Ayam Pedaging Dipacu Dengan Hormon Itu HOAX….

suzuki

Yola dulur….. media internet kini sangat vital peranannya untuk penyebaran informasi. Dengan gadget yang harganya semakin murah, membuat informasi di dunia maya sangat masive diakses oleh siapapun dan dimanapun. Namun banyak pula info yang menyesatkan dan cenderung membuat resah. Salah satunya tentang kekhawatiran bahwa daging ayam yang banyak beredar itu berbahaya karena dipelihara dengan cara suntik hormon. Deka pastikan, info tersebut adalah HOAX…..

daging ayam dari google
daging ayam dari google

Kenapa deka dengan yakin bahwa info tersebut hoax? karena deka sendiri salah satu pemain di dunia perayaman, khususnya ayam pedaging atau ayam broiler. Selama deka bermain di pemeliharaan ayam broiler, tidak pernah menggunakan yang namanya hormon pemacu pertumbuhan. Pertanyaan berikutnya adalah kenapa? emang bisa, ayam tanpa hormon pemacu pertumbuhan bisa tumbuh begitu pesat? jawabannya adalah Sangat Bisa Sekali. 

Beginu dulur sekalian…. Ayam pedaging bisa tumbuh sangat cepat, sekitar 30 sampai 35 hari sudah mencapai bobot 1,5-2,0 kg perekor itu dicapai dengan tehnologi rekayasa genetik dan tehologi pakan. Bibit ayam pedaging itu merupakan hasil dari indukan yang secara genetik direkayasa, hasil silangan dari bibit-bibit unggul sebelumnya, kemudian secara genetik direkayasa agar sel-sel pertumbuhan bisa seaktif mungkin. Bahkan direkayasa agar pertumbuhan daging di bagian dada bisa lebih besar dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Karena sudah terdesain agar tumbuh sangat cepat, maka anak ayam tersebut membutuhkan pakan dengan kualitas tinggi, dimana kebutuhan seperti karbohidrat, protein, energi, vitamin, asam amino, elektrolit dan mineral lengkap dan terukur dibutuhkan untuk mengimbangi pertumbuhan supercepat tersebut. Maka tehnologi pakan juga berperan sangat penting bagi teriptanya ayam yang siap panen diumur 1 bulan.

hormon pemacu pertumbuhan dari google
hormon pemacu pertumbuhan dari google

Terus kenapa hormon pertumbuhan tidak dipakai di industri peternakan ayam pedaging? Nih jawaban paling penting dan dulur sekalian harus tahu….. Hormon pemacu pertumbuhan itu harganya mahal. Nggak percaya? coba tanya preparat steroid itu berharga berapa? 1 ampul saja bisa berharga diatas 100 ribu rupiah, dan biasanya mentok terpakai buat berat badan 100 kg. Lha ayam broiler itu hitung saja jumlahnya 10.000 ekor, anggap saja berat badan tiap ekor 1 kg, sudah 10 ton…. butuh hormon pertumbuhan berapa ampul? bisa bonyok tekor tuh yang mau pakai……

So…… jangan khawatir buat dulur-dulur untuk mengkonsumsi daging ayam negeri. justru yang perlu dikhawatirkan itu adalah residu antibiotik yang dipakai untuk pemeliharaan ayam. Pilihlah daging ayam yang berasal dari peternakan ayam yang sehat……..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*