Selain VVA, Ada Pendongkrak Performa Di MesinYamaha New R-15

img-20161221-wa0000

Yola dulur yang budiman….. soal spyshot new yamaha R-15 mungkin sudah ramai di blog lain, mau ikutan kok sepertinya sudah ketinggalan. Mungkin deka hanya bisa sedikit ngasih bocoran lain soal new R-15 ini. Selain adanya perubahan desain bodi, soal performa mesin juga akan dilakukan upgrade. jika kemarin ramai soal mesin vva, ternyata ada upgrade lain yang mendongkrak performa motor full fairing yamaha 150 cc ini.

Meskipun belum ada statement resmi secara langsung dari pihak yamaha, namun sudah kencang beredar kabar mesin R-15 yang akan common part dengan next vixion ini mengalami upgrade atau perubahan mesin dari versi curent. Mesin minarelli 150 cc overstroke 57 x 58,7 akan sedikit membengkak menjadi 155 cc seperti mesin N-Max. Bore x strokenya akan sama ( sejauh ini bocorannya seperti itu ) yaitu 58 x 58,7 mm. Mesin akan tetap overstroke, namun cenderung square seperti milik CBR150. Dari penambahan bore, tentu power akan bertambah dari mesin curent. Jadi mesin memang berbasis dari mesin minarelli yang bore-nya nambah 1 mm.

yzf-r15-facelift-2017

Tidak cuma peningkatan powert yang diperoleh oleh mesin new R-15, namun juga soal keiritan yang tetap dipertahankan seperti dikenal di mesin versi saat ini. Meskipun mesin mengalami bore-up, namun sisi keiritan akan dibantu dengan keberadaan pengatur bukaan klep in, yaitu VVA sistem. Selain menaikkan efisiensi di rpm bawah tengah, dengan adanya vva ini juga akan memaksimalkan torsi yang diperoleh di range rpm tersebut.

Jadi bocoran ke deka soal kenaikan performa new R-15 yang akan di range 18 koma ps sepertinya masih masuk akal. Performa new R-15 akan berada diantara CBR-150 dan suzuki GSX-R150. Namun yang ditawarkan oleh yamaha bukan melulu soal kenaikan power saja, ada satu tehnologi lagi yang akan ditanamkan di mesin ini. Bahkan sudah menyebutnya sebagai ” ini “…… awal mendengarnya deka sempat tak percaya, melongo….. sampai minta diulang lagi….. “ini”….. weeeehhhh…….. ngoahahahahaha…… XD .

fb_img_1482855978495

Ya…. ya….. ternyata bukan hanya kenaikan performa yang dilakukan oleh yamaha, namun juga di sektor main power delivery. Atau penyaluran tenaga dari combustion chamber ke gearbox mesin. Tehnologi ini akan membuat mesin lebih efisien menyalurkan performa hasil dari ledakan di ruang bakar, kemudian di atur manajemen putaran di gearbox dan sampai ke ban belakang. Deka jadi ingat sebuah motor special edition yang sudah memakai tehnologi ini…… mgkshhhh….mgkssshhh…… 😀 .

Tehnologi apa itu?…… nganu….. ndak boleh diomongin dulu katanya….kalok sampe bocor, ntar ndak akan dikasih info lagi….. ngoahahahahaha….. XD . Yah tunggu saja, ntar juga bocor juga lama-lama……. tapi deka sudah dikasih amanah untuk tidak membocorkan, jadi promise is promise….. Nantinya soal performa akan saling duel, triangle battle antara gsxr-cbr-R-15…. kita tunggu saja, bakal ramai inih………

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

24 Komentar

  1. dulu sebelum satria injeksi muncul, santer kabar kalo mesinnya satria bakal di bore lebih dr 150, woah jd bahan bullian dimana2. “ya jelas cepet lah lha ccnya 155” dan bully an yg lain, nah ini muncul cc 155 kok diem mengkeret aja ya??? malah di wow kan? ya jelas cc nya lebih besar tenaga lebih gede lah apapun tu namanya

    • takutnya seperti bocoran mesin suzuki 12k (satria fu fi) dl ktanya akan naik jd 152~155cc…ternyata tetap aj 147,3cc…lek iwb pernah buat artikel kalau bore mesin bk6 (new r15) berubah dr 57 mm (r15 v2) jd 57,4 mm…tunggu rilis resmi dr yimm aj lah…

  2. Kalau 155…apa mungkin,cylinder make punya nmax or aerox??cuma compressi nya yg di naikin??..jd common part nmax,arox,r15 dan vixion….piye???

  3. Surprise yg jelas produk YIMM selalu dinanti dihati harga murah kualitas mendunia,,,,yg jelas R15 new 2017 buat prematur facelift lawannya lebih awal and meniru DNA moge nya R15 new 2017 bwt ngalahin R15 yg carefull

  4. nganu, masak iya pake semacam torductor?
    perangkat koplingnya masih tetep pakai 4 baut (4 spring seperti R15 current) atao udah lebih?
    seharusnya motor sport itu jumlah baut koplingnya 5 atau 6, biar tekanan pada plat kopling semakin merata, yg akhirnya penyaluran power menjadi lebih efisien, lose power berkurang. New FU FI aja klo ane liat dari cutting enginenya, baut kopling ada 5, bahkan Kharisma 125/Supra 125 lama malah ada 6 baut (spring) koplingnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Senjata Yamaha R-15 Adalah VVA Dan Slipper Clutch |

Silahkan Beropini