Bagian NVX155 Ini Menarik, Karena Bisa Merubah Image Yamaha

suzuki

2016-10-13-01-00-35

Yola dulur yang budiman….dari ramainya info tentang spyshot yamaha nvx ( untuk sementara ngikutin nama versi vietnam ), ada hal atau bagian yang menarik bagi penulis. Tentu soal mesin juga iya, tapi sekarang kita bahas yang nampak mata saja. Dan menurut deka, bisa berimplikasi pada image yamaha sendiri.

Bagian tersebut adalah bagian atau part suspensi belakang. Di NVX ini nampak bahwa yamaha memasang suspensi jenis ganda dan model tabung, dan kemungkinan besar gas.

Ada yang menanyakan, kenapa tidak monoshock saja? Well.. Kalok monoshock sentral di tengah sih oke, tapi pasti akan namnah biaya produksi. Kalok monoshock kek umumnya skutik dimarih yang ada di sisi kiri motor sih jelas jenis double suspensi di motor metik lebih manteb…lebih stabil, ini bulan kemunduran, jusru kemajuan.

Tapi bukan soal mono atau double suspensi yang akan kita bahas. Tapi jenis tabung lah yang bisa jadi akan berimplikasi luas. Dari pengalaman deka menggunakan motor jenis suspensi tabung dan berisi gas, seperti honda tiger, bajaj pulsar, serta tvs apache, suspensi jenis ini lebih memberikan kenyamanan dibandingkan model suspensi konvensional, yaitu oli.

gulf oil

Shock breaker pulsar 180

Dengan bantuan media gas, yang deka rasakan suspensi enak buat nikung, tapi masih memberikan sensasi empuk saat menerjang jalan tidak rata. Walau memang tiap suspensi tabung memberikan efek yang berbeda-beda. Seperti suapensi tabung nitroxnya pulsar dan tvs apache lebih nyaman dibandingkan milik tiget. Tapi secara umum lebih nyaman dibandingkan yang non tabung dengan rentang harga tidak begitu jauh…( jangan bandingkan dengan suspensi konvensional tapi produk ohlins misalnya ).

Kita tahu, bagaimana rasanya suspensi metik-metik yamaha saat ini, selain x-ride, semua terasa stiff, kaku, keras sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman. Jika mengacu dari pengalaman deka merasakan suspensi jenis tabung gas, maka di nvx ini akan terasa lebih nyaman bantingan suapensinya. Dan ini bisa menjadi titik awal turning poin yamaha untuk meruntuhkan image motor yamaha suspensi tidak nyaman. Dan kita tahu, apa yang dijual oleh vario? Salah satunya ya kenyamanan tadi.

So…apakah memang suspensi nvx ini akan jauh lebih nyaman dibandingkan metik-metik yamaha sebelumnya? Semua akan terjawab ketika metik ini sudah diteatride oleh media secara langsung….sekarang hanya dugaan yang berdasarkan acuan umum suspensi tabung gas dengan konvensional oli.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum