Mempertanyakan KTM Buatan India Itu Sama Saja Mempertanyakan Motor Honda

Yola dulur yang budiman…. dari booming ledakan bom rakitan bajaj-ktm yang otomatis memangkas bandrol si kuda binal duke serta rc seriesnya ktm, banyak deka temui pertanyaan kualitas si ktm yang buatan india. Hehehe…mereka lupa, kalok motor yang super duper laris, honda itu punya kasus yang mirip-mirip ama si ktm ntuh.

Sebelumnya, deka akan bicara sejarah ktm dulu kenapa kok intim sekali sama bajaj…india. Awalnya tentu soal bisnis…duid….. Ktm memang salah satu pabrikan motor austria yang establish di bagian negara ngeropah atau amrik. Tapi tahu sendiri, seberapa besar sih penjualan di 2 benua tersebut? Ngga ada seberapanya dibandingkan potensi pasar di negara-negara asia. Sedangkan karakter pasar negara asia, khususnya bagian timur itu pelit soal harga. Otomatis keuntungan ktm dari penjualan mereka jelas dibawahnya pabrikan yang bermain di pasar asia timur.

Di lain sisi, di sebuah negara dewa-dewa, india ada pabrikan motor bermodal kuat karena milik bumn-nya negara nehi-nehi yang sedang haus spreading pasar, namun lack of technologi. Mungkin saat nyari kayu bakar di kebon, si bajaj ini tak sengaja ketemu ama ktm. Setelah sepik-sepik, deal lah sebuah ikatan kuat dengan cara bajaj menyuntikkan dana ke ktm, dalam bentuk saham, nyaris imbang karena diatas 40% saham ktm.

Jelas ikatan ini adalah ikatan komersil, bajaj butuh transfer tehnologi dan desain, ktm butuh dana. Dengan  dibukanya kerjasama ini, ktm melihat potensi pasar motor asia begitu menggiurkan, terutama india. Namun pasar yang laris adalah pasar motor kubikasi kecil, under 500 cc, bahkan under 300 cc. Dan di pasar ini, ktm harus bermain di kuantitas produk yang harus massal. Jika dikerjakan di negara musik, austria jelas tidak memungkinkan, resource mereka tak kan mampu, selain itu gaji pegawai sangat mahal.

Dengan bajaj lah pintu itu terbuka lebar, upah buruh di India sangat murah ( lebih murah dibandingkan di sini ). Secara infrastruktur, bajaj juga sudah sanggup untuk memproduksi motor. Inilah yang dimanfaatkan oleh ktm, biaya murah, produksi massal, otomatis bisa menyasar pasar asia dengan motor cc kecil.

ktm duke 200
ktm duke 200

Itulah cerita kenapa motor ktm cc kecil seperti duke 200, rc series bisa diproduksi di india oleh bajaj. Apakah itu akan mempengaruhi kualitas ktm yang punya brand eropa? Efek jelas ada,  bagaimanapun kelas bajaj dengan ktm sangat timpang. Namun mari kita pertimbangkan kembali secara pelan-pelan. Jangan asal grubyak-grubyuk nuduh bajaj-ktm yang bakalan di ckd in dimarih itu sudah kualitas abal-abal, wala-wala ala india.

Kita ini sudah sangat kenyang, intim sekali dengan motor honda. Generasi apapun akan kenal motor dengan merk honda….motor jepang… Tapi apakah beat, vario, cb150, scoopy, cbr150r itu buatan honda jepang? Big shit No… itu buatan lokal Indonesia…..dan malahan bukan produksi honda…. Itu produksi ASTRA. Memang semua disupervisi oleh honda……

KTM RC 200
KTM RC 200

Nah, kasus di atas sama plek ama kasus bajaj-ktm ini….. Motor Ktm yang dibuat oleh bajaj…. Persis ama motor honda yang dibuat oleh astra. Apakah honda mau kualitas namanya diancurin oleh astra? Jawabannya juga idem oleh ktm… Jadi walaupun motor diproduksi oleh bajaj, tapi desain, tehnologi, serta supervisi tetap diawasi oleh ktm autria  sendiri. Apalagi image ktm sebagai motor kelas premium… Najis tralala kalok sekelas ktm melupakan kualitas yang menurunkan kredibilitas brand image ktm.

So… Info kalok bajaj ktm akan membuat pabrik di marih, itu adalah berita bagus bagi kita,karena publik motor bisa icip-icip merk ktm dengan harga lebih terjangkau. Dan itu jelas akan menaikkan tingkat kompetisi next level motor-motor jepang….. Brand image ngeropah cuuuyyyy. Dan bagi investor lokal, siap-siap saja mengajukan diri untuk menjadi salah satu diler tiap-tiap daerah…

Kate siapa bang???? Ya KTM dong aaahhhh…

Semoga ahhh….eh bermanfaat

Wassalamualaikum

20 Komentar

  1. agak beda posisinya mas…
    bajaj punya saham KTM 40% lebih,
    di sini AHM sahamnya dimiliki Honda Motor…
    jadi bajaj bisa mengendalikan KTM sementara AHM dikendalikan Honda Motor…
    walopun sy jg tidak yakin bajaj akan main2 dengan kualitas KTM yg dijual di sini..
    yg penting jangan cuma ketipu harga murah, liat aftersales juga..

      • saham ahm: 50% astra , 50% Honda Motor (googling aja) …
        jadi posisinya kebalik antara bajaj-KTM dgn Honda-ahm…logikanya jelas bajaj punya power thd KTM, dan Honda thd ahm…jadi wajar klo konsumen ragu sma ini KTM..yg ngendaliin bajaj (walopun cm 40% sekian share nya).

  2. Wah saya jdi fba(astra) nih, udah bisa bikin mobil, motor, truk…. tempelin merk2 terkenal mcem honda, toyota, isuzu, daihatsu, semua astra punya..
    Om kudo hrusny tau sejarah astra, trus dijual ama siapa, knp dijual….big shit astra group dijual mbokke dulu krna bangkrut, yg bnar buat dijadiin money laundry koruptor kelas kakap sama dana blbi…
    Indosat aj dijual, aplgi astra…
    Jardine tu perusahaan dr mn? Dari negara pencuci uang kan???? Trus pemilik org skotland? Skotland tu ngeri moyangnya, asline yo org indo, mnetap di singeporel…
    Alangkah indahnya hidup dinegara munafik endonesiah

  3. di kibulin india he he he.. KTM asli austria itu harganya ratusan juta. walau dirakit di india, sparepart dan QC standart austria, KTM seharga belasan juta itu produk BAJAJ yang sebelumnya ga laku di jual di indonesia. sebelumnya BAJAJ india menipu konsumen indonesia seolah olah mereka jual merk KAWASAKI asli. sekarang mereka datang lagi dengan gaya yang sama menjual BAJAJ INDIA dengan dalih ini produk KTM AUSTRIA. silahkan cek di Dealer resmi KTM Asli(harga motornya bisa ratusan juta), mereka tidak mau menjual KTM abal abal bikinan BAJAJ india! untuk penjualan KTM palsu (BAJAJ di kasih merk KTM) produsen BAJAJ terpaksa bikin Dealer baru (ketahuan dari barang displaynya yang berharga belasan juta rupiah, atau paling mahal puluhan juta pet unit).

    • Eh Otong
      Yg nempelin tulisan kawansakit itu ya mereka sendiri bukan bajaj ….. Kalo mau ngomong cek dulu benernya biar ga keliatan dungunya
      Malahan di beberapa daerah si kawansakit itu menghilangkan merek bajajnya agar orang orang awam dimana bisa di tipu seolah itu punya kawansakit ori.

  4. bajaj cuma butuh lebel KTM, soal tehnologi ya ga bisa bohong, barang ratusan juta (KTM asli) sama KTM palsu (bajaj dikasih merk KTM) seharga belasan juta rupiah. beda kasus dengan astra, astra itu pabrik perakitan motor, bukan merk motor !, mereka bikin motor sesuai pesanan dan hasil riset honda motor. jangan di sama ratakan !

  5. yang saya lihat di nomor rangka KTM milik Penta, diawali huruf VB, yang artinya motor tersebut lahir di Austria (VA-VE) sementara kalau lahir di India kode rangka nya jadi MA-ME.
    apa mungkin rangkanya aja dibikin di Austria? nggak juga, lihat kasus Megelli Minerva yang di rakit total di Indonesia sementara semua parts nya diambil dari Cina tidak menjadikan rangkanya ber kode LA-L0 tapi malah kodenya MH yang merupakan kode produksi Indonesia.

Silahkan Beropini