Alasan Team Suzuki Turunkan 3 Pembalap Di Catalunya

suzuki

Yola dulur yang budiman…  Mungkin ada yang bertanya, kenapa kok team suzuki m nurunkan 3 pembalapnya di seri catalunya kemarin. Apakah karena ambisinya untuk menang sehingga sampai menurunkan sylvain guintoli ikutan membalap?

Saia jawab langsung saja : tidak. Ada beberapa alasan diluar aspek menang kalah ketika guintoli ikut membalap di beberapa seri motogp dalam semusim. Turun di sirkuit balap motogp tidak melulu dihitung seberapa sering dia menang atau podium. Untuk mencapai hal tersebut, sungguh sangat banyak faktor yang harus dipersiapkan dan dilakukan.

Salah satunya adalah faktor riset motor agar mendapatkan paket yang lebih baik. Sebagai team yang ingin terus mengembangkan motor suzuki GSXRR, maka team ini akan selalu memaksimalkan kesempatan yang mereka peroleh dan sangat dibatasi oleh pihak penyelenggara motogp.

Salah satu kesempatan yang diperoleh adalah wildcard di seri catalunya. Kesempatan ini dipakai untuk mengetes paket ujicoba baru di motor suzuki gsxrr. Perlu dites untuk mengetahui durabilitinya, hanya didapat ketika turun langsung di balapan. Dan langsung bisa dipakai seri berikutnya, karena diluar aspek mesin yang sudah disegel dan di freezed.

Sektor mana itu? Suzuki melakukan modifikasi sasis. Guintoli menggunakan sasis 2019 yang dimodifikasi ketika balap catalunya kemarin. Jadi keberadaan guintoli kemarin tidak ada sangkut pautnya dengan target kemenangan. Murni melakukan tugasnya sebagai pembalap penguji team.

Terus apa yang dicari di sasis baru ini? Bukankah sasis yang sekarang sudah cukup bagus, khususnya saat di rolling speed di tikungan? Bahkan mungkin yang terbaik saat ini dibandingkan motor team lainnya. Yang ingin team suzuki dapatkan adalah efek sasis ketika pembalap melakukan pengereman. Dengan sasis yang dimodifikasi ini diharapkan motor memberikan respons yang lebih baik ketika melakukan pengereman.

Dan hasilnya, cukup memuaskan. Sehari pasca balapan, semua pembalap suzuki bisa mendapatkan waktu lap lebih cepat di sirkuit catalunya daripada sebelumnya di sesi ujicoba catalunya. Dan rencananya, Alex Rins langsung akan memakainya di seri assen nanti.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*