Konstelasi Kelas 250 cc Setelah Keberadaan New CBR250RR

Yola dulur yang budiman…. setelah kemunculan new cbr250rr dengan segudang fiturnya, jelas akan merubah peta konstelasi pasar 250cc. Sekarang 3 dari 4 big major sudah mempunyai senjata di kelas faring 250cc. Untuk sementara suzie deka kesampingkan karena baru punya inazuma, yang walaupun 250 cc, tapi model naked turing dan bukan motor sport. ( sayup-sayup denger ada yang bilang dengan suara pelan….. apalagi mesinnya sohc……. ) 😄 .

cbr250rr merah

Kita akan ngobrol khusus kelas 250 cc full fairing twin silinder, karena jika masukkan semua bakalan panjang, secara ada sl250 mono, zed250, mt25, benelli, etc. Secara umum yang bakalan dominan di kelas 250 cc adalah kawak ninja 250, cbr250rr, dan yamaha r25. Sedangkan motor 250 cc lain hanya menjadi bunga rampai kelas ini.

Kelas 250 cc yang memang pasarnya sempit akan tambah sesak dengan keberadaan new cbr250rr. Sebuah kejutan besar jika pasar 250cc akan berkembang membesar dengan keberadaan cbr250rr. Secara umum pasar 250 cc yang berada di ukuran 4000an unit perbulan, atau jika ada booming katakanlah 5000 unit perbulan. Apakah dengan adanya new cbr250rr pasar akan melebar, katakanlah diatas 6000 unit per bulan? kalok nggak ada kenaikan penghasilan warga kok sulit untuk jangka waktu dekat ini.

ninja 250 SE 2015

ninja 250 SE 2015

Yang akan terjadi adalah koreksi antar merk diatas, pasar ninja 250 akan terkoreksi, pun demikian dengan R25. Kue yang awalnya dibagi 2 oleh kawak dan yamaha, kini akan kembali dibagi 3 dengan keberadaan honda. Kelas biru yang awalnya dinikmati oleh geng hijau, menjadi merah beradarah-darah. Apalagi kita tahu bagaimana sepak terjang ahm dalam strategi penjualan, dukungan perusahaan finance begitu kuat.

Kalau kawasaki sendiri menurut deka masih tergolong aman, minimal dalam hal simpanan senjata. Mereka masih menyimpan 1 desain baru ninja 250 fi 2 silinder. Kita belum menyentuh ninja 250 4 silinder inline ya….. Ingat, pasar tidak akan statis karena pemainnya lebih dari 1. Kawasaki diam-diam sudah mempersiapkan hal itu, karena eksistensi di kelas 250 cc mereka anggap cukup strategis.

new ninja 250 ( watermarknya udah menunjukkan asal gambar :D )

new ninja 250 ( watermarknya udah menunjukkan asal gambar 😀 )

Dengan new ninja 250 cc 2 silinder saja bisa mengoreksi rencana awal berapa jatah yang akan diambil oleh ahm dengan cbr250rr. Memang cbr punya kekuatan baru dengan segudang fitur barunya, yang belum ada di kelas ini. Namun nama besar ninja jelas perlu effort lebih dari ahm, dan selisih katakanlah 5-7 juta dari bandrol, tentu tidak semudah itu cbr menggoyang ninja, apalagi jika new ninja 250 fi ditamnahin fitur-fitur serupa. Tinggal nunggu waktu ninja 250fi pasar turun, maka kawak akan mengeluarkan gossip new ninja 250 fi.

Belum lagi jika kawasaki ngegoss  ninja 250 4 inline cilindernya, buat mengapit atas bawah cbr250rr. Jelas keuntungan ada di pihak kawasaki. Syaratnya, si 4 inline dipasang di angka kepala 80an, atau maksimal selisih 15 juta dari cbr250rr. Jelas ini akan membuat pasar yang sempit ini semakin pengap dan bikin pusing. Kecuali jika kawasaki ingin membunuh ninja 250 twin silindernya dan merubahnya menjadi 4 silinder.

Yamaha-r25

Yamaha-r25

Namun sebenarnya dari ke-3 pabrikan tersebut, yang paling pusing adalah yamaha, kita bicara pasar nasional bukan eksport. Eksistensinya saja belum bisa menyaingi si tua ninja, kini udah muncul cbr250 rr yang secara desain lebih fresh, sama-sama sporty, plus segudang fitur. ( deka suka dengan rangka cbr daripada r25 secara visual) Jelas pasar akan semakin menyusut buat R25. Terlepas dari motor mana yang lebih baik. Sebenarnya ini kesalahan yamaha yang membuat R25 tidak punya faktor differensiasi yang mencolok dibandingkan ninja. Berbeda dengan cbr yang melakukan lompatan yang signifikan. Mau tidak mau yamaha harus merombak total r25, jika ingin survive. Tentu perlu biaya dan waktu lagi.

Bagaimana dengan suzuki dengan proyek gsx250rr nya? Wes to…… jangan muluk-muluk dan buang-buang uang, waktu, energi di pasar yang sempit ini. Fokus aja di kelas yang lebih lebar, gsxr150 dulu, kalok udah merasa berhasil di kelas massive, baru deh garap kelas 250 cc…. dan itupun kayanya masih agak lama. Kecuali mau membuat basis produksi gsxr250 cc untuk pasar global di marih….bolehlah…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

16 Komentar

Filed under honda, kawasaki, opini, suzuki, yamaha

16 responses to “Konstelasi Kelas 250 cc Setelah Keberadaan New CBR250RR

  1. permanatriaz

    Konsumen dikelas ini luar biasa cerdasnya 😀

    Kemungkinan yang mereka bandingkan enggak hanya diproductnya saja. Tapi juga soal harga motor itu sendiri, place (dealer relation), dan aktivitas promosi. Hehehe..
    IMHO
    🙂

  2. ini motor cbr250rr powernya berapaan ya om? katanya redline ada di 14ribu imbang2 sama r25nya, sedikit lbh tinggi sih, jd kira2 powernya berapa ya om?
    sampenya 40ps?

  3. apakah para kompetitor kojel2??
    #bodoamat #oratuku #sikpenakbebek #userbebek

  4. Jamal

    bener bener ape si R25….baru aja nge RECALL udah dihajar CBR, ape gak kliyengan tuh YIMM ?

    • efek recall nggak akan separah sekarang ini jk golongan yg berkepentingan tdk ambigu dalam kampanye tersebut. tapi realitanya emang jontor yamaha…. makanya yamaha bener2 kapok ama yg ambigu tersebut

      • mungkin salah di yimmnya sendiri gak mempersiapkan r25 dengan lbh baik, kalo aja r25 di buat diatas ninja waktu itu, gak cuman dari segi power, tp juga fitur fiturnya, pasti keadaan r25 gak seapaes ini. jgn cuma fokus ke ninja doang, tp yimm harus inget juga kalo langkah yg yimm ambil itu semacam katalis bagi ahm dan gerakkannya cepat bener, nah hasilnya begini lah, berharap bisa kudeta si raja 250 tp hasilnya gagal, eh malah sekarang ada saingan baru yg bakal coba kudeta si raja 250, emang tujuan bukan r25 tp pasti r25 kena imbas juga, mau di update masih baru, gak di update ya gini, buah simalakama,
        males belajar dari kesalahan yimm ni, sembrono, strategi produknya buruk, gak bisa menerka gerakan pabrikan lain kedepannya atau gimana gak tau deh,

        cuma ini satu hal yg wajib yimm inget,
        yimm itu katalisnya ahm, kalok yimm bergerak, siap2 yimm bergerak, jd gak bole setengah2

  5. B lmp

    Setelah artikel recall ber tubi”

    Skrng giliran artikel all ne ceber250cc bert tubi”
    Wes pokoke brodol brongose eddyaannn cak.!
    bloger kondang cak haha

  6. Tetap pilih r25 gak pasaran…power lumayan…handling gk usah dibahas…cbr yg beli fbh sejati bukan fbh karbitan yg bisanya koar koar tapi motornya ttp mbit kredit 5tahun…

  7. The Fall of 93

    Kalo diamat-amati dari samping, nih CBR juga kopong kayak yg 150?
    Apa ga salah liat gw?

  8. Ardi

    Untuk para kompetitor ada baiknya segera garap pasar naked bike 250cc dengan lebih jeli dan serius… dari kebanyakan produknya, pasar naked bike ini design dan spec mesinnya hanya turunan dari versi full fairingnya kecuali Inazuma tentunya… hehehe… Butuh design dan spec mesin yang murni lebih “naked” lah intinya… Hehehehe

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s