Parking Brake Lock (PBL) Honda Dan Yamaha, Mana Yang Nyaman ?

wp-1468207109968.jpg
Pbl vario techno

Yola dulur yang budiman…bicara soal parking brake lock atau pbl di motor metik, honda lah yang memulai dengan memasangnya di jajaran metik mereka. Yamaha yang memulai trend metik menjadi motor yang digemari publik justru baru memasangnya akhir-akhir ini, dimulai dari mio j beberapa tahun lalu. Nah diantara 2 pabrikan metik terlaris tersebut, mana yang paling nyaman pemakaian pbl-nya?

Parking brake lock dimata deka memang bermanfaat di momen-momen tertentu, seperti lebih aman saat parkir, mengurangi resiko motor nylonong saat permukaan parkir agak menurun, serta menstater motor lebih aman dan nyaman tanpa menekan rem. Kita juga bs tetap duduk di atas motor tanpa menekan rem saat momen- momen tertentu.

Cara kerjanya sebenarnya cukup simple, yaitu mengganjal tuas rem agar tidak kembali ke posisi off. Sebuah kait pengunci diletakkan di pangkal tuas rem, saat ditekan, maka tuas rem akan terkunci di posisi mengerem. Karena berhubungan dengan paten, maka tiap pabrikan harus memiliki desain yang berbeda, walaupun basis kerjanya sama.

wp-1468207103297.jpg

Honda memulai dengan sistem jenis tuas yang ditekan menggunakan jari telunjuk ke arah belakang setelah tuas rem ditekan di metik-metik awal mereka, serta di honda beat sampai sekarang. Namun di honda vario techno yang deka miliki, dirubah menjadi sejenis tuas kecil bentuk pipa yang cara tekannya ke atas dan bawah. Untuk menguncinya tuas ditekan ke atas. Sedangkan pbl metik-metik yamaha berbentuk tombol silinder di pangkal tuas rem. Cara kerjanya saat rem ditekan, tombol ditekan kebawah, dan rem langsung mengunci.

Dari tiga contoh pbl tersebut, menurut deka yang paling tidak efektif adalah milik vario techno. Bentuknya yang tuas pipa kecil dan cara kerjanya ditekan ke atas, membuat rasa tidak nyaman di jari. Bahkan sering kesulitan menggunakan satu tangan, harus dibantu dengan tangan kanan.

Sedangkan pbl di honda beat, deka masih cukup nyaman menggunakan jari telunjuk tangan kiri. Desain tuasnya masih bisa terjangkau dan sangat minim kegagalan oparesionalnya. Bentuk tuas yang seperti daun cukup nyaman saat digunakan.

Pbl yamaha
Pbl yamaha

Parking brake lock metik yamaha yang berbentuk tombol menurut deka sangat manis secara desain. Bentuknya yang mungil juga tidak mengganggu pemandangan secara visual. Bahkan sekilas tidak nampak, desainer yamaha cukup pandai soal desain seperti ini. Pengoperasioanalannya juga cukup simple, tinggal ditekan menggunakan jari ke bawah sambil menekan rem. Jika tombol masuk dudukan pengunci, tinggal lepas tuas rem, dan rem otomatis mengunci.

Untuk komparasi pbl metik yamaha dengan honda beat sebenarnya cukup berimbang soal efektifitas dan kenyamanan operasionalnya. Namun metik yamaha punya desain yang lebih cantik karena sekilas tidak nampak dan tuas rem seperti tidak ada pblnya. Bentuk tombol lebih enak diliat daripada tuas. Sedangkan pbl milik vario techno membuat deka kencibirkan mulut…. Ngga nyaman saat dioperasionalkan.

Ini adalah perbandingan ala deka, rasa nyaman menurut deka tentu berbeda dengan dulur sekalian. Nah menurut dulur sekalian, pbl motor mana yang nyaman?

Semoga bermanfaat

Wassalamaualaikum

9 Komentar

  1. yup,bagi saya nyaman yg punya yamaha, sedang honda (cbs) sungguh merepotkan. mungkin kalo yamaha sdh punya semacam cbs honda, mgkn agak ribet juga.

  2. Pernah coba di old vartek 125… Sumpeh, kagak enak.. pd satu momen berhenti di jln menanjak, berkali2 dicoba ga nyantol, akhirnya hrs pake 2 tangan… 🙁
    Klo di Mio GT ane jls gampang banget, tinggal tekan rem & “klik” dah nyantol… 🙂

  3. untuk matik honhon cbs keluaran terbaru, cara pengoperasiannya tinggal ditarik kebelakang tuas kecilnya. kelihatannya revisi dari pbl vartech yang memang ribet pengoperasiannya. lebih memudahkan pengguna.

Silahkan Beropini