Suara Pembaca : Ngareunah Dengan Fastron Techno Hijau Di Satria FU

email agus

Yola dulur yang budiman…. deka mendapatkan e-mail dari salah satu dulur pengunjung warung. Isinya seperti biasa silaturahmi dan ada sekelumit cerita tentang pengalaman menggunakan oli mobil fastron techno 10-40 atau fastron techno hijau, pft, fastron rasa melon, fastron pandan. Dari penulisannya begitu ngareunah pisan ( bahasa sunda yang berarti enak bener) . Mungkin karena ungkapannya tulus dari perasaan, jadi tulisannya menjadi enak diikuti.

Ceritanya bro Wildan Agung asal pandeglang banten ini penganut aliran sesat oli mobil atau diesel dipakai di motor karena iseng dan coba-coba. Kuda besi kesayangannya berupa seekor satria FU yang masih mengandalkan karburator. Sebelumnya deka ucapkan terimakasih sedalam-dalamnya bagi bro Wildan Agus yang sudah membagi karya tulisnya untuk deka. Tidak perlu panjang lebar, silahkan nikmati tulisan bro agus yang mengalir dan mengasyikkan.

Wah ternyata email saya sudah dibalas, terimakasih sudah sempat balas email dari saya mas, saya baru sempet selancar lagi nih dibalik kesibukan sebagai mahluk sosial pencari dunia & akherat, lihat artikel mas tentang oli sesat di motor kebetulan saya juga sudah lama sesat sudah dari 6 tahun yg lalu hehe.

Ceritanya kebaptis mekanik bengkel roda 4 langganan, waktu itu kendaraan operasional almarhum bokap dirawat inap saya tengokin tiap hari pake satria fu 2005 kesayangan tunggangan harian, pernah disatu kesempatan saya mau ganti oli motor & belum sempet beli oli nya (karna kebiasaan saya oprek ringan dikerjain sendiri) saya malah ditawarin oli sisa mobil & kalo gak salah sih brarti bener πŸ˜€ oli nya itu si hulk alias pft tau deh sisa mobil apaan pokoknya nyisain 1 liter.

Singkat kata walau sempet debat panjang sama si mekanik dituang lah itu si lendir kuning ke perut si ikiw julukan kesayangan saya buat si safu 150. Difikir lumayan juga sih daripada beli…. hehe. Pas coba testride ajegile tarikan enteng minim getaran tari kopling overgigi juga lumayan empuk apalagi netralin gear.

Biarpun pcmo, saya gak tau soal kandungan itu oli yg penting tarikan maknyus minim panas berlebih yg membakar hati eh salah kamsudnya membara di sanubari ealah salah lagi pokoke overheat jeh & akhirya saya berinisiatif beliin 2bungkus udud beserta 1 gelas kopi aja deh buat si mekanik,Β  kalo kata orang sunda mah “ubar pamali”.

Besoknya mobil beres saya bawa temen ke bengkel biar doi yg bawa mobil saya yg bawa motor saking nikmatnya itu motor jadi ketagihan padahal umurnya udah 5 tahun belum pernah ganti kamkop cuman sekedar fastmoving ala kadarnya kayak kanvas rem, busi, gearset, airfilter, oilfilter etc.. “note” mesin motor keadaan standar aurakasih (karena tinting sudah terlalu mainstream) πŸ˜€

Sebelum2nya pakai pertamini enduro resing2an enaknya cuman 1-2 mingguan doang. Setelahnya entahlah sulit diterjemahkan, pake pft itu hampir 2bulan baru saya ganti & lancrot pake pft lagi hihihi sampai pada klimaksnya th 2014 si ikiw dilego karena usia sudah tidak menunjang seringnya sakit pinggang + keluhan diarea sekitar bahu & lengan.

Sekarang ini saya pakai yamaha soul gt dari bau dealer udah dicekokin racun sianida rasa pandan alias pft tapi kadang diselang-seling sama msx juga sih, jalan 25rb km masih joz gandoz kotozkotoz kayak baru terus, ganti oli tiap 2 bulan / 3rb km. Bbm pake pertamax 92 malah jadi boros sekitar 35-40kpl karena eh karena di daerah macem tempat tinggal saya ini jalanan ga macet2 amat yg ada treknya naik turun faktor geografis jadi seringnya sih betot2 gas saking nikmatnya itu si hulk ah makin sesat deh jadinya hehe.

Sekian ulasan dan testimoni dari saya mohon maaf kalau ada bahasa yg kurang sopan & brantakan.

wassalamualaikum wr. wb.

19 Comments

  1. Efek penggunaan jangka panjang nya gmna di kompenen engine?
    Mksudnya jangka panjang bkn 1-2thn tpi puluhan thn… Soal nya ane pnya motor mau ane pke smpe ahir hayat ane.. .
    Klo motor buat di jual lgi mah itu pasti fbh harga jual kembali tinggi katanya hahaha

  2. kapokmu kapan leeee?
    ane coba sesat pertama kali pake MSX september 2015 di motor supra 125 2006 yg km nya udah 75ribuan
    kemudian lanjut PFD, MSX diskonan kerfur, trus sesat lagi nyampur sisa pft ijo 200ml +600 ml pft ungu ngohahahaha
    kemaren udah beli total hi perf ama quartz 9000 diskonan kerfur juga. pengen ganti tapi masih enak olinya

  3. Awas rusak loh pakai oli pcmo. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan, tunggu aja 30 tahun lagi deh..

    *sambil ngelirik motor turun mesin inepan dealer padahal oli standar

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*