Bahan Servis Motor Suzuki Injeksi Modern Ternyata Sama Dengan Mobil

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Semakin canggih dan modern-nya mesin motor-motor keluaran terbaru, khususnya motor injeksi mungkin membuat sebagian peblik motor akan berpikir bahwa perawatannya akan semakin kompleks. Padahal justru kebalikannya, para tehnisi bengkel justru semakin ringan kerjanya saat merawat atau melakukan servis berkala motor-motor injeksi, Kali ini saia akan membuat sebuah contoh yang ngadimin temui langsung pada perawatan motor-motor injeksi suzuki, dimana bahan servisnya ternyata sama dengan mobil.

Pengalaman ngadimin saat melakukan servis, tune up mobil, ternyata bahan ( bukan peralatan ) untuk menservis kendaraan cukup simple. Dan jika diperhatikan kok sama persis dengan yang ngadimin temukan di bengkel motor suzuki. Jika dulu servis kendaraan, kerja yang paling rumit adalah copot, bongkar karburator, kemudian membersihkannya, merakit ulang, dan instal ulang di kendaraan kita. Kemudian dilanjut dengan membersihkan bagian filter udara, setel karburator, dan kemudian uji tes jalan.

Kini kerjanya, menurut ngadimin lebih ringan, tidak perlu bongkar komponen motor ( jika motor hanya servis rutin). Cukup membersihkan komponen yang berhubungan dengan ruang bakar, dari mulai box filter sampai ruang bakar. Di bengkel suzuki, motor suzuki jenis injeksi apapu, jika servis rutin akan menggunakan bahan yang sama, yaitu :

  1. Kompressor udara untuk membersihkan filter udara.
  2. Throttle body cleaner untuk membersihkan saluran dari throttle body sampai ruang bakar.
  3. Brake and part cleaner untuk membersihkan bagian rem
  4. Chain lube untuk melumasi rantai
  5. Combustion chamber cleaner untuk membersihkan ruang bakar ( saat servis besar berkala)
  6. Penetrant ( anti karat ) untuk baut yang susah dibuka.

Servisnya tidak perlu bongkar-bongkar komponen selayaknya motor karburator. Semua tinggal semprot sana-sini menggunakan bahan-bahan tersebut. Dan ternyata item-item diatas ( selain chain lube ) ngadimin temukan disaat servis berkala mobil-mobil injeksi zaman sekarang.

Jadi, kalau dulu biaya servis sebagian untuk keahlian tehnisis, sekarang ditambah dengan membeli bahan-bahan pemebrsih tersebut.

Sekedar Tips : Jika anda menservis kendaraan seperti diatas dan berbarengan dengan ganti oli baru, ngadimin sarankan minta kendaraan diservis dulu. Setelah servis selesai, baru oli mesin diganti, Kenapa? karena zat-zat pembersih tersebut sangat jahat untuk oli…. zat-zat tersebut sangat merusak oli ketika bercampur/ ketemu. kan sayang, oli baru diganti sudah dimeari dengan zat-zat jahat tersebut. Makanya saat servis mobil kemarin, ngadimin ngotot servis dulu, baru oli diganti… jika nggak mau, maka mending pindah bengkel.

Semoga bermanfaat

Wassalmaulaikum

gulf oil