Ketika Moge BMW Ikutan Sesat Pakai HDEO

 

Yola dulur yang budiman….penggunaan oli diesel atau oli mobil di mesin sepeda motor di komunitas deka memang sudah umum, walaupun diluar komunitas masih dianggap aneh dan mengundang kontroversi. Makanya deka dan pengguna oli hdeo atau pcmo menyebut sebagai penganut aliran sesat, pengguna oli sesat. Namun rata-rata digunakan di motor dengan mesin kubikasi kecil. Nah kali ini ada moge yang mencoba sesat…nggak tanggung-tanggung, seekor BMW R1200Gs.

Sebenarnya ini juga bukan moge pertama yang ikutan mencicipi oli sesat hdeo. Dulu deka pernah membuat artikel galeri moge penikmat oli sesat, silahkan saja cek di artikel berikut

https://78deka.com/2016/02/18/beberapa-moge-yang-ikutan-sesat-memakai-oli-mobildiesel/


Namun masih saja ada yang mempertanyakan dan menantang untuk menerapkan di motor eropa. Kalau memang bisa digunakan di mesin motor, berani nggak nyobain di motor eropa yang berharga mahal? Nah, kebetulan deka dapat summoning dari rekan untuk mengangkat menjadi sebuah artikel. Ada seekor moge eropa, BMW R1200GS, motor berjenis adventure.

Dan pelakunya ternyata nggak asing bagi deka, doi sebenarnya juga sudah mencekoki moge jepang dengan oli sesat sebelumnya. Doi adalah bro yamasaki maxzy, yang dulu mencekoki seekor yamaha VMax. Dan kali ini motor bule jerman dengan sukses dicekoki 4 liter oli Mobil Delvac MX sae 15w-40.

Oli jenis HDEO tersebut bukanlah oli yang aneh bagi deka, karena pernah mencicipi di motor jupiter mx, sipiter. Rasanya mirip-mirip dengan fastron diesel. Makanya deka kemarin menjadikannya barang hibah bulanan bagi pembaca setia warung ini. Oli MDMX, singkatan dari mobil delvac mx memang bukan oli mahal, namun juga bukan oli murah, harganya menengah bagi deka, sekitar 75-85 ribu per liter bervariasi di tiap tempat.

Penggunaan oli mdmx kelihatannya  langkah downgrade dan pemelitan diri. Mosok motor moge eropa seharga ratusan juta olinya harga dibawah 100 ribu? Pakai oli diesel lagi….apa nggak keblinger? Apa nggak mampu beli oli resmi rekomendasi bmw yang seharga 280 ribu/liter ? Nggak juga…tapi emang udah hobby sesat, ya jelas ngga mau balik lagi ke jalan lurus, lha wong udah ngerasain nikmatnya, apalagi oli hdeo lebih mudah ditemukan daripada oli bawaan bmw.

Terus bagaimana rasa oli tersebut di sebuah moge bmw r1200gs bermesin boxer? Menurut bro yamasaki, rasanya hampir sama saja seperti oli bawaan bmw, bonus oper gigi lama lebih semuuut. Untuk performa sama saja, termasuk power output mesin boxer bmw r1200gs. 

Nah kini lengkap sudah koleksi motor pengguna oli sesat di dokumen warung ini. Mulai dari bebek, metik, motor sport, motor naked, mesin kubikasi 100 cc an, 250, sampai moge seperti ktm duke, v max, harley davidson, kawak er6n, sampai dengan bmw r1200gs. Jadi, kalok masih ada pihak yang ngajak debat, deka tinggal minta pelototin aja gambar-gambar di atas, males ngehadapin orang yang cuma ngajak debat. Tuduhan yang paling umum adalah : Penggunaan oli yang tidak direkomendasikan pabrik bisa bikin rusak mesin, dalam jangka waktu tertentu,  bisa dalam waktu dekat atau lama, bisa saja 35 tahun lagi baru ngerasain efek buruknya…. Weh… 35 tahun mah emang udah wayahnya ada yang rusak juga kelesssss. 😀 :X .

Semoga sesat…bermanfaat

Wassalamualaikum

5 Komentar

Filed under Aliran sesat HDEO PCMO

5 responses to “Ketika Moge BMW Ikutan Sesat Pakai HDEO

  1. Yola, dui yui pake penzoil sisa mobil buat RX-jambret. Nggak pernah ada gejala slip kopling dan rasanya sama kayak pakai oli motor biasa.

    • cecep rusdi

      Wogh, harusnya selip kopling tuh.. Soalnya tidak dilengkapi aditif anti selip kopling :p
      Dalam waktu 35 tahun akan mengalami kerusakan motor kita..
      :p

  2. goezman

    kuisnya di close mas xixixixi..

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s