Alasan Suzuki Berani Ngasih Mesin GSX150 Lebih Dari 21 M/S Piston Speed

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Bisa jadi sampai saat ini ada yang tidak percaya akan kualitas mesin suzuki gsx150 itu mumpuni. Ah elu nya saja yang blogger suzukiphilia, jadi ngerasa gsx150 itu kualitas bagus, mungkin “wadulan” seperti itu. Tapi fakta memang bicara, dari spek default saja berkata seperti itu. Salah satu parameternya adalah bahwa suzuki berani ngasih batas piaton speed nya lebih dari 21 M/S.

Lho kenapa parameternya piston speed? Simple saja, batas piston speed motor harian adalah 21 M/S. Diatas itu durasi mesin akan terpangkas, umur mesin ridak akan awet. Makanya motor harian umumnya akan dibuat spek piston speed limit dibawah 21 M/S. Semakin mendekati 21 M/S maka kualitas komponennya harus lebih bagus.

Dengan ukuran stroke 48,8 mm dan limiter rpm di 13.000, maka secara rumus, piston speed maksimal gsxr/s150 adalah 21,15 m/s…wuarakadah….opo nggak menakutkan itu? Apalagi karakter mesin totally overbore membuat rider selalu bermain di rpm atas. Nggak afdol jika riding gsxr150 tidak bermain shifting di 11500 keatas, kata banyak gixxermania 150.

Saat ketemu mr. Harsoyo ngadimin ditunjukkan mesin gsxr150 yang dibelah sampai jeroannya kelihatan. Sambil membentak dia berkata, ” pelototi tuh daleman mesinnya, fokus di sektor head…itulah kenapa gsxr150 berani main rpm 13.000!!!”. Ya, akhirnya ngadimin fokus di sektor setang piston keatas.

Kalau boleh menyimpulkan, kenapa gsx150 secara default mencapai 13.000 rpm dengan piston speed 21,15 m/s karena

  1. Kualitas bahan stang seker atau conrod bagus.
  2. Piston terbuat dari komposit ringan yang ukuran serta bobotnya dikurangi.
  3. Liner Blok silinder SCEM, suzuki composite electrochemical material membuat liner tahan panas, tahan gesek dan menyalurkan panas lebih baik daripada liner baja biasa.

gulf oil
  1. Sistem pendingin mesin dengan cairan, ukuran radiator besar untuk meredam panas berlebih yang dihasilkan oleh mesin saat rpm tinggi.

  1. Bagian head memperlihatkan desain DOHC direct tappet, dimana kem langsung menonjok sim klep tanpa perantara. Ini membuat alur tonjokan kem ke klep lebih simple daripada memakai pengungkit, rocker arm.

6 Bahan per klep mumpuni. Ini sangat vital fungsinya. Jika per klep letoy dan mesin meraung 13.000 rpm, tidak bisa dibayangkan bagaimana klep akan floating dan tertabrak oleh naik-turunnya piston…bisa langsung koit tuh mesin.

  1. Dan yang paling kelihatan, silahkan lihat, bagaimana tebalnya “daging” blok mesin suzuki gsx150 tersebut. Dari belahan mesinnya saja kelihatan bahwa daging dinding mesin suzuki gsxr150 sangat tebal, tidak tipis…terlihat tangguh.

Ini adalah gambaran yang terlihat langsung, bukan katanya-katanya. Gambar berbicara, dan yang pasti para rider begitu menikmati sensai rpm 13.000 gsx150 dengan aman.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Leave a Reply