Ban Standar GSX150 Series Aman Buat Cornering, Jika Sempat Jatuh Review Lagi Tehniknya

Yola dulur yang budiman…. kembali oleh-oleh dari pelatihan safety riding ( speeding ) di sentul kemarin bersama suzuki. Awalnya ini bukan bahasan, atau bahkan bahan diskusi pelatihan. Tapi saat ngadimin melihat langsung tester dari media otomotif saat menjajal gsxr150, ngadimin menanyakan langsung ke bagian tehnis SIS… sebut saja Mr. Kompressor. Apa itu? soal ban bawaan suzuki GSX150 series… apakah cukup aman buat cornering? ternyata dijawab : jika sempat jatuh, review lagi tehnik ridingnya.

Hal ini ngadimin tanyakan karena ada beberapa member grup yang langsung mengganti ban standar atau default pabrik dengan ban lain. Ada juga yang beralasan ban default kurang aman buat menikung. Ya licin lah…. nggak aman lah…. resiko crash tinggi lah….. Nah, untuk mengakomodasi pertanyaan-pertanyaan itu, mumpung ketemu nih ama orang tehnis SIS, ngadimin tanyakan tuh keluhannya.

Mr. Kompressor menjawab, “gsx150 kita riset selama 3 tahun lebih, bahkan setelah selesaipun, kita uji coba secara mendalam dan terperinci. Ingat, bodi depan saja desainnya kita hitung bener, bahkan memakai wind tunnel untuk melihat ada turbulensi aliran udara atau nggak…… Apalagi soal ban yang lebih berperan di faktor safety dan performa?”

Pemilihan ban IRC Exato pun sudah diuji dan dianalisa sebelumnya. Ban tersebut aman dan mendukung motor GSX150 apa tidak? Semua sudah diperhitungkan oleh insinyur secara default untuk gsx150 series. Tidak asal comot ban buatan mana, yang penting ukuran ban pas… tapi memang benar-benar dihitung segala faktornya, baru didiskusikan dengan vendor ban, lolos uji atau tidak di internal suzuki. Dan ternyata memang lolos uji standar performa gsx150.

Semua sudah diperhitungkan saat menggunakan ban IRC Exato di GSX-150, mau buat cornering, kondisi kering atau hujan, semua sudah dites dan aman. Tentu semua ada parameternya, bukan berarti dengan riding seenak sendiri terus ban selalu aman, tapi kita punya parameter seberapa jauh motor dipakai di jalan umum, dan ban standar kita sangat aman…. sambung mr. kompressor dengan gayanya yang mledak-ledak dengan mata sedikit melotot ( jadi kek dimarahi nih ngadimin…. :mrgreen: ย ).

Jadi jika ada yang sempat crash karena ban kehilangan traksi, bisa direview ulang bagaimana dengan tehnik ridingnya? makanya kita adakan acara pelatihan safety riding ( speeding ) seperti ini. Tehnik mengendarai motor sport dengan motor bebek atau metik itu sudah beda. Atau bisa jadi ada faktor eksternal yang mengurangi kemampuan control motor secara default, seperti adanya pasir, kerikil, lumpur tipis atau yang lainnya, sehingga mengurangi kemampuan traksi ban…. Itu harus diantisipasi oleh ridernya sendiri…. atau cornering terlalu ekstreem, ini ban untuk jalan umum, bukan untuk trackday, sambungnya lagi.

Dan memang ngadimin buktikan dengan mata kepala sendiri, saat ada wartawan media yang menjajal gsx-r150 SARP Cobra series, meliuk-liuk kencang di sirkuit kecil sentul, plus cornering ala trackday riding. Dan ternyata bannya memakai ban standar gsx150, IRC Exato. Begitu pula dengan pelatihan safety riding, nggak cumak dalam kondisi kering saja, karena sesi kedua, sentul diguyur hujan deras. Praktek langsung tetap dilanjutkan, sekalian riding aman saat cuaca hujan. Dan tidak ada satupunย insiden crash sampai acara selesai.

Bahkan ada seorang anggota yang hapal motor merk lain luar dalem karena motornya merk tersebut mengakui tunggangan tesnya, yaitu gsx-s150 cukup enak buat manuver miring-miring saat track basah. Dengan tehnik yang benar, motor pede diajak cornering…. dalam kondisi trek basah karena hujan…

Jadi, semua memang sudah diperhitungkan oleh insinyur pembuatnya, dulur sekalian…. Nggak jadi ganti ban nih ngadimin….. lagian masih ngeper kok diajak cornering kek gitu…. masih nyubie…. wkwkwkwkwk ๐Ÿ˜† ย .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

5 Komentar

  1. Wow. Tp entah knp kadang memang licin kang. Aplg klo lewat rel gt.ato lewat di jalanan pom bensin psti sbelumnya ad besi melintang kita lewati itu mlah licin skali. Pdahal kita cuma jalan 10km/jam alias karena ramai. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

  2. Sudah setahun lebih pakai irc exato bawaan xabre. Alur ban kalau jalan pelan kerasa getaran di setang. Asik buat jalan kering dan bersih, kalau ada pasir atau kerikil lepas yah semua ban tipe yg sama juga pasti licin. Kalau rem pol mendadak masih agak bablas, rasanya kayak di atas keramik.
    Buat hujan-hujanan cukup bagus dengan catatan gaya riding juga harus beradaptasi.

Silahkan Beropini