Segmentasi Suzuki Nex Untuk Pelengkap Line UP

suzuki

Yola dulur yang budiman…… sebelum gembar-gembor suzuki akan melengkapi line up produk jualannya, kemarin dapat isyu, rumor kalok salah satu produk yang akan diproduksi kembali adalah suzuki Nex. Well… secara garis besar deka sepakat jika suzuki menmbahkan metik ini untuk menambahi senjata pengisi diler. Asal dikelola dengan baik.

img-20161227-wa0009

Suzuki nex dengan mesin super duper irit 110 cc sempat membuat keder salah salah satu pabrikan besar memang cukup disayangkan jika dikubur begitu saja. Tidak ada yang salah dengan suzuki nex… hanya penjualannya saja yang salah. Sebagai metik entry level, harus cukup gencar marketing untuk mensounding ke publik. salah satu syaratnya adalah kepercayaan akan after sales. Jika suzuki berniat membenahi sektor after sales, nex kudu hadir kembali sebagai senjata, bahkan bisa menjadi ujung mata tombak penjualan….. namun dengan satu syarat selain after sales.

Kalau dulu suzuki nex berbeturan langsung dengan yamaha mio dan honda beat, sekarang segmentasinya harus berubah. Deka melihat, jika dibentuirkan ke 2 skutik itu, suzuki sudah kalah segalanya…. bukan soal produknya, tapi calon buyernya. Memang pasar skutik beat dan mio red ocean, berdarah-darah tapi segmennya sangat besar, diatas 200 ribu perbulan. Suzuki jangan pernah berpikir : mosok cuma mo ambil 10%nya ndak bisa?…..Maaf dari opini deka untuk saat ini mengatakan tidak akan bisa !!!!

img-20161227-wa0007

Kenapa tidak bisa? karena trust terhadap suzuki nex belum terbentuk…… Suzuki nex kudu membuat terobosan baru agar bisa menembus membran resistensi image publik akan sebuah metik entry level. Salah satu mata pisau perobek mindset adalah pricing…….

Kalau suzuki jeli, ada segmen pasar yang ditinggalkan oleh beat dan mio…. segmentasi skutik entry…..entry nya entry level yang saat ini hanya bercokol tvs Dazz…… Skutik di harga 12-13 juta…… Di mata publik harga ini sangat terjangkau. Di zona inilah suzuki bisa mencari trust yang hilang untuk skutik entry level mereka.

img-20161227-wa0008

Biarlah nex dianggap metik murah, namun dengan senjata irit, mesin bandel, built quality joss, serta perbaikan aftersales, ini bisa mengembalikan keyakinan publik akan produk suzuki. Resikonya tentu nex akan menjadi metik standar tanpa fitur berlimpah untuk menekan biaya…..yang penting kualitas suzuki tetap terjaga. Untuk segmen beat dan mio, biar suzuki address yang bermain…..sudah cukup bagus address, tinggal bagaimana marketing menjualnya.

Tak bisa dibayangkan….skutik harga 13an juta tapi keiritan dan kebandelannya mengalahkan metik seharga 15-16 jutaan….. Disinilah letak HLEERRRR nya….. dan suzuki bisa menjadikannya sebuah senjata dagang.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

11 Komentar

  1. yang salah dari nex itu lampu sein depan dan bentuk rear lamp.

    desain keseluruhan juga kesannya beat banget. pabrikan sebesar suzuki jangan mau jadi honda wannabe, atau yamaha wannabe.

  2. menurut saya yang bikin gak laku adalah desain (lagi2 dah ahhh), bodi dan kaki2 cungkring, sekilas kek motor listrik, apakah ini yang menyebabkan doi menang irit?
    saya mah lebih demen ngelihat Skydrive apalagi yang livery putih biru racing, maknyosss

Silahkan Beropini