Alasan Ada Spons Penutup Ventilator Fairing Suzuki GSXR150

suzuki

Yola dulur yang budiman… Ini merupakan pertanyaan yang selalu membuat penasaran sejak peluncuran suzuki gsxr150. Jika dulur jeli, hanya ada satu lubang ventilator di fairing suzuki gsxr150 yang ditutupi oleh spons. Yaitu ventilator tengah. Apa alasannya?

Pertanyaan ini sudah ngademin coba ajukan ke pihak tehnis suzuki. Namun sampai sekarang tidak ada jawaban. Semua bungkam, membisu. Ini juga sebuah pertanyaan juga, karena biasanya mereka selalu welcome dengan pertanyaan seputar tehnis. Akhirnya ngademin menyimpulkan sendiri.

Tutup spons tersebut, menurut ngademin adalah sebuah kebuntuan titik temu antara faktor visual desain dan fungsionalitas. Dengan adanya kisi-kisi ventilator yang jumlahnya 3 pasang tersebut, membuat motor menjadi sporty dan racy. Sedangkan secara fungsionalitas, sebagai saluran pembuangan panas, baik dari mesin atau kipas buang radiator.

Sayangnya posisinya tepat di depan kaki pengendara. Sehingga faktor fungsionalitas mengganggu kaki rider… Udara panas disembur tepat di kaki rider. Kalau kisi-kisis ventilator absen atau dibuat ditempat lain, maka secara visual menjadi kurang. Solusinya, lubang yang tepat mengarah ke kaki, yaitu bagian tengah, aliran udaranya ditahan memakai spons. Bahkan lubang paling bawah yang paling dekat dengan kaki, benar-benar tertutup.

Panas mesin suzuki gsxr150 memang lumayan tinggi, karena motor kompresi tinggi, 11,5 :1, apalagi bermain di rpm tinggi. Makanya dibekali radiator yang lumayan besar. Dan tentunya  buangan kipas radiator juga kencang panasnya. Makanya banyak rider bilang panas mesinnya terasa sekali saat kondisi macet…. Karena kipas radiatornya menyala dan berputar kencang. Semburan panas terasa di sektor kaki.

Tapi itu tidak masalah. Selama sistem pendinginan radiator normal, anda tak perlu khawatir. Kenapa? Sistem pendinginan bekerja agar mesin maksimal di suhu optimum. Jadi tidak khawatir akan overheat…

Jika anda merasa terganggu dengan panas, ada tips dari ngademin. Gunakan cairan radiator kelas toptier seperti pertacool, engine ice, dan lain-lainnya… Biasanya harga yahuud…

Ada pengalam spons nya dicopot? Dengkulnya mateng ngga?  :mrgreen:  :mrgreen:

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil