Aerox 125 LC, Back to Yamaha Way…..

suzuki
yamaha_aerox_125_lc_46 yellow
yamaha_aerox_125_lc_46 yellow

Yola dulur yang budiman….. yamaha kembali meluncurkan motor metik kelas 125 cc mereka yang menyasar kelas mid-end kelas entry level metik, range harga 16-18 juta rupiah dengan Aerox 125 LC. Kalau dari sudut pandang umum, aerox 125 lc jelas akan dibenturkan dengan metik penguasa kelas ini, yaitu vario 125 cc milik ahm. Di mata deka, aerox 125 lc ini justru menunjukkan usaha yamaha kembali ke jalan mereka sendiri, back to yamaha way.

Mungkin dalam pikiran YIMM, jelas perlu effort yang luar biasa untuk melawan hegemoni vario 125. Yamaha tidak ingin terpancing head to head melayani maunya ahm yang punya resource dari hulu ke hilir luar biasa. Mereka tidak ingin kontak langsung dalam persaingan mid-end metik dengan ahm. Mereka akan memasang aerox 125 lc sebagai opsi lain metik 125 cc. Opsi metik yang disukai oleh kaum muda yang suka akan hal sporty, seperti core yamaha sendiri dalam membuat motor, sporty and trendy.

yamaha-aerox-125-lc
yamaha-aerox-125-lc

Di Aerox 125 lc, yamaha membuat metik yang fokus di sensasi sporty, baik mesin maupun desain. Yamaha sedikit mengesampingkan soal multi fungsi, adu irit,  sebuah metik 125 cc. Jika hal ini dilakukan, sangat berat bersaing dengan trade mark vario di benak konsumen metik.

Yamaha mengerti bahwa di kelas mid-end metik ini ada golongan yang tidak hanya memikirkan utilitas sebuah metik, namun ada yang yang ingin tampil beda menunjukkan karakter kaum muda, cepat, good looking, agresive. Sebuah metik yang mewakili gaya hidup anak muda yang simple minded. Nggak ada penonjolan bagasi lega, nggak ada klaim hemat ongkos bbm, klaim fitur lengkap, nggak ada metik serbaguna di Aerox 125 Lc. Only sporty metik  representation.

Nggak heran jika yamaha menggunakan aerox 125 lc sebagai metik resmi pendukung balap motogp mereka. Hal ini digunakan untuk menanamkan mindset sporty aerox tersebut. Yamaha seperti nggak peduli lagi dengan keberadaan vario 125 ( yang memang susah untuk dilawan langsung ), yamaha kembali ke jalan mereka. Memang secara cakupan pasar nggak akan sebesar vario 125 yang merangkul semua batas umur, yamaha seperti menyediakan jalan hanya untuk yang suka dengan karakter motor yamaha.

yamaha-aerox-125-lc
yamaha-aerox-125-lc

Dengan jalan seperti ini, yamaha seperti menebar benih trend baru di kelas metik mid-end. Dengan tampilan gaya khas mereka, siapa tahu trend seperti ini akan berkembang di dunia motor di marih. Publik yang jenuh dengan metik full utility, full feature, akan melirik aerox, mereka yang punya opini : kami sudah perlu metik lebih dari standar, kami butuh metik untuk gaya dan sesuai dengan karakter muda kami…..its my way…. yamaha way…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil