Potensi Minyak Jarak Untuk Pelumas Mesin

minyak-jarak

Minyak jarak castor oil

Yola dulur yang budiman….kalok kemarin kita bahas soal kontroversi penggunaan minyak goreng atau minyak kelapa ( palm oil ) sebagai pelumas mesin atau oli mesin, bahkan sudah dijadikan bahan penelitian sebagai oli samping, kini kita bahas bahan nabati alternatif sebagai bahan pembuat pelumas otomotif.

Dari hasil penelitian, dimana palm oil digunakan sebagai oli samping memang hasilnya masih mengecewakan, karena terjadi penurunan performa mesin. Dilihat dari sifat-sifat kimia maupun fisikanya, minyak kelapa masih jauh penelitiannya untuk digunakan sebagai bahan pelumas mesin.

Namun hal itu tidak menutup kemungkinan penggunaan bahan nabati untuk dijadikan pelumas oli. Salah satunya adalah minyak dari tumbuhan yang umum tumbuh di negeri ini….Jarak…..

Minyak jarak atau bahasa bulenya castor oil sendiri deka dengar langsung dari cerita nenek dulu. Waktu deka kecil diceritain kalok jaman penjajahan jepang dulu ada tanam paksa. Salah satu tanaman yang wajib ditanam adalah tumbuhan jarak atau Richinus communis yang nantinya akan diambil minyaknya kemudian disuling. Minyak jarak tersebut digunakan oleh jepang sebagai pelumas kendaraan militer mereka, termasuk pesawat tempurnya.

Jadi penggunaan minyak jarak sebagai pelumas mesin sudah dilakukan di jaman jebot. Bahkan untuk pelumas tank, dan pesawat terbang. Memang yang namanya bahan nabati perlu proses berlanjut karena mengandung getah dan lain-lain.

Minyak jarak mempunyai karakteristik yang istimewa. Pada suhu 1.200° Celcius minyak jarak tetap kental dan tak terurai. Bandingkan dengan titik didih minyak kelapa murni yang hanya di angka 210° celcius. Pada suhu rendah, minus 18° Celcius, minyak tetap masih dalam bentuk cairan, belum beku.

Tanaman jarak

Tanaman jarak

Minyak jarak mengandung banyak asam lemak tak jenuh yang mengandung gugus hidroksil, atau sering disebut asam risinoleat. Hal inilah yang membuat minyak jarak punya viskositas tinggi. Selain itu, minyak jarak juga stabil pada suhu rendah dan tetap berbentuk cair pada suhu minus 18° Celcius. Selevel bahkan bisa jadi lebih bagus dari oli dengan SAE Awal 0.

Keistimewaan itulah yang membuat minyak jarak itu berpotensi sebagai bahan dasar pelumas otomotif. Sebelum digunakan sebagai pelumas tahan panas, minyak jarak melalui empat tahap yaitu penghilangan gum, netralisasi, pemucatan, dan deodorisasi.

Pemurnian minyak jarak bisa menghasilkan 4 jenis minyak dengan kemurnian berbeda, yakni degummed castor oil (DCO), refined castor oil (RCO), refined bleaching castor oil (RBCO), dan refined bleached deodorized castor oil (RDBCO).

So… Minyak jarak punya potensi besar sebagai bahan baku pelumas nabati. Meskipun demikian perlu pemrosesan lagi yang ketat agar kandungan getah dan kemurnian minyak kastrol terjaga. Khususnya untuk penentuan jenis keenceran sesuai penggolongan sae nya.

Dihimpum dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

7 Komentar

Filed under Aliran sesat HDEO PCMO, tehnologi motor

7 responses to “Potensi Minyak Jarak Untuk Pelumas Mesin

  1. goezman

    Prosesnya yg lebih rumit+ketersediaan yg (dianggap) dikit bikin ongkos produksi mahal om. Belum lagi harus konversi lahan. Mungkin nanti klo minyak bumi makin menipis n ada rekayasa biologi biar pohon jarak cepet gede bisa ekonomis

  2. Nganu

    berarti jaman jepang sudah ada produksi minyak jarak skala besar….

  3. pernah berkecimpung di dunia Jarak hingga 2010 lalu, sayang seperti yang sudah-sudah, negeri ini memang punya masalah dengan mafia

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s