Bayar Pajak Kendaraan Via Android…. Mudah Sekali

suzuki

Tak terasa, duo metik suzuki milik ngademin, skywave dan NexII ulang tahun di bulan yang sama, Desember. Untung saja si Gipsy Danger GSXR150 bulan Juni, Bisa melotot jika dalam sebulan majekin 3 motor.đŸ˜‚đŸ˜‚. Untungnya sekarang mudah sekali untuk bayar pajak kendaraan…. Via hape android.

Dulu, ngademin pernah menggunakan aplikasi sms, tapi entah kenapa kemarin ngademin coba, tidak ada balasan dari esamsat. Padahal balasan sms dari esamsat itulah kunci kita membayar pajak.

Untuk membayar pajak atau perpanjangan stnk secara manual ke samsat kok ya males banget…. Antrinya itu lho….. Dan ngademin menemukan cara yang jauh lebih simpel dari via sms esamsat. Melalui aplikasi android di hape anda.

Cara ini bisa kita lakukan sambil nongkrong di WC, tiduran, makan atau terserah anda. Caranya mudah sekali.

Download aplikasi SAMBARA via playstore. Oh iya…. Tidak semua provinsi yang bisa terakses melalui aplikasi ini. Kebetulan ini milik Jabar. Beda provinsi, mungkin beda aplikasi ( via tokopedia juga bisa ).

Setelah download, buka aplikasi dan klik ujung kiri atas, Info PKB & kode bayar. Setelah diklik, maka tampilan seperti ini

Kita diminta mengisi nopol kendaraan yang akan dipajaki, kemudian klik cari…. Setelah itu akan muncul identitas lengkap kemdaraan. Seperti dibawah ini

Jika sudah benar dan sesuai, maka klik ” Ya ” di kolom lanjut daftar online.

Kita akan diminta mengisi nomer KTP pemilik kendaraan sesuai di STNK, dan lima nomer terakhir dari nomer Rangka kendaraan. Setelah itu klik Proses.

Sampai disini, kita telah selesai mendapatkan nomer kode pembayaran.

Klik COPY, maka otomatis halaman kode bayar akan ter-screenshot dan tersimpan ke galery hape kita.

Setelah ini, kita tinggal ke anjungan ATM bank-bank yang ditunjuk untuk membayar pajak. Caranya sama dengan pembayaran via sms, yaitu klik di pembayaran, kemudian pilih pajak, dan pilih pajak kendaraan, kemudian pilih kode provinsi, masukkan kode pembayaran, dan klik… Done….

Ambil struk bukti transfer, satukan dengan stnk asli dan ktp asli. Bisa saja tanpa ktp, tapi saat bayar pajak, stnk otomatis akan terblokir untuk tahun depan dan harus balik nama lagi.

Untuk pengesahan stnk baru, bisa dilakukan di samsat keliling, samsat outlet, kantor samsat, Bank BJB, atau bahkan di polsek terdekat sesuai asal kendaraan.

Karena rumah ngademin dekat dengan samsat, maka ngademin datang langsung ke samsat…. Enaknya dengan cara ini, kita tidak harus berlama-lama antri. Tinggal serahkan paket ktp, struk transfer dan stnk asli ke bagian pembayaran, kita menunggu di penyerahan stnk baru, dan meminta cap di bagian pengesahan…. Sekitar 10 menit, yang ngademin alami. Cukup cepat bagi ngademin.

Gimana, cukup mudah bukan? Dan enaknya tanpa adanya pungli.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply