Akankah Assen Membuat Suzuki Juara Seri Lagi?

suzuki

Pertanyaan ini muncul setelah melihat free practice dan kualifikasi seri Assen motogp 2019. Tanda-tanda atau arahnya sih, bisa jadi suzuki juara seri grand prix. Atau minimal kandidat kuat.

Jika kita melihat hasil motogp seri assen tahun kemarin, 2018, suzuki yang sedang terpuruk dan mulai mendapatkan settingan ala Sahara San bisa meraih runner up oleh Alex Rins. Apalagi sekarang dimana motor suzuki GSXRR sudah jelas lebih baik dari paket 2018?

Yang kedua, sirkuit assen punya karakter yang sangat disukai oleh Alex Rins. Doi sangat suka sirkuit dengan karakter tehnikal seperti assen, jerez, burriram, dan mugello. Sayangnya mugello mempunyai stright yang sangat panjang, dimana mesin inline 4 kedodoran. Namun di sisa sirkuit, rins sangat cepat. Buat Rins, Assen adalah agenda utama untuk meraih kemenangan.

Masih terkait dengan layout sirkuit assen. Dengan sirkuit yang tak mempunyai stright murni, topspeed diraih tidak di trek lurus, tapi seperti mengalir dari tikungan 5 sampai 7. Banyak tikungan rolling speed, maka ini habitatnya sasis yamaha dan suzuki.

Di assen, power dan topspeed bukanlah hal terpenting. Yang dibutuhkan adalah setup yang pas, balance, dan pilihan ban. Tehnik sekali. Jika pembalap mampu membuat settingan yang pas dengan gaya balapnya, maka siapapun bisa menjadi pemenang, tak masalah dengan status motor terbaik atau bukan. Di assen siapapun bisa jadi pemenang, even kelas satelite. Makanya disinilah Alex Rins mengagendakan kemenangan, bukan sekedar berebut podium.

Apalagi tanda-tanda saat qualifikasi kemarin, Rins mampu meraih front row. Posisi 3, dan inilah row terbaik musim ini berjalan bagi rins. Doi selalu mengisi second row kebawah, bahkan sempat row ke4. Dengan karakter sunday rider, dimana start dari urutan berapapun namun bisa menyodok ke depan, start front row adalah sebuah keuntungan tersendiri. Tidak perlu usaha fight dengan banyak pembalap untuk memimpin balapan. Syarat, melakukan start yang bagus, minimal tidak turun posisi setelah tikungan pertama.

Jika itu semua terjadi, inilah saatnya suzuki bisa menjadi juara seri grandprix setelah seri Austin. Dan juga dinaungi dewi fortuna. Sesempurna apapun persiapan dan strategi, bisa buyar karena ketidakberuntungan. Misalkan perubahan cuaca, atau insiden pembalap lain. Contohnya kasus lorenzo seri kemarin… Bagi pembalap lain yang terlibat, itulah apes…tak beruntung. Ngademin sendiri sih yakin assen menjadi tempat Rins meraih podium tertinggi lagi…… Jika diijabah olehNya……

 

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*