TePOK : Cara Mengelupas Stiker Pelek

2016-12-20-13-43-59

Yola dulur yang budiman….. di artikel beberapa waktu yang lalu, ngadimin melakukan tepok yaitu mengecat pelek motor sendiri menggunakan cat spray kaleng. Nah ada masalah dimana pelek lama ternyata sudah terpasang stiker pelek yang melingkar di sisi kanan dan kiri. Ndak cuma 1 lapis, bahkan 2 lapis. Mari kita bahas bagaimana cara mengelupas stiker tersebut.

Stiker pelek memang bikin penampakan pelek lebih keren dengan pewarnaan yang kontras dibandingkan warna pelek itu sendiri. Namun saat ingin mengecat ulang pelek, entah dengan warna lain atau repainting karena sudah kusam, keberadaan stiker tersebut menjadi kendala tersendiri. Jika tidak dikelupas, maka akan tertimpa cat baru, dan peleknya tidak tercat sempurna.

Mengelupas stiker pelek tersebut perlu ketelatenan tersendiri dan perlu tehnik khusus. Hal ini disebabkan karena bahan stiker tersebut sangat tipis dan getas, tidak menyerap air, mudah putus saat ditarik. Cara paling mudah adalah dengan membakar dengan heatgun. Lagi-lagi perlu alat khusus atau harus mencopot ban dari pelek.

wp-1479095513359.jpg

Nah, karena deka hanya mengandalkan tangan kosong, ndak punya heatgun, deka menggunakan cara manual saja. Alat dan bahannya cuma 2 macam, yaitu kartu bekas simcard hape dan Lemonpladge. Ini juga bisa menjadi satu tambahan manfaat lemon pladge untuk motor, membantu mengelupas stiker.

Caranya sangat mudah.

  • pertama semprotkan lemon pladge ke stiker pelek. Semprotkan sekitar 10 cm panjang stiker saja, kemudian biarkan 1 menitan.

wp-1479095518929.jpg

  • Lakukan kupasan jika memang stiker bisa terkelupas menggunakan tangan, jika tidak bisa, lanjutkan langkah berikutnya.
  • Kemudian menggunakan papan plastik bekas kartu simcard, kita kelupas stiker tersebut. Mulailah dari ujung atau pangkal stiker biar lebih mudah.

wp-1479095509055.jpg

  • Lakukan dengan cara menyayat dan mendorong bagian sisi stiker ke arah dalam melintang. Pelan-pelan dan telaten adalah kuncinya.
  • Jika satu bagian terkelupas, ulangi lagi cara tersebut diatas, dengan cara menyemprot lemonpladge dulu.
  • Bersihkan serpihan-serpihan kecil sisa stiker menggunakan semprotan lemonpladge dan congkel menggunakan jari atau plastik bekas simcard tersebut sampai bersih.
  • Meskipun deka bilang cara mudah, tapi memang tak semudah melepas stiker body yang lebih lentur dan tahan sobek. Ketekunan dan kesabaran kembali menjadi kuncinya.
  • Cara ini lebih berhasil daripada dengan cara mengerok dengan pisau, karena tidak melukai permukaan pelek.

Itulah cara tepok deka mengelupas stiker pelek yang memang susahnya mintak ampun kalok ndak tahu caranya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Silahkan Beropini