3 Poin Lagi Suzuki kehilangan Hak Konsesi : Kami Memang Berencana Tidak Sepenuhnya Dipakai

Yola dulur yang budiman…. setelah mendapatkan tiga podium urutan 3, team suzuki ecstar telah mengumpulkan 3 poin keuntungan hak konsesi mereka. Ini berarti suzuki tinggal punya 3 poin lagi, dan tahun depan tidak akan mendapatkan keistimewaan hak konsesi di balap motogp. Ditanya soal itu, Boss Brivio bilang bahwa team suzuki malah tidak ingin menggunakan hak konsesi di musim 2018 ini secara penuh.

Hak konsesi motogp adalah keringanan bagi team untuk mempunyai waktu pengembangan mesin lebih banyak. Upgrade mesin boleh dilakukan sepanjang waktu, tanpa mengenal ” Freezed engine “. Begitu pula soal alokasi mesin diberi keringanan 2 mesin lebih banyak, standarnya 7 mesin, yang mempunyai hak konsesi 9 mesin.

Begitu pula soal keikutsertaan wildcard, mereka boleh memakai 6 wildcard, dua kali lebih banyak. Namun jika poin konsesi mereka tercapai sebelum musim berakhir, otomatis wildcard langsung berubah menjadi standar, yaitu 3.

Poin konsesi yang dikumpulkan oleh team motogp adalah jika mereka menang, mereka mengumpulkan 3 poin, runner up 2 poin, dan podium 3 mengumplkan 1 poin. Jika poin konsesi tercapai 6, maka hak konsesi mereka di musim berikutnya akan hilang sepenuhnya.

davide brivio

Begitu pula soal hak bebas melakukan test motor, jika poin konsesi mencapai 6 sebelum musim selesai, otomatis hari test ride langsung dipangkas hanya 5 hari dari unlimited. Namun untuk pengembangan mesin tanpa freezed tetap boleh berjalan, sampai akhir musim, dan mulai musim depan berlaku ” freezed engine “. Dan pembatasan 7 mesin juga baru berlaku musim depan.

menanggapi hal tersebut, boss davide brivio sangat pede dengan kemampuan mesin suzuki sekarang, Dia bahkan berencana tidak memakai keuntungan hak konsesi musim ini sepenuhnya.

 ” I hope they wouldn’t need to fully utilise the concessions. There is the possibility to upgrade the engines, we will see, hopefully we don’t need but just in case.”

Kasus 2017 tidak ingin mereka ulang, dimana ada kesalahan pendekatan pengembangan mesin di awal musim, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa karena mesin telah di freezed. Team hanya bisa melakukan perbaikan tambal sulam, walaupun inti pemecahannya mereka tahu, namun tidak bisa dilakukan. Nah mesin 2018 inilah hasil solusi mereka dari mesin 2017.

Dan mulai sekarang suzuki memang sudah mempersiapkan mesin mereka lebih siap untuk musim 2019 nanti. Bagimanapun team suzuki memang ingin berlomba mendapatkan kemenangan, bukan untuk memperoleh keuntungan konsesi. Dan arah pengembangan mesin sudah benar, perkembangan mereka luar biasa di musim ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil