Akankah Sasis Atau Frame Carbon Fiber Menjadi Terjangkau? BMW Sudah Memulainya

suzuki

bmw-003

Yola dulur yang budiman……. bicara tehnologi bahan baku, menyebut carbon fiber frame, maka otak kita akan melayang ke sebuah bahan part eksotik super duper mahal dan hitech. Apakah seperti itu? apakah memang carbon fiber semahal itu karena bahannya langka? Well…… ternyata BMW sudah memulai langkah duluan untuk urusan carbon fiber, khususnya dalam proses pembuatan secara masal.

Sebenarnya bahan baku carbon fiber sangatlah banyak dan terjangkau untuk kelas industri. Masalah utama dari tehnologi carbon fiber adalah bagaimana cara memproduksi secara masal part berbahan dasar carbon fiber secara murah. Ya….. kendalanya bukan di pembuatan carbon fibernya, tapi cara membentuk menjadi part.

BMW sudah menjadi pioner utama untuk di bidang industri pemakaian carbon fiber. Mereka sudah mulai menggunakan CFRP ( Carbon Fiber Reinforce Polymer ) untuk sasis beberapa seri mobil produk mereka. Pembuatan masal tersebut bisa dilakukan karena BMW sudah menemukan tehnologi pengolahan atau pembentukan part carbon fiber yang memungkinkan part carbon fiber diproduksi lebih terjangkau. Metode tehnologi itu┬ádisebut “Pultrusion”. ┬áSeperti kejadian Diasil silinder-nya yamaha, yang awalnya sebagai rare item, namun setelah tehnologi pembuatannya dimiliki, menjadi bahan yang terjangkau.

bmw_carbonframe_prod-004

Untuk aplikasi carbon fiber sebagai bahan sasis bentuk tubular atau trelis, malah lebih mudah lagi, karena prosesnya tinggal seperti melapisi sebuah batangan yang terbuat dari logam ringan seperti alumunium, bahkan palstik dengan carbon fiber. Tidak sekomplek frame bentuk lempengan.

Carbon fiber sangat strategis karena 30 % lebih ringan dibandingkan alumunium. Namun punya kekuatan melebihi baja. Sebuah bahan part yang ringan merupakan syarat utama perkembangan hitech. Ada yang bilang bahwa carbon fiber punya kelemahan utama…. terlalu rigid atau kaku….. Apakah betul ? Tahu joran atau alat pancing ? ada yang terbuat dari carbon fiber lho…… kurang lentur apa coba?

bmw_carbonframeillo-001

dalam waktu dekat, BMW akan memulai di divisi motornya dengan mematenkan sebuah frame yang terbuat dari carbon fiber. Kemungkinan sebuah frame untuk motor S1000RR generasi berikutnya. Selamat datang era carbon fiber frame BMW…..

Sumber : motorcyclist

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil