Konsep Pembuatan GSXR150, Desain Lahir Dari Wind Tunnel

suzuki

screenshot_2016-11-30-22-48-24

Yola dulur yang budiman…. Membuat motor baru, apalagi mengusung tag line global series, gsxr150 sebagai anggota silsilah trah gsx-r, tentu suzuki harus membuat konsep yang jelas. Tidak asal membuat motor kemudian distempelin logo GSX-R. Semua harus dalam koridor konsep dan filosofi awal pembuatan jenis motor racing ala keluarga gixxer.

Mengusung nama gsxr, tentu kiblatnya ya kakak-kakaknya yang moge itu, gsx-r1000 atau gsx-r600. Motor dengan image kencang, handling ringan, serta oprek dikit ready to track race. Klan gixxer di amrik atau eropa terkenal dengan tiga hal tersebut, bahkan di amrik gsx-r1000 menjadi the most choice untuk biker yang doyan ngebut atau track day.

screenshot_2016-12-01-12-52-39

Maka, gsxr150 mempunyai 4 konsep dasar yaitu

  • Motor performa tinggi yang terinspirasi dari moge suzuki
  • Paket sasis yang ringan dan power delivery nya lembut, yang berujung pada mudah dikendarai untuk track race
  • Desain nampak sporty dan racy seperti trah gsx-r kelas mogenya.
  • Efisiensi bbm kelas wahid

screenshot_2016-12-01-12-50-05

Itu adalah konsep produknya sendiri, sedangkan untuk mendukung konsep tersebut, desain gsxr150 juga perlu konsep dasar dalam pembuatannya. Karena desain gsxr150 harus bisa selaras dengan konsep sebuah gsxr itu motor seperti apa. Jadi bukan hanya mengambar desain motor, kelihatan cakep, khususnya fairing dan facial sektor, kemudian masuk dapur cetak. Khusus gsxr150 ini bahkan harus menggunakan wind tunnel agar desain tetap aerodinamis. Hal yang penting untuk sebuah motor sport…efisien dalam membelah angin.

 

screenshot_2016-12-01-12-51-20

Konsep desain gsxr150 sekali lagi agar seirama dengan trah gixxer kakak-kakaknya. Bahkan hal detail seperti sektor kecil bagian front end diperhatikan agar akselerasi, stabilitas tetap terjaga, dan meningkatkan downforce. Selain itu, fairing dan bodywork dibuat lebih ringan namun tetap kuat dibandingkan motor sekelasnya.

Jadi itulah kenapa suzuki kadang menghadapi dilema soal trend desain motor, khususnya gsxr150. Untuk beberapa kalangan, desainnya kurang stylist. Namun demi mempertahankan konsep pembuatan motor, desain sedikit dikalahkan demi performa gsxr150 itu sendiri. Dalam dunia motor kadang antara faktor estetika dengan faktor performa bertentangan 180°. Yang bisa dilakukan oleh para enginering adalah kompromi antara keduanya….

Duh…tambah ngiler….nabung…nabung….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

4 Komentar

Silahkan Beropini