Apa Yang Membuat New PCX150 Performa Dan Efisiensinya Lebih Baik Dari Nmax155?

Yola dulur yang Budiman…. saat mendapati berita tentang hasil uji kecepatan skutik New PCX 150 oleh sebuah media yang angkanya ternyata lebih tinggi dari kompetitornya, yaitu N-Max155. Pertanyaannya, apa yang membuat pcx150 secara performa dan efisiensi BBM lebih baik dari nmax?

Saat mendapatkan info atau berita yang “sensitif” tentu Ngadimin tidak langsung menelan mentah-mentah. Muncul kata “why”, ketika mendapati info yang bertentangan dengan data yang ada di kepala. Iseng-iseng mengumpulkan data dari beberapa media tentang kedua metik tersebut.

Kenapa muncul pertanyaan seperti itu? Apakah karena Ngadimin hater AHM? NO….tapi tipikal berpikir logis. Secara spek brosur resmi saja nmax unggul secara performa, tapi kenapa muncul berita performa dan keiritan pcx150 lebih unggul? Jika kita beranggapan AHM menyembunyikan keunggulan PCX secara brosur kok bertentangan dengan habitnya. AHM itu Mahadewa jualan, faktor sekecil apapun produknya diumbar untuk publik, lha kok spek performa disembunyikan? Pertanyaan yang logis kan?

Yang pertama, kita bandingkan sektor mesin dulu, karena inti performa dan efisiensi ada di situ. Dari spek pabrikan, nmax dibekali mesin 155cc, 4 Valve+vva, liquid cooled, diasil silinder, kompresi 10,5 :1, power max 11,1 Kw, torsi 14,4 Nm. Sedangkan mesin pcx150 dibekali mesin 149,7 CC, 2 Valve, liquid cooled, steelsleeve, kompresi mesin 10,6 : 1 . Menghasilkan performa 9,3 Ke dan torsi 12,8 Nm. Secara brosur resmi mana yang lebih unggul? Sudah terjawab kan?

Mari kita lanjut lagi… Performa riil didapat bukan melulu dari sektor mesin saja. Power delivery juga sangat berpengaruh…..ibaratnya, percuma power gede tapi nggak efisien penyalurannya ya percuma. Apalagi digadang-gadang PCX150 dibekali big pulley ( ukuran pulley lebih besar? ).

gulf oil

Dari data yang diperoleh melalui uji dyno, kenapa uji dyno? Karena uji ini menghitung performa on wheel, otomatis melibatkan power delivery sistemnya. Didapat hasil N-max mempunyai power on wheel 11,93 dk dan torsi 11,14 Nm. Sedangkan pcx150 sejauh ini didapat angka 10,21 dk, dan torsi 9,84 Nm. Kembali didapat angka Nmax lebih unggul.

Bentar dulu bro…. Bagaimana dengan PWR? Power to weight ratio? Bisa saja toh power gede tapi ratio dengan bobotnya kalah? Betul….. Mari kita cari data bobot masing-masing skutik tersebut. Bobot Nmax adalah 127 kg, sedangkan pcx150 131 kg…. Dengan power lebih besar dan berat lebih ringan, tentu PWRnya nmax lebih unggul kan?

Hnaah…. Pertanyaannya, darimana kok bisa performa pcx150 lebih unggul dibandingkan nmax? Apalagi ditambah konsumsi BBM-nya lebih irit. Kalau hanya lebih irit saja masih sangat mungkin secara logis. Tapi performa unggul dan lebih irit? Dahsyat sekali……

Well, bagaimanpun kita pilih skutik bukan hanya melihat performa saja, ada faktor yang lebih bisa dijual…desain, kenyamanan, kepraktisan, efisiensi, dan durability. Tapi mbok ya jangan gitu dong ah…. Ngadimin ngga bodo-bodo amat lah…. :mrgreen:  :mrgreen: .

Ada yang bisa bantu jawab, dari sektor mana kok sampai lebih unggul?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum