(Opini) GSX250R “Tiongkok” Layak Dibawa Suzuki?

screenshot gixxer250

Yola dulur yang budiman….menghangatkan kembali rumor motor seperempat liter suzuki, gsx250r yang gambar terduganya beredar kemaren. Pertanyaan paling mendasar dari rumor tersebut adalah layakkah suzuki membawa motor tersebut ke sini?

Well…sejatinya sih luwegh-luwegh saja suzuki mo bawa ntu motor ato kagak. Serah-serah suzuki aja mo jualan motor ntu, toh motor suzuki dewek, kok mau jualan barange dewek aja pada nyinyir. Ya…memang seperti itu, tapi disini nggak cuman jualan kek di luar negeri. Disini brand image berposisi sangat krusial, penting untuk membangun pasar.

Bahkan hal yang ngga ada hubungan langsung bisa mempengaruhi brand image. Pokoke selama masih 1 merk, jenis motor apapun bisa pengaruhi motor jenis lainnya…yang kena dampak adalah brand, bukan jenis motornya.

Seperti halnya kasus diatas, gsx250r ini rumornya sudah terendus setahun yang lalu, bahkan penampakan motor warna birunya sudah ada, nggak perlu lagi kita diyakinkan dengan gambar model abu-abu. Kita tahu kalok selama ini ada jenis “gsxr 250” dengan spek mesin agak nyleneh, kalok nggak mesin 250 sohc nya upgrade mesin gixxer 150, ya mesin 2 silinder sohc inazuma.

screenshot_gixxer250

Pertanyaannya itu motor terdeteksi di tiongkok, china. Pertanyaan selanjutnya, apakah motor ini akan dijadikan produk global atau khusus negara tertentu? Mengerucut lagi, apakah motor ini akan masuk ke Indonesia? Ini baru pertanyaan yang lebih spesifik.

Kembali lagi, sakjane, sebenarnya ya serah-serah suzuki mo jual ato kagak. Cuman sebagai penggemar motor, deka mo ngasih pertimbangan lagi ke suzuki. Ingat, standar kelas 250 cc disini sekarang sudah tinggi. Performa oriented, dual silinder, dan desain keren. Jangankan kelas 250, kelas sport/naked 150 saja standarnya ketat. Masih ingat kasus gixxer150 india?

Awalnya suzuki mau memasukkan motor ini dimarih, namun uji skrinning awal menunjukkan penolakan baik performa motor, atau bodi yang perlu penyesuaian…. Ini 150 cc…..belum kelas 250. Nah berkaca dari kasus ini, masihkan suzuki mempertimbangkan Gsx250r dengan spek mesin lnazuma untuk senjata jualan di marih ?

Hell yeah…. boleh-boleh aja suzuki mencari celah blue ocean, ceruk unik kelas 250 cc dengan menyajikan taste berkendara yang unik di motor ini. Tapi ada simple question disini? Emang elu punya modal tebel??  Semua perlu waktu lho, merintis pasar itu lama dan butuh biaya. Lha proyek kelas 150 aja belum kelar-kelar kok pecicilan ke ceruk pasar yang sempit…kecuali suzuki membekali gsx250r dengan performa yang mewakili klan gixxer, gsxr…ya monggo silahkan duel di kelas 250.

Boleh-boleh saja kaum lambe jaran mengatakan sangat layak, sangat bagus, ada celah pasar, pasti laku…. Namun saat elu gali kubur dan dipakai sendiri nantinya, mereka paling yang nyengir, meringkik duluan. Lha kalok duidmu kebuang sia-sia, terus manajemen amburadul kesulitan modal, gimana nasib konsumen loyalismu? Mau lu tinggal minggat balik ke jepang?

Salam bodo amat

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

11 Komentar

  1. Jelas tidak layak…!
    Kelas 250cc fairing itu panas.. Consumenya jga jeli lihat fitur yg di tawarkan
    Dsain fitur perporma wajib ada di 250cc..
    Lha ini gixxer berbasis inazuma pa yg mau di tawarin?
    Sasis? engine sohc plek inazuma?
    Suspensi teleskopik? Swing arm kotak? Power memble?
    Klo mau sukses ya bikin produk yg oke lah.. Kasih yg lebih dri kompetitor…
    gila lu sis klo nekad bawa tuh gixxer inazuma..
    Gak ngaca sma cbr250 jomblo lu ya?
    Ga ngaca sma inazuma lu ya?
    Laku sih laku tpi bsa terserap berapa unit /bln?
    Mending skrng fokus ke gsx150 aja dlu ksh dsain keren fitur perporma harga masuk akal..
    Mna janji elu sis 6bln setelah rilis satria fi..?
    Ada gak nih internal sis yg bca blog ini?
    Payah bgt sih elu sis jdi pabrikan japan!

Silahkan Beropini