Rahasia GSXR/S 150 Aman Main RPM Tinggi

mesin gsx150
mesin gsx150

Yola dulur yang budiman……suzuki gsxr/s 150 yang secara on paper bisa berkitir diatas 13.000 rpm tentu menyisakan pertanyaan bagi publik motor. Apa mampu tuh mesin diajak main 13.000 rpm terus? Apakah ndak cepat bikin jebol tuh mesin dengan performa demikian? secara itu kan mesin 150 cc. Well…. tentu insinyur suzuki sudah menghitung dan menimbang secara cermat dalam membuat mesin tersebut, termasuk daya tahan mesin secara long term, karena ini motor jalanan, bukan motor kelas sirkuit. Tentu ada rahasianya agar mesin tetap awet walau mampu mencapai rpm 13.000.

Kualitas bahan mesin dan part-partnya tentu punya peran penting, salah satunya liner blok mesin khas suzuki… SCEM. Namun agar mendukung atau sejalan dengan kualitas part, maka insinyur mengakali juga dengan pendekatan tehnologi. Percuma kualitas bahan bagus tapi tehnologi ndak mendukung, durability nya bisa jadi korban. Dengan main rpm tinggi, tentu akan menghasilkan panas yang berlebih, apalagi kompresi mesin gsx ini termasuk tinggi, 11:1. Kombinasi kompresi dan rpm tinggi menghasilkan panas melebihi mesin normal, dan tentunya friksi atau gaya gesek antar part yang lebih gedhe pula.

Insinyur suzie mengakali atau mensupport mesin ini dengan beberapa pendekatan, cooling sistem khas suzuki, SALCS… suzuki advance lubrication and cooling system yang terdiri dari sistem pendingin liquid melalui radiator dan sistem sirkulasi oli. Kalok dulur sekalian rajin mengikuti warung ini, maka sering dibahas fungsi oli atau lubrikasi. Selain untuk mencegah keausan, fungsi utama oli adalah sebagai pendingin mesin. Oli adalah benteng pertama dalam pendinginan mesin dari panas hasil pembakaran combustion chamber. Sirkulasi pelumas di dalam mesin punya peranan penting, dan suzuki sangat memperhatikan hal tersebut di mesin gsxr/s 150 ini.

suzuki-salcs

Ada 2 poin utama yang kita bahas pertama, salah satunya adalah pengaplikasian oil injector di bagian combustion chamber, bagian dari SALCS. Di mesin gsxr/s sirkulasi oli di bagian crank case dan ruang bakar masih tetap mempertahankan tehnologi yang diterapkan di motor fxr.

The SACLS system uses high volumes of engine oil aimed at strategic points of the engine, like the top of the combustion chamber, which are not typically well served by air cooling alone. In order to provide enough oil for both cooling and lubrication, the system uses a double-chamber oil pump, using the high-pressure side for lubrication of the parts (crankshaft, connecting rods, valvetrain), while the low-pressure, high-volume side provides oil to the cooling and filtering circuit. The oil removes heat from hot engine parts through direct contact, is pumped away and subsequently routed through the oil filter, followed by routing through an oil cooler before being returned to the main sump.

Intinya, suzuki membuat sirkulasi oli yang lebih cepat dan massive dengan cara membuat double chamber oil pump dan tekanan oli tinggi untuk menyemprot part bagian bawah seperti setang seker, conrod, serta sistem buka tutup klep yang melibatkan rantai keteng.

fb_img_1482303868173

Sedangkan yang kedua dan inovasi terbaru yang diaplikasikan di mesin gsxr/s ini adalah mengatasi sindrom “Pumping Lost” efek kompresi balik saat piston mencapai TMA. Saat piston di posisi TMA maka tekanan di dalam crankcase, bak oli bisa mengalami penurunan tekanan, bahkan tekanan negatif ( vacum ) sehingga mengganggu kerja pompa oli. Hal ini membuat tekanan sirkulasi oli ke seleruh mesin menurun dan terganggu. Kondisi ini tentu berbahaya untuk mesin berkarakter seperti gsxr/s yang berkompresi tinggi dan rpm tinggi.

Maka dari itu insinyur suzuki membuat sebuah lubang bypass di dinding crankcase untuk mengurangi kevakuman tersebut ( panah dan lingkaran merah). Dengan kombinasi pendekatan di manajemen sirkulasi oli ini suzuki berhasil meminimalisir efek buruk dari mesin kompresi dan rpm tinggi mesin kubikasi kecil. Dari uji kelayakan internal sendiri diperoleh hasil mesin ini punya daya tahan bagus walau sering digeber di rpm tinggi.

Semoga bermanfaat

wassalamualaikum

 

22 Komentar

  1. Lho, Jupiter Z 110 cc kabarnya juga udah pake modelini, mereka menyebutnya piston cooling system, yakni piston disemprot oli dari bawah supaya ngga macet gerakannya. Kan dulu waktu awal2 muncul yg bintangnya komeng sama deddy mizwar itu soal piston cooling system ini juga di iklanin og.

1 Trackback / Pingback

  1. GSX-R150 : Great Power Comes Great Responsibility |

Silahkan Beropini