Ada Yang Salah Di Tubuh Suzuki

logo-suzuki-motor-indonesia_thumb

Yola dulur yang budiman…..setelah deka mencoba testride suzuki Address, mencoba satria fi, memakai suzuki smash titan, gantian pakai shogun axelo, pernah ngerasain suzuki nex yang super irit, sering menggunakan satria fu, testimoni rider inazuma, dan sekarang melihara skywave lahiran 2008, deka menyimpulkan kalok di tubuh suzuki ada yang salah.

Lho..? Apa hubungannya? Gini… ini pandangan dari pemerhati motor awam, menilai pabrikan dari taste produk mereka. Dan setelah deka kembali menggeluti motor-motor suzuki yang termasuk kekinian, deka simpulkan tidak ada yangbsalah dengan motor-motor suzuki ini. Semua enak dikendarai, punya karakter kuat motor-motor suzuki ini. Jarang bermasalah, dan nggak boros-boros amat sesuai opini pada umumnya.

img_20160904_170014

Apalagi soal durability, selama memakai motor-motor suzuki jarak jauh, lebih dari 40 km, tidak nampak tanda-tanda penurunan performa mesin. Built quality baik mesin atau bodi deka anggap yang masuk expektasi. Desain walaupun bukan yang terbaik, dan harus ada improvement, tapi tidak jelek. Walaupun aneh, tapi secara 1 paket utuh desain motor nampak sesuai, berimbang. Dan desain bukan melulu alasan motor suzuki tidak laku.

Pertanyaannya, dengan produk-produk seperti itu tapi penjualannya mengkis-mengkis seperti pengidap asma disuruh lari marathon, jelas ada sesuatu yang salah di tubuh suzuki. Dengan produk-produk seperti itu, penjulana under 3% bukanlah representasi kinerja suzuki….ini mah tidur….

Kalok deka amati, orang-orang suzuki itu gaungnya ngga ada, stag, banyak diem merespon pasar. Ramai cumak kalo peluncuran produk saja. Setelah itu ibaratnya produk dilepas bebas tanpa ada penggembalaan. Mau makan terserah, mau ilang terserah, mau tersesat ngga balik terserah, mau mati dimakan harimau terserah.

diler suzuki tutup

Diler-diler yang notabene investor lokal akhirnya rontok, ogah ngelanjutin usahanya. Lha wong nggak profitable kok…mending jualan motor merk lain, atau banting stir jualan produk lain…mereka pedagang, kalok dirasa dagangannya seret jual ya dagang produk lain yang laku…ya toh?

So…dari case-case tersebut, deka simpulkan tubuh suzuki roda dua memang harus ada amputasi, kemudian dipasang organ baru yang lebih advance….tidak cumak diem…ngadem, nglegoso….dan lambat laun ngantuk…jatuh tidur….dan akhirnya nggak bangun-bangun lagi alias koit….

NB : ini bisa jadi salah….karena hanya sebatas opini…..bagaimana opini anda?

Semoga bermanfaat

Wassalamaualaikum

32 Comments

  1. lebih tepatnya UDAH di amputasi.
    sayangnya orang” yg di amputasi itu orang” yg mau dan bisa kerja. di ganti sama org” baru yg kurang pengalaman lapangan + datengin org dr jepang yg ga ngerti apa” tentang market indonesia buat ngelead di indo.
    duh curhat

  2. Lah loyalis atau pencinta Suzuki nya sendiri aja malah pada beli seken, keluar produk baru jarang yg beli malah miara terus yg lama, dah gitu servis jarang di Beres.. gimana mau dapet pemasukan coba? Ini dr sisi lain yah.. hehe..

  3. Ngenes nabis sijiki ini.. Baru mau brojolin mtr sport udh di bully sana sini..
    Udh biasa kali yak di kita yg lemah di bully yg beramplop di puji wkwkwkwk

  4. Tp secara dana apakah suzuki bs memenuhi keperluan marketing?…
    pasti team marketing kurang suport bila dana marketing trbatas…hrs bener2 krj keras team marketing di tengah lawan yg pny dana lbh besar…dan biasanya buat narik para calon konsumen biasa team marketing bnyk jor joran di dana promosi/even/iklan/sponsor/ambasadorbrand/sewa tempat/dll ..nah itulah secuil tantangan team marketing dgn dana minim dgn beban target besar..iso ora doyan mangan karo turu krn mumet mikir nya…semangat buat team SIS

  5. Saya sendiri pengguna suzuki, shogun 110 th1998 dan thunder250 th 1999, selain fast moving saya ngga pernah ganti slow moving part, keitung tuh kedua motor udah berapa belas tahun tp jeroan masih oem bawaan semua.
    Mungkin benar ada yang salah di tubuh suzuki, salah karena bikin motor kelewat awet dan desain yg katanya ngga kekinian.
    After sales? Jujur saya ngga pernah dikecewakan pihak dealer suzuki palembang, part thunder250 contohnya extra langka, tapi tiap kali order sesuai janji 2minggu kemudian part ready. Bayangkan motor 17tahun, tp semua part masih bisa diorder asal mau nunggu 2minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*