik menjadi sebuah mainstream, umum, populis, awam banget. Namun masih meninggalkan kesan sebagai motor cewek, belum menunjukkan sebagai motor laki-laki.  Sedangkan pasar metik terus berkembang secara segmentasinya. Kalau deka boleh memberikan contoh, X-ride menjadi pecahan kelas metik yang segmented ke laki-laki. Pecahan kelas metik ini kenapa nggak diisi dengan bebek hybrid tersebut, misalkan nouvo dan revo At tersebut diatas namun dengan desain yang mendekati metik lagi, kalau boleh ambil contoh adalah Yamaha Nouvo seperti ini

Nouvo_135_2008
Nouvo_135_2008

Atau ini

Yamaha-Nouvo-SX-125
Yamaha-Nouvo-SX-125

Tinggal diamter ban-nya diperbesar seperti ukuran bebek pada umumnya. Sepertinya bakal mengingatkan masyarakat pada era keemasan bebek dulu, sehingga terbayang tentang ketangguhan, keiritan dan kenyamanan bebek. Namun yang jelas, pemain di segmen ini belum banyak bahkan belum ada yang bermain….. siapa mau bermain lagi???? Yamaha??? Suzuki??? atau AHM??? siapa cepat dia dapat……

Bonus……. Iron Maiden…. Be Quick… Or Be Dead

Semoga Bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

gulf oil