TuneUp Sesat Sendiri Tanpa Bongkar Mesin Mio J

wp-1483497393536.jpg

Yola dulur yang budiman…..masih melanjutkan artikel nyesatin si miyoje hibahan kemarin . Kali ini kita bahas tentang tune up atau servise pembersihan saluran udara da ruang pembakaran agar kembali bersih plong dan seperti selayaknya motor waras. Kalau dulur masih ingat, dulu sudah ngadimin buatkan artikel tunre up total mesin tanpa bongkar karburator, nah kali ini kita terapkan di mesin injeksi.

Cara Tune Up full Ruang Bakar Tanpa Bongkar Mesin

Deka mendapati si miyoje ini kondisinya mengenaskan. Mesin tarikan berat, suara kasar, tenaga tercekik kagak enak. Setelah ganti oli sesat de el el lumayan lah ada perubahan, namun terasa tarikan dan performa masih belum maksimal. Dulu sempat deka singgung, umumnya pengguna motor yamaha atau suzuki itu lebih jorok dibandingkan pengguna honda…. XD ya pengguna miyoje sebelumnya ini contohnya.

 

Oke….langsung ke bagian tune up nya, begitu dibuka box filternya, keliatan tuh……dari awal beli sampai sekarang boro-boro pernah ganti filter udara……ngebersihin aja keknya jarang. Filter nampak kotor berkerak, sepertinya disemprot juga pecumah. Mangkanya si yoji bengek….. langsung ganti pakek filter udara sedapatnya, ndak dapat yang ori ya after market saja…disesatin dikit, copot saringan besinya, jadi tinggal filter kertasnya doang.

Lanjutkan dengan pembersihan ruang pembakaran. Sama seperti cara di motor karburator:

  • pertama panaskan mesin selama 5 menit
  • matikan kemudian secara hati-hati copot busi dari dudukan
  • Menggunakan nozzle panjang dari combustion chamber cleaner, cek piston di TMB, jika masih di TMA, coba selah atau sengkol motornya sampai nozzle bisa  masuk dalam.
IMG_0669
combustion chamber cleaner… abaikan carb cleanernya…foto lama
  • Semprotkan CCC sampai buih keluar dario lubang busi

wp-1483497399744.jpg

  • diamkan 5 menit
  • Buang hasil pembersihan dengan cara menyelah atau menstater beberapa kali, tutup lubang busi dengan kain lap biar kotoran ndak nyembur kemana-mana.
  • Ulang kembali cara di atas mulai dari awal

Ini hasil pembersihan ruang bakar….. nampak soot yang sudah bercampur dengan cairan pembersih…..

wp-1483497374104.jpg

Setelah pembersihan ruang bakar, pasang kembali busi, kemudian nyalakan mesin motornya. JANGAN KAGET kalok pertama kali menyalakan mesin suah banget, karena masih ada sisi cairan penbersih di dalam ruang pembakaran. Coba terus dengan mengengkol atau menstater mesin motor. Setelah menyala, akan nampak kepulan sapa putih dari knalpot sisa pembersihan yang terbakar. Setelah 5 menitan menyala dan asap putih tidak nampak, saatnya mulai pembersihan saluran udara atas. Kali ini deka menggunakan injector and carb cleaner merk Gzox…. harganya lupa, entah 70 apa 80 ribu kituh…..Oh ya…… ini water base ya…

wp-1483497411549.jpg

Setelah mesin dalam kondisi suhu optimum

  •  semprotkan cleaner melalui lubang intake. Berhubung deka males copot sambungan karet di throttle body, nozzle cleaner deka masuikin melalui lubang intake dari box filter.

wp-1483497379325.jpg

  • Perlu bantuan temen untuk menahan tuas gas agar mesin tidak stall saat penyemprotan, rpm sekitar di 2000-3000 rpm agar mesin tak mati.
  • Saat ada gejala rpm drop dan mau mati, hentikan penyemprotan dan biarkan rpm kembali normal, kemudian ulangi penyemprotan. Dari cara pakai Gzox sendiri penyemprotan sekitar 30 detik.
  • Kembali keluar asap putih dari knalpot, sisa hasil pembersihan.

wp-1483497357335.jpg

Cara tune up nya bisa dibalik Lur…. yaitu membersihan saluran atas baru combustion chamber. Setelah semua kelar, pasang kembali bodi motor si miyoje, dan filter udara baru pada kasus ini, kalau dirasa filter udara masih bagus, cukup dibersihkan saja. Kemudian deka test jalan, mesin lebih responsive dan terasa seperti layaknya skutik waras keluaran dari bengkel resmi.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

9 Comments

  1. [email protected]
    January 11, 2017 at 10:04 am

    Maaf mas, cuma sharing opini aja,
    setau saya fungsi saringan besi di filter udara itu untuk mengamankan agar filter kertasnya tidak tersedot ke lubang intake, yang kedua untuk menghindari backfire dari mesin, sekiranya dicopot takutnya filter berbahan kertas itu mudah terbakar (kecuali yang dari rajutan kawat)

    Terima Kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*