GSX-R150 : Great Power Comes Great Responsibility

kopling

Yola dulur dulur yang budiman…..judul diatas kali ini bukan mengacu ke rider gsx-r150. Tapi kita akan tetap gali inovasi-inovasi yang disematkan di motor baru suzuki di kelas sport entry level. Deka amati, sebagai motor baru, gsx memang dicangkokin banyak inovasi baru, khususnya sektor mesin. Dengan power 19 koma ps, tentu motor perlu tanggung jawab lebih untuk menghandlenya.

Dengan basis mesin sama dengan satria fi yqng diupgrade, tentu perlu penanganan lebih dari mesin standarnya. Dan suzuki tahu akan hal tersebut, sehingga membekali sang motor dengan inovasi lain untuk menghandling power sebesar itu di mesin kecil 150 cc. Dari sistem pendingin, power delivery, sampai dengan part pelambat motor, alias rem.

suzuki-salcs
SALCS system

Dengan memaksimalkan kubikasi 150 cc kurang sedikit agar memproduksi power 19 koma, salah satunya dengan membuat kompresi mesin tinggi, 11,5. Konsekuensinya, mesin akan menghasilkan panas lebih daripada kompresi mesin dibawahnya. Insinyur suzuki membekali dengan sistem pendingin yang lebih advance. Bukan cumak 1 tapi 2 sistem sekaligus, siatem radiator yang diperbesar dan sistem pendingin berbasis pelumas, yang kemarin kita bahas, SALCS dan anti Lost Pumping Oil. Silahkan cek di artikel ini Lur

https://78deka.com/2016/12/22/rahasia-gsxrs-150-aman-main-rpm-tinggi/

fb_img_1482303868173
Anti lost pumping oil gsx150

Power gedhe yang dihasilkan dari ruang bakar akan diteruskan conrod atau stang seker ke flywheel dan diatur di gearbox sebelum diteruskan ke ban melalui rantai. Kopling sebagai pengendali power sebelum ke gearbox tentu perlu penyesuaian kembali. Kalok biasa saja, ya akan cepet kosong, atau deliverynya tidak smooth dan ngelag…tidak smooth.

fb_img_1482118276056
5 per kopling dan Bearing besar kopling gsx

Mangkanya di mesin gsx ini, dibekali kampas kopling dimana per koplingnya sudah berjumlah 5 biji di dalam rumah kopling. Hal ini bertujuan agar daya cengkeram lebih kuat dan merata, sehingga perpindahan gigi diharapkan lebih smooth tanpa drop rpm berlebih. Begitu pula dengan sistem bearing rumah kopling yang lebih gedhe agar lebih durable.

suzuki-gsx-r125-baby-gsx-r150-fluida-rem

Dengan power gedhe, tentu topspeed yang dicapai juga lebih tinggi. Di motor gsx dibekali sistem pelambat kecepatan menggunakan satu paket rem depan dari Bybre… Versi entry levelnya brembo dan dipasangkan dengan petal disk yang melingkar di roda depan. Ngadimin sudah cukup kenyang dengan kemampuan rem dari bybre…ajib Lur….untuk kelas rem entry level.

Jadi peningkatan performa mesin tidak berdiri tunggal. Perlu konsekuensi dari sektor lain di motor agar semua seimbang sebagai satu paket motor. Apalagi falsafah gixxer terkecil ini sebagai motor yang fun for riding, jadi semua kudu seimbang dan saling terkait. Dan yang kita bahas ini baru sedikit dari banyak inovasi yang disematkan di motor gsx-r/s 150.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

12 Komentar

  1. nah, itu dia baut per kopling sijuki ini jumlahnya ada 5 buah, emang seharusnya begitu buat motor high performance, Vixion dan bahkan R25 aja cuman 4 biji doang, ini maksudnya gimana ya Yamaha? masak kalah sama Karisma 125 yg 6 biji jumlahnya.

Silahkan Beropini