Sasis Suzuki GSX-R150 Jenis Twinspar ?

fb_img_1478143942439

Yola dulur yang budiman….. dari diskusi bareng pembaca tentang suzuki gsxr150, hampir semuanya sudah gamblang. Namun rasa penasaran akan jenis sasis atau rangka sport 150 cc suzuki ini masih bikin penasaran. Katanya jenis diamond, deka sendiri kemarin nyebut twinspar…lha yang bener yang mana?

fb_img_1478070237116

Kalok acuannya brosur yang dipampang di IMOS kemarin sih disebutin sasis jenis diamond steel tube. Tapi begitu deka dikasih gambaran rangkanya kok mirip sasis satria fi atau kawasaki ninja 150rr? Dan umumnya dibilang twinspar.

Kalok boleh beropini sih, menurut deka itu twinspar namun pengembangan dari jenis sasis diamond. Lha sasis diamond itu seperti apa? Mungkin gambar di bawah ini bisa menjadi contoh jenis sasis diamond… Atau lihat saja rangka di motor byson, gl pro, megapro, atau motor laki era sebelum tahun 2000 lainnya.

diamond-frame-unicorn

Nah… Sasis diamond yang simple namun terbukti kokoh ini seiring perkembangan jaman mengalami variasi pengembangan pula, seperti sasis jenis backbone atau double craddlenya tvs apache atau bajaj pulsar. Dan bahkan semakin mirip dengan sasis jenis lain seperti trussframenya cbr dan cb150sf. Semua berbasis dari diamond frame.

fb_img_1478680886578
Sasis modern diamond gsxr150

Bagaimana dengan sasis gsxr150 sendiri? Lihatlah gambar di atas, polanya seperti twinspar, tapi kok ndak bentuk melebar ( seperti deltabox )? Kemudian masih ada downtube nya, meskipun menggantung? Sedangkan main tubenya seperti ditambahin penguat?

Coba kita cari kesamaan dengan sasis diamond diatas. Frame gsxr150 ini seperti diamond frame yang dibelah menjadi 2, kanan dan kiri. Yang awalnya posisinya main tube diatas tengah mesin menjadi atas kanan-kiri. Deka sebut sih itu twinspar, walaupun bukan perimeter. Tapi pada basisnya itu mirip dengan diamond, bahkan backbone yang main tubenya menggantung diatas karena downtube nya ndak sempurna ke bawah.

Backbone frame
Backbone frame

Bisa jadi suzuki tetap menyebut itu sasis diamond karena memang basisnya diamond yang kemudian dikembangkan mengikuti versi lain, sehingga nampak seperti twispar. Namun apalah namanya, yang jelas lebih sporty secara visual jika fairingnya dilepas. Suzuki lebih memilih ndak neko-neko dalam menamai frame nya…. Diamond…….

Bijimana menurut dulur sekalian?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

15 Comments

  1. Intinya klo sdh dipecah kanan kiri sdh menuju twinspar, meskipun pake pipa ato dimodel trelis, jd lbh rigid & stabil, masalah nama kayaknya sizuka low profil aje…cmiiw…

      • Pada intinya kan twinspar tuh, cuma pake pipa tube aja, ane sih kurang paham jenis2nya, tp klo model frame yg meluk mesin dari kanan kiri pada dasarnya pake filosofi twinspar, mau pake almu, besi kotak, pipa tubular, pipa pagar trelis, dll. Intinya sama…cmiiw😁

        • kalok aturannya setiap rangka yang memeluk mesin dianggap twinspar, bisa2 ada yang bilang rangka cb150r itu twinspar, karena memeluk mesin, hahahha

          • Loh ya gpp to masbro, klo gak gt filosofinya ngapain juga cb150r pake rangka model trelis pagar gt, kayak ninja 150rr kan juga model pipa, yg penting meluk mesin esensinya sama rigidnya…intinya bukan tulang tunggal kayak frame gl, Scorpio, dll…klo ane sih liat dr filosofi & fungsinyanya, bukan bahan pembentuknya…

  2. iya saya mau ralat komen saya di beberapa blog yang bersikeukeuh rangka GSX 150 twinspar, ternyata diamond (setelah baca brosur), intinya saya setuju dengan tulisan ini bahwa twinspar GSX merupakan bagian dari diamond

  3. sasis ninja 2stroke kan gk sprti itu. sdh trbelah mulai dr ujung. sprti sasisnya vixion. y sprtinya emg bnr yg dbilang suzuki, itu backbone..

  4. Disebut diamond selama bentuknya menyerupai rangka sepeda. Jadi itu backbone diamond. Kenapa backbone, karena rangka bagian atas langsung mengerucut. Ya abu2 sih soal backbone nya.

  5. setau ane perbedaan mencolok backbone dengan twinspar ada di posisi memeluk mesin dan tangki bensin, karena rangka twinspar selain memeluk mesin, juga mengikuti kontur tangki motor, seperti vixion dan cbr thailand kan, sedangkan ini seperti nya masih kategori backbone, karena bukaannya kecil banget gitu, beda sama ninja

  6. Di Suzuki FuFI, saya pernah nemu tulisan MINI TWINSPAR frame, sementara sasis GSXR150 dikembangkan dari FuFI.
    Menurut saya, sasis GSX R150 mini twinspar. Ini jalan tengah dari berat bobot dan mahalnya sasis twinspar murni dan kurang sedap dipandangnya sasis trellis.
    Sekilas malah terlihat seperti sasis FXR150 yg dikecilin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*