Tips Memasang Handle Grip Lever Universal

handle-grip

handle-grip

Yola dulur yang budiman….artikel TePOK, aka DIY tentang pemasangan handle grip lever atau kalep pegangan setang. Mungkin di suatu waktu kita ingin merubah atau mengganti  handle grip lever atau kalep pegangan stang motor kita. Namun kadang grip lever tersebut nggak cocok atau lubang dudukan ke stangnya terlalu besar.

Hal ini juga deka alami sendiri, saat ingin mengganti handle grip si siwi, deka membeli di toko asesoris. Setelah memilih barang yang deka sukai, ternyata setelah di pasang ke setang siwi, lobok alias kegedean…… Kalok yang di bagian kanan atau gas, umumnya punya diameter  yang sama karena ada dudukan bosh untuk putaran gas. Sedangkan yang sebelah kiri hanya mengandalkan pipa besi stang itu sendiri.

Nah masalahnya diameter pipa setang tiap motor tidak sama. Sehingga kadang diameternya lebih kecil daripada diameter lubang selongsong handle grip. Kalok dipaksakan dipasang, maka sering selip atau mudah bergeser saat sedang dipakai. Dan itu terasa sangat annoying atau sangat mengganggu, bahkan bisa berujung ketidakamanan, tidak safety. Caranya agar handle grip terpasang kuat, menggigit, dan tidak mudah berputar atau bergeser adalah dengan mengganjal setang.

Tehnik mengganjal setang ini, deka gunakan bahan yang sangat praktis dan terbukti efektif. Setelah handle grip terpasang, sampai sekarang masih menggigit kuat setang dan tidak bisa bergeser. Bahan yang deka gunakan adalah ” DOUBLE TAPE “.

img_20160930_095024

Caranya dengan menempelkan double tape ke besi setang melingkar penuh menutupi semua permukaan yang menjadi alas handle grip. Kemudian handle grip kita coba pasang, jika dirasa masih longgar, kurang menggigit, maka kita lapisi lagi dengan double tape tersebut. Di kasus deka, 2 lapis double tape baru terasa pas.

Untuk pemasangan handle grip perlu diolesi dengan oli dulu. Sedikit saja, karena jika berlebih justru nanti tidak akan menggigit double tape yang berperekat, karena perekatnya kontak dengan oli. Oli cukup diolesi menggunakan obeng yang dilumuri oli saja. Setelah terpasang, biarkan dulu, karena masih licin karena adanya oli. Biarkan beberapa waktu, maka handle grip akan terpasang kuat.

handle grip

handle grip

img_20160930_095024

Inilah hasil pemasangan handle grip di siwi, terpasang kuat dan sukses terinstal.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

3 Komentar

Filed under catatanku bersama tunggangan, TePOK

3 responses to “Tips Memasang Handle Grip Lever Universal

  1. handle grip yang gak gampang rusak merek ap ya kang ?

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s