Alasan Harga Motor Suzuki Murah Habis…Dapat Subsidi Dari Pabrikan

suzuki

Yola dulur yang budiman… bagi penggemar motor suzuki saat ini dan membeli motor suzuki, ternyata anda cukup beruntung. Kenapa? Karena ternyata anda mendapatkan subsidi harga dari pihak pabrikan, yaitu SIS.

Hal ini bukan mengada-ada, atau opini ngadimin. Tapi berdasar statment langsung dari petinggi SIS yang berhasil ngadimin wawancarai langsung. Beliau memastikan bahwa harga motor-motor suzuki sekarang ini bukanlah harga asli, karena pihak pabrikan memberikan subsidi harga bagi konsumen.

Anda tentu akan heran dengan harga motor-motor suzuki yang mana harga jualnya dibawah kompetitor pabrikan jepang lainnya. Apakah karena biaya produksinya lebih murah? Apakah karena menggunakan komponen yang lebih murah dan lebih rendah dari kompetitor?

Jika anda bilang seperti itu, dan didengar oleh pengguna motor suzuki langsung, maka mereka akan tertawa. Bisa dibuktikan komponen motor-motor suzuki sama, bahkan lebih baik. Kenapa? Karena senagian besar vendornya sama, dan diakui oleh vendor, permintaan suzuki itu paling “rewel”, khususnya soal spek dan qc. Apakah pembelian komponen suzuki paling murah? Justru sebaliknya, karena jumlah pembelian ke vendor paling sedikit dibanding yamaha atau ahm.

gulf oil

Apakah biaya operasional suzuki paling murah? Tidak juga, karena produksinya paling minim dibandingkan duo jepang lainnya. Semakin banyak angka produksi berarti makin murah biaya produksinya. Terus kenapa harga motor suzuki paling murah?

Sudah diterangkan diatas, bahwa pihak suzuki memberikan subsidi bagi konsumennya. Subsidi dari mana? Dari sekian bidang penentu nilai jual motor, suzuki punya saving atau tabungan dibidang ” brand Image”. Membentuk dan mempertahankan brand image bagi pabrikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, seperti iklan, social activity, dan lain-lain.

Nah di sektor inilah suzuki memberikan subsidi. Kita lihat iklan suzuki sangat minim, social activity pun kalah, namun biaya dari semua itu disubsidikan ke pembeli, sehingga konsumen mendapatkan harga yang lebih murah.

Pihak suzuki juga mengakui image mereka masih kurang, maka diberikanlah subsidi ke nilai jual motornya. Jadi belum tentu harga suzuki akan semurah sekarang jika nantinya suzuki perlu mempertahankan brand image. Namun dipastikan tetap harga akan lebih rendah, entah selisih berapa. Tapi tidak seekstrim sekarang.

So…disaat kondisi yang katanya dilernya minim, customer servisnya keteteran, ada keuntungan bagi konsumen suzuki. Harga beli motornya jauuuuhhh dibawah para kompetitor sekelas.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum