Membaca Grafik Torsi Power GSXR150 Dibandingkan Kompetitornya

fb_img_1480653208739

Yola dulur yang budiman…..timeline facebook deka muncul sebuah tulisan soal grafik torsi dan power 3 motor sport kelas 150 cc, merk y, merk h, dan suzuki gsxr150. Kalok ndak salah dari motoexpert deh. Mari kita bahas bersama.

Gambar grafik diatas memang tidak ada angkanya, khususnya besaran rpm, power, maupun torsinya. Namun dari kurva grafik diatas jelas bisa dibaca karakter masing-masing mesin ketiga motor tersebut. Namun kita akan bicara gsxr150 saja ya…biar ndak mbleber kemana-mana.

fb_img_1480653208739

Torsi

Mulai dari rpm awal sampai menengah, torsi atau kemampuan berakselerasi gsxr150 dibawah 2 kompetitornya, terlihat dr garis grafik yang selalu berada di bawah mereka. Kemudian seiring waktu mulai menyamai dan unggul mulai rpm menengah atas, walau tdk bisa mencapai puncak torsinya motor merk y. Saat dua merk torsi menurun, gsxr150 masih punya torsi diatas mereka sampai limiter.

Inilah karakter mesin overbore suzuki gsxr150. Mulai beringas di rpm menengah atas. Disaat y dan h mulai loyo, gsxr150 masih ngaceng jambakannya di rpm atas. Apakah ini berarti gsxr150 selalu kalah dibandingkan duo kompetitornya di awal-awal tarikan? Bisa jadi iya, tapi ini juga tergantung rider memainkan throttle gas, kalok bisa memainkan rpm mesin sedari awal bisa jadi gap tersebut bisa terpangkas.

Power

Grafik power gsxr150 juga identik dengan grafik torsinya. Selalu berada di bawah saat rpm bawah menengah. Kemudian dari rpm menengah ke atas, saat merk y dan h mulai melandai, gsxr150 masih njengat mengail power puncak. Gapnya cukup signifikan, gsxr150 mengail power tertinggi di rpm atas.

fb_img_1478942006069

Ini berarti capaian topspeednya melampaui merk y dan merk h. Grafik performance diatas mengatakan fakta seperti itu. Hal ini juga diperkuat dengancapaian putaran mesin gsxr150 yang lebih tinggi dibandingkan keduanya. Disaat yang lainnya putus oleh limmiter, gixxer kecil masih mendaki dengan pasti.

Jadi….ini adalah membaca grafik performance yang diperoleh, bisa jadi dari mesin dyno. Soal realitanya, ya mari kita tunggu saja hasil test di sirkuit nyata. Grafik performance hanya sebagai gambaran awal saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

16 Comments

  1. Om mau tanya ini gsx pakai rangka model apa ya?kan gak kayak cb teralis kandang ayam n vixion pakai deltabox(cuma model aka abal2). Kayak yang dipakai di byson,nmp dan verza kah?kalau iya,apa tujuannya biar bobot berkurang?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*