Apakah Pabrik Suzuki Indonesia Bisa Senasib Di Malaysia?

suzuki

2017-02-01-22-03-32

Yola dulur yang budiman…..sejatinya hari rabu kemarin deka mendapat undangan mengikuti Plant tour di pabrik Suzuki tambun. Sayang beribu sayang untuk beberapa waktu ini ngadimin tidak bisa meninggalkan kerjaan… Ah…nasib part time blogger, blogger paruh waktu, blogger salep dapur ngebul… ๐Ÿ˜€ XD .

2017-02-01-22-01-24

Okelah, karena ndak melihat langsung traffic dari line produksi pabrik suzuki dalam merakit motor, ngadimin ngajak dulur sekalian ngobrolin pabrik suzuki dari perspektif lain saja.

Beberapa waktu yang lalu kita dikagetkan dengan tutupnya pabrik suzuki roda 2 malaysia. Kemudian tidak sedikit yang menghubungkannya dengan nasib pabrik suzuki di marih. Siap-siap nyusul, penjualan mengkeret bakalan bikin suzuki bakalan tutup pabrik….. Apakah kenyataannya seperti itu?

2017-02-01-22-00-31

Well yang namanya menutup pabrik, hanya Tuhan dan Suzuki sendiri yang tahu. Tapi setahu deka, dari obrolan mr x ย yang ngaku orang dalem di suzuki, justru tutupnya pabrik suzuki malaysia itu demi pabrikan di Indonesia…. Oro…oro….lha…lho… Maksudnya kepriben kiye……??

gulf oil

Gini Lur….pihak prinsipal jepang sudah memetakan target pasar yang dituju, memetakan pangsa pasar motor sedunia, termasuk asia dan asia tenggara. Khusus di southeast ( halah…) mereka menilai Indonesia masih tetap pasar yang strategis. Di marih bisa menjadi target pasar yang massive, dan hebatnya pabrikan suzuki sini dianggap masih mampu memproduksi motor sesuai standard yang diharapkan oleh prinsipal jepang. Termasuk pabrikan para mitra suku cadang ( baca : vendor ) kualitasnya bisa dijamin….. Tinggal berani nggak dengan harga yang dipatok oleh pihak vendor. Horeee…. Indonesia hebat…….

2017-02-01-22-02-44

Melihat potensi ini, untuk efisiensi produksi, maka diputuskan Suzuki Indonesia lah yang akan menjadi basis suzuki di asia, khususnya south east. Pabrik suzuki Indonesia juga mendapat mandat untuk memproduksi produk global seperti address, dan gsx series kubikasi kecil. Langkah ini dinilai cukup efisien karena pabrik berada di pangsa pasar terbesar.

Sedangkan pasar di negara-negara lain asia, khususnya tenggara akan didatangkan dari pabrik Indonesia. Jadi suku cadang buatan vendor lokal dirakit suzuki kemudian motornya diexport ke negara laen…. Horeee lageeee ๐Ÿ˜€ . Bagaimana dengan vendor dari thailand? Rumornya sih tetap dipertahankan, brand image nya sangat bagus, walau konsekuensinya harganya lebih mahal.

2017-02-01-21-59-47

Nah…jadi tutupnya pabrik malaysia itu ibaratnya karena dianggap masih menguntungkan pabrik suzuki berada di Indonesia. Jadi bukannya suzuki malaysia tutup terus di Indonesia bisa menyusul. Justru di marih sebisa mungkin jangan sampai tutup karena menjadi basis produksi regional asia….

Dan kunci dari eksistensi pabrik suzuki di Indonesia tetaplah sisi marketing, bisa memenuhi target jualan apa tidak secara nasional. Suzuki kudu gerak cepat di sisi ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

2 Komentar

  1. saya baca di mana lupa, kalau produk Suzuki sekitar 85% dibuat oleh Suzuki sendiri, sisanya baru dikasih ke vendor untuk ngerjain,
    nah kalau suku cadang mungkin memang yang bikin vendor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*