Apakah Performa CBR250RR Akan Naik Setelah Riding Selektor Maksimal?

suzuki

Speedometer+Honda+CBR250RR+Std

Yola dulur yang budiman…..wakaupun performa maksimal CBR250RR sudah diumbar di media, dan deka bilang cukup ok untuk kelas 250 cc, tapi masih banyak yang belum terima dengan performa tersebut. Salah satunya ada yang berasumsi itu belum performa maksimal, karena belum di tipe sport plus.

Salah satu asumsi tersebut deka peroleh saat diskusi di sebuah grup facebook. Performa cbr250rr yang punya output power on crank 36,3 dk@12.500 belumlah maksimal karena belum di setel di sport plus. Kita tahu salah satu fitur yang ditanamkan di cbr250rr adalah riding selektor sebagai paket dari sistem throttle by wire.

Dengan riding selektor, kita bisa menyetel karakter motor sesuai kebutuhan atau sesuaia karakter riding kita di kondisi tertentu. Dan yang paling bikin menarik ada profil riding sport +. Well…mungkin kita akan beranggapan kalok disetel di profil riding sport+ maka akan menambah performa motor….gitu?

gulf oil

Kalok parameternya dari spek dasar dan profil riding selektor lainnya mungkin benar. Misalnya dibandingkan dengan normal atau sport profil, maka sport + terasa ada penambahan performa…..

fb_img_1477380805730

Tapi kalok bicara spek performa maksimal motor tersebut, profil sport + tidak akan pernah menambah performa mesin menjadi melebihi performa maksimal mesin tersebut. Jadi jika di brosur dibilang power max 36,3 dk@12.500, meskipun anda setel di sport +, bahkan jikalau ada selektor sport +++++, tetap aja performa maksimalnya segitu…. Sekali lagi hanya berpengaruh ke karakter manajemen pengaturan performa dari hasil program ecu saja. Bukan merubah performa spek mesin tersebut.

So…bagi yang belum puas terhadap performa cbr250rr, bukan menambahin riding selektor, tapi tambahin tuh meain dengan part racing atau pendongkrak performa, seperti pemaksimalan VE, upgrade kelisrikan, pemaksimalan intake output saluaran gas dll.

Semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia motor yang mengasyikkan ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum