Baru Beberapa Bulan, R25 Kok Udah Menguning Knalpotnya ?

Yamaha-r25
suzuki

Yola dulur…. berawal dari melototin artikelnya cicakkreatif tentang sebuah motor Yamaha R25 yang sedang ditelanjangi, deka malah tertarik dengan gambar foto yang disajikan.

Yamaha-r25 courtesy gus tri
Yamaha-r25 courtesy gus tri

Sebenarnya artikel tersebut membahas tentang imajinasi soal R25 versi naked jika dilihat dari perspektif R25 yang dilepas fairingnya dan redesain lampu depan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Yamaha R25 ini adalah motor sport fairing 250 cc 4 tak dua silinder perdana Yamaha yang diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Motor ini diposisikan untuk kalangan di atas medium dengan harga diatas 50 juta rupiah, hampir sama dengan kelasnya kawasaki ninja 250. Motor ini juga benar-benar fresh from oven, semua part yang menempel di motor ini adalah part baru yang belum ada di motor sebelumnya. Ibaratnya keluar dari master cetakan baru.

yamaha r25
yamaha r25

Namun coba kita tujukan pandangan ke arah leher knalpot R25 yang sedang ditelanjangi tersebut. Lha kok udah menguning lehernya? padahal kan baru berumur beberapa bulan saja. Untungnya ini adalah motor yang diselimuti sarung alias fairing, sehingga secara estetika tidak kelihatan dari luar, coba kalau motor naked… byuh….. kelihatan kumuh kan? Sebenarnya ini tidak hanya terjadi pada R25 ini saja, beberapa motor sport keluaran berbagai merk ahir-akhir ini juga mengalami hal yang sama, leher knalpot cepat menguning.

Mungkin saja ada pembelaan bahwa hal ini tidak mempengaruhi performa motor. Ya memang tidak disangsikan hal ini memang tidak mengurangi performa. namun yang namanya knalpot menguning adalah hasil oksidasi logam karena panas dan udara dan jelas menghasilkan korosi, dimana makin lama logam tersebut tergerus karena korosi ( CMIIW ) . Sudah agak lama deka memperhatikan hal ini pada motor- motor jenis yang lain.

ki bagong
ki bagong

Yang jadi pertanyaan, kenapa motor-motor lama jauh lebih lama mengalami penguningan leher knalpot dibanding produk sekarang? Padahal pada motor sekelas Bajaj Pulsar buatan India yang jelas-jelas naked dan berharga jauh lebih murah, sudah 1,5 tahun leher knalpot belum menunjukkan tanda-anda menguning? Tuh buktinya ki bagong lehernya masih hitam 😀 😀 . Di sini deka tidak bertujuan membandingkan kedua motor tersebut, namun ketika menilai sebuah kejadian, harus mempunyai parameter.

Apakah hal ini sudah dipertimbangkan masak-masak oleh tehnisi yamaha? sehingga dianggap wajar dan nggak jadi persoalan? Kalau ada pihak terkait yang lebih tahu dimohon share  disini agar semuanya jelas, tidak ada pertanyaan lagi. Karena ini menyangkut motor yang deka anggap termasuk kelas mahal….53 juta Lur…..

Semoga bermanfaat

wassalamualaikum

gulf oil

27 Komentar

  1. Knalpot yamaha kurang berkualitas, (ga tau kalo merk lain, saia bukan mau komparasi, cuma bagi pngalaman) kurang bagus bukan cuma lehernya, tapi keseluruhan, vixion saia umur 3tahun , suaranya berubah ,usut punya usut, silencer nya rusak, karna letak kerusakan didalam, tntu susah perbaikinya, saia beli knalpot ori second (punya temen, dia baru ganti knalpot racing kala itu) ehh dua bulan kmudian kasusnya sama, meski suaranya ga se aneh yg pertama, tp ttp aja ga semerdu aslinya saat baru , sayang bgt, mmg 3 tahun bukan wakti yg sbntar, tapi kan harusnya untuk part sekelas knalpot maunya kita ya 5thun keataslah baru rusak,, mungkin cuma bbrapa kasus, ga mncerminkan smua vixion, tapi inilah kkecewaan saia, part yg lain sih ga bgitu saia masalahin

  2. saya tidak tahu ini downgrade atau tidak, kejadian yang sama terjadi pada Scorpio, produksi awal knalpotnya krom bahkan sampai umur 8 tahun masih kinclong, edisi selanjutnya bukan krom dan sama dengan kejadian di artikel ini

  3. kemungkinan dari power yang besar pada motor sebagai penyebab panas berlebihan dan penggunaan pendingin cairan, meski kondisi mesin adem tapi ada peningkatan karbon monoksida di dalam kenalpot yang mempercepat proses korosi yang berdampak pada kenalpot berwarna kuning… hal ini nyaris terjadi pada sebagian besar motor yang berpendingin cairan abang

  4. knalpot Yamaha yg beredar di indonesia memang cpt berkarat, krn disinyalir saat knalpot panas terkena cairan/ air hujan, yg mengandung garam. dimana panas dan cairan ditambah garam, cepat menimbulkan karat juga asin…. :p

  5. Kompresi rasio paling tinggi di kelasnya…
    makin tinggi kompresi rasio makin panas gas buangnya….
    sedang tingak/laju korosi berbanding lurus dengan suhu/temperatur….
    menurut ane, wajar kalau lebih cepat laju korosinya karena memang paling tinggi temperatur/suhu gas buang R25….
    kalo ada pembanding dengan tingkat kompresi yang sama dan waktu yang sama akan lebih valid hasil pengamatannya… 😀

Leave a Reply