Menyamankan Suspensi Mio J Agar Lebih Empuk

Miyoje deka
Miyoje deka

Yola dulur yang budiman…. di artikel beberapa waktu yang lalu, ngadimin menceritakan bahwa ngadimin mendapatkan limpahan seekor miyoje yang nglambruk jarang dipakai. Sesampai di kediaman di Bogor, langsung total disesatkan dari oli sampai suspensi. Disebut sesat karena hampir semuanya memang bukan untuk peruntukannya miyoje secara umum. Kali ini akan kita bahas soal suspensi miyoje tersebut.

Sudah menjadi cerita umum kalok suspensi metik-metik yamaha itu tergolong keras. Sebuah jejak nyata kebandelan yamaha akan masukan sebagian publik motor, termasuk deka yang nyinyir agar yamaha lebih memperhatikan sektor suspensi biar lebih nyaman. Kenyamanan adalah syarat wajib untuk sebuah motor metik sesuai peruntukannya. Boleh saja yamaha punya ciri khas sporty, baik desain maupun performa, namun bicara metik umum yang multifungsi jelas kenyamanan adalah syarat wajib.

Orang beli metik bukan untuk balapan, jadi alasan suspensi stiff agar enak ditekuk menjadi absurd bagi publik biker di marih. Boleh saja metik-skutik yamaha nyaman untuk jalanan luar negeri yang mulus, minim potholes. Tapi faktanya tidak cocok jalanan di marih yang banyak potholes, jalan bergelombang, jalan cor tidak rata, jalan tanah, de el el. Disinilah “siksaan” suspensi skutik yamaha sangat terasa. Deka sudah terlalu nyinyir untuk mengkritisi kondisi ini. Entah ada hubungannya atau ndak? deka curiga dengan kekerasan suspensi skutik yamaha dan kombinasi jalan tak rata di marih menjadi penyebab pelek skutik yamaha, khususnya belakang menjadi terlihat geal-geol. Kejadian ini juga terjadi di miyoje deka…. ban belakang sudah sedikit keliatan geyal-geyol.

2016-12-25-18-50-43

Kembali ke tidaknyamanan suspensi miyoje ini, apalagi suspensi bawaan si Yoji ini udah koit, jadi deka lakukan penggantian. Sebuah suspensi baru, namun sesat……bukan shockbreaker Kayaba bawaan yamaha miyoje, tapi Shockbreaker merk Showa milik kompetitor abadinya….. Honda beat. Pemilihan shock belakang Beat karena karakternya yang lebih empuk menjadi prioritas utama. Selain itu, secara visual nampak lebih mewah karena terdapat cover bagian dalamnya. Jadi kelihatan lebih mewah dan kekar dibandingkan suspensi bawaan miyoje yang polosan.

anting shock beat
anting shock beat

Cara masangnya sebenarnya gampang, namun karena deka beli di bengkel umum, harganya ( 210 ribong rupiahs ) sudah include pasang, ya serahin saja ke tehnisi. Melihat ukuran shockbreaker ori beat ini diukur memang sama panjangnya dengan milik miyoje, plek sama panjangnya. Bedanya hanya di ukuran anting dudukan atasnya saja. Maka saat memasangnya, tinggal copot anting suspensi beat, diganti dengan anting bawaan si miyoje. Setelah itu tinggal pasangkan ke dudukan suspensi belakang. Dah….. gitu aja…….

2016-12-25-18-52-04

Bagaimana rasanya? ternyata bantingan memang lebih lembut dibandingkan versi bawaan si miyoje. Kalok suspensi bawaannya terasa jedak jeduk di pantat, maka dengan suspensi beat terasa lebih teredam ( jangan bayangkan metal-mentul…. mimpiiiii ). Namun secara umum karakter suspensi ini lebih nyaman untuk ngadimin sendiri.

PR berikutnya adalah suspensi depan yang juga terasa lebih stiff. Ada cara sesat tanpa merubah part apapun. Hanya mengganti oli shockbreaker depan dengan oli shock milik ahm. Kemudian takaran tiap tabung dikurangi 5 ml… Ini dilakukan oleh banyak rekan yang bertestimoni bantingan menjadi lebih empuk. Namun deka belum lakukan karena belom sempat beli oli shock dan ke bengkel. Apalagi sedang fokus untuk mentune-up sendiri tanpa bongkar si miyoje yang tarikannya berat mintak ampun. Seperti apa tune-up sesatnya? stay tuned di warung ini ya Lur…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

8 Komentar

Silahkan Beropini