Belah Mesin Udah Biasa, Ini Bedah Shockbreaker

Yola dulur yang budiman…..kalok kita melihat presentasi tentang daleman sebuah motor, yang mengupas tehnologi apa yang dipakai maka kita akan disajikan sebuah motor yang dibelah mesinnya. Tujuannya agar kita melihat secara langsung daleman mesin tersebut. Dan umunya bagian mesin lah yang dibelah, karena bagian itulah yang me jafi rasa penasaran terdalam kita. Namun kali ini, selain mesin yang dibelah, yamaha juga membuka rahasia daleman suspensi upside down motor xabre mereka.

Jarang-jarang deka melihat belahan dada suspensi sebuah motor, maklum karena deka agak kudet. Yamaha melakukan hal tersebut ( memeperlihatkan daleman suspensi ) tentu punya maksud dan tujuan. Untuk mesin xabre sendiri, sudah bukan hal aneh lagi bagi kita. Gimana tidak? Lha wong mesin plek emplek sama ama mesin vixion atau R15 kok, mesin buatan minarelli 150 cc overstroke.

Yang menjadi mainan baru di xabre ini tentu saja suspensi depan yang sudah memakai aliran upside down. Sebuah pergerakan baru pabrikan jepang soal suspensi depan menggunakan model USD diluar motor super mereka, dan xabre sebagai motor pertamanya ( abaikan motor china ). Yamaha menonjolkan suspensi depan xabre yang gagah perkosa sebagai daya tarik jualan motor ini.

cylcomic.jpg

Di sisi lain, sudah bukan rahasia umum kalok publik motor 150cc agak penasaran dengan kualitas suspensi depan motor yamaha yang “dikabarkan” rapuh. Setiap ada postingan kecelakaan motor yamaha, ditunjukkan suspensi depannya prothol. Digaungkan kalok suspensi e pan vixion rapuh gampang patah, walaupun secara kasat mata punya diameter tube lebih gede dibandingkan kompetitornya.

Seringnya postingan suspensi depan prothol, ambyar  isa jadi akan mengurangi rasa percaya publik terhadap kualitas barang yamaha. Ukuran suspensi depan yang lebih gedhe ngga menjamin lebih kuat…menurut mereka. Percumah gede, tapi letoy…dihinggapi nyamuk aja prothol. Kalok nangqni suspensi teleskopik yang umum saja banyak yang prothol, gimana dengan suspensi upside down? Jangan-jangan cuma suspensi lipstik doang? Bagus bentuknya, tapi sekali cipok langsung luntur?

 

Pertanyaan-pertanyaan negatif tersebut bisa jadi akan terjawab jika melihat gambar-gambar belahan suspensi depan xabre berikut ini. Gambar bicara lebih lantang dibandingkan kabar katanya-katanya. Memang deka bukanlah expert soal alat mentul-mentul tersebut. Namun melihat gambaran suspensi depan xabre ini, deka kok percaya kalok suspensi ini sudah layak sebagai suspensi standard motor produksi. Berbeda dengan dengan suspensi USD yang deka temui di motor-motor china dengan harga miring. Tampilan sih oke banget, moge look, tapi saat dirasakan saat berkendara, jauh enakan suspensi teleskopik motor jepang.

Rasa curiga ketebalan dinding tabung suspensi xabre tipis dijawab oleh sang gambar. Menurut deka cukup tebal dindingnya.

xabrefrontviewic.jpg

UUntuk konstruksi spring, valve, etc, deka kurang paham entah apa itu, namun melihat gambar-gambar diatas kok percaya kalok suspensi depan xabre emanng layak dipakai. Yang deka anggap nggak kayak itu cuman bandrolnya…. Coba under 30 jeti, bakalan sering dah liat xabre kelayaban di jalanan. Yah…misalnya under 27 jetong kituh…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Kedepannyajangan kemahaln

12 Komentar

  1. Untuk mtr 150cc 3o 31jt emang kemahalan.. .
    Klo sya niat beli mending r15 nya sekalian nambah 2jt
    Tpi msh nunggu gsx nya suzuki
    Mudah”han ga melengceng dri gsx series dsainya

  2. Harga USD 5jt untuk mtr produksi massal, rasanya cukup layak.. Tinggal wait & see az testimoni dari user2 xabre apakah msh bagus & mantaf ketika menginjak usia 2-3tahun… 🙂

Silahkan Beropini