Apesnya Nasib Byson Dan Megapro…..Dikorbankan Untuk Kebahagian Keluarga ( Part 1 )

yamaha byson
suzuki

Yola dulur….. Disaat saudara-saudara motor semerknya menari dan riuh rendah memeriahkan penjualan segmen sport, kedua motor yaitu Yamaha Byson dan Honda New Megapro fi malah semakin mengkeret kuantitas jualannya. Jumlah penjualannya nggak bisa mencapai tiga digit untuk bulan September kemarin. Trend-nya semakin mengecil dari bulan ke bulan. Mengkeret seperti saat reaksi kedinginan 😀 .

Dan herannya kedua kumpeni tersebut seperti nyantai nggak terjadi apa-apa, nggak terasa kebakaran jem eh… jenggot. Berbeda sekali dengan saat mereka merasa kehilangan atau terancam pasarannya di motor seperti metik AHM atau Vixion misalnya untuk Yamaha. Tidak perlu menunggu lama pasti ada reaksi seperti gencar ngiklan di media atau facelift edition, atau promo lainnya.
Namun lain sekali nasib kedua motor tersebut, boro-boro facelift, diiklanin juga kaga…..promo kaga…. Diskon juga idem…. Hal ini pasti punya sebab kenapa mengkeretnya kedua motor ini dianggap seperti angin lalu dan kaga dianggap sebuah bencana.

yamaha byson
yamaha byson

Yamaha Byson ( FZ-16 )
Pada awalnya saja, Yamaha seperti ogah-ogahan namun butuh untuk menjual Byson ini, ini ditandai dengan panjangnya waktu inden, bisa 4 bulan hanya untuk membobol dompet untuk meminangnya. Padahal penggemar motor gagah ini sangatlah banyak. Disisi lain Yamaha juga butuh amunisi baru untuk membentengi Vixion dari gempuran sport AHM. Bahkan terhembus kabar, si kebo ini akan mendapatkan sentuhan baru, injeksifikasi dan facelift bodi. Dan tentunya upgrade performa karena banyak yang menganggap performanya nggak seimbang dengan tampilannya. Ini terjadi saat kelas sport terancam akan tersalip oleh sport AHM. Namun seiring perjalanan waktu, kelas sport sepertinya akan dipeluk erat oleh Yamaha, akhirnya hilang lagi selera untuk merefresh Byson. Selama penjualan klan Vixion aman, keknya nggak penting-penting amat ngurusin Byson, mungkin seperti itu ( opini deka ).

gulf oil
yamaha byson
yamaha byson

Mungkin Yamaha seperti khawatir jika Byson diupgrade nanti terjadi kanibal penjualan yang akan menimpa Vixion, karena sama-sama di pasar naked 150. Padahal Vixion adalah sebuah Icon Yamaha, bagaimana jadinya kalau sebuah Icon redup oleh saudaranya sendiri? Pasti akan terjadi sifting pengadaan part produksi, malah merepotkan bagian produksi saja. Lha wong dengan line produk yang sekarang saja udah empot-empotan, mending mempertahankan yang sudah ada saja. Kalaupun nanti ada perubahan pada Byson, namun jumlah produksinya tetap akan di-restrick, dibatesin, kecuali jika ada suntikan energi baru….. Padahal Byson punya potensi yang besar untuk menjadi motor sukses….. Yah…. Sekarang buat tabungan potensi saja….. Selama Vixion masih aman.
( Bersambung )

Bonus…… Creed…. My Sacrifice

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum