10 Inovasi Top Dunia Motor Dalam 3 Dekade Ini

Kawasaki-Ninja-250cc-Fuel-Injection-kit

Yola dulur yang budiman…. bicara perkembangan tehnologi motor, atau tetek bengek yang berhubungan dengan dunia motor dalam 1 dekade ini, maka akan banyak ragam yang tercipta. Portal motorcycle.com telah mengkompressnya hanya menjadi 10 inovasi paling berpengaruh selama 10 tahun ini. Berikut ini 10 inovasi dunia motor tersebut, dan deka menyadurnya dengan bahasa dan versi deka sendiri.

Kawasaki-Ninja-250cc-Fuel-Injection-kit

  • Sistem Fuel Injection

Fuel injection mungkin sudah diterapkan jauh dari 1 dekade, ini, dekade 80an sudah ada yang menerapkannya. Namun pengembangan sistem FI di motor dalam 10 tahun inilah yang bisa diterapkan secara masal, baik efisiensi maupun kadar emisi yang aman. Selamat tinggal karburator mampet, kotor, setel karburator.

  • Helm-Helm Yang Benar-Benar Bagus

Perkembangan helm baik tehnologi, fitur, desain helm saat ini mengesankan. Selain faktor keamanan jauh meningkat, faktor style juga makin keren. Kalau dulu memakai helm hanya dipandang dari unsur safety, sekarang sudah merambah ke fashion….safety and good looking.

marquez-crash-rossi-win-_argentina

  • Traction Control

TC telah merevolusi balapan motor ( juga mempermudah balap ), tapi untuk motor publik, ini juga merevolusi kenyamanan berkendara. Semakin besarnya power motor, tidak semua tangan kanannya seperti Valentino Rossi yang ahli memuntir gas tanpa TC. Di lain sisi kita sebagai rider non profesional juga ingin merasakan motor dengan performa super. Disinilah TC membuat kita berpeluang menaiki motor “ganas” dengan cara lebih aman.

abs

  • Rem ABS

Seperti halnya TC, semakin meningkatnya performa mesin, maka sistem pengereman juga perlu mengimbangi. Dengan ABS system, tehnik mengerem motor jauh lebih mudah…. Tinggal tekan sekuat mungkin, dan setelah itu serahkan pada sistem abs untuk bekerja.

  • Climate Control

Ini mungkin hanya dirasakan oleh biker di negara 4 musim. Di sana motor ada yang dilengkapi dengan heater, baik di jok motor, maupun handle bar. Sehingga memungkinkan riding di musim dingin, atau bersalju tanpa siksaan yang berlebih. Tinggal bagaimana menemukan alat untuk mengurangi siksaan panas khas negara tropis….. jaket ber AC kali ya?

kawasaki h2r
kawasaki h2r
  • Super Booster

Ya… ya….. suntikan rumah keong baik turbo atau super charger akan mengingatkan kita akan Kawasakai H2 atau H2R…. dan memang ini mainan baru yang sangat cool. Tinggal bagaimana membuatnya menjadi lebih kompak dan ekonomis…. dan sepertinya suzuki sedang ke arah situ dengan XE7 Turbo.

  • Ride Mode

Settingan motor opsional tergantung gaya riding, sekarang sudah tidak perlu memanggil tehnisi setiap akan riding. Tinggal pilih gaya seperti apa, pencet tombol penyesuaian maka motor akan bermetamorfosa karakter ridingnya. Di luar negeri sono, Riding mode itu juga termasuk penyesuaian suspensi secara otomatis, jadi membutuhkan suspensi elektronik, bukan cuma sektor mesin.

Lightening-LS-218
Lightening-LS-218
  • Elektrik

Pendekatan tehnologi motor sekarang ke arah digital, electronik, daripada tehnik fisika mekanikal. dengan pendekatan digital maka kita akan mendapatkan perhitungan yang prsesisi serta mendapatkan efisiensi semaksimal mungkin, atau karakter mesin secara artificial sesuai kehendak kita. Dan sekarang mekanikal mesin combustion akan disambung oleh generasi setelahnya….. Mesin elektrik atau motor listrik….. Electric love Affair… ( halah opo to ikih…. XD )

  • Transmisi otomatis

Di sini bukan bicara mesin metik…. ya, memang mesin motor metik memang lompatan tersendiri, namun yang lebih kekinian adalah transmisi DCT, dual clutch transmission. Alias transmisi manual bisa, kek metik juga bisa. Jadi transmisi motor sudah bisa menyapai capaian milik mobil. Membuat berkendara menjadi lebih menyenangkan, sekaligus lebih simple.

  • High tech Dimana-mana

Ini bicara pernik-pernik gearset, dari GPS, helm dengan visor photochromic alias berlayar monitor, gearset dengan airbag, motor tersinkronisasi dengan helm, de el el… Itu semua membuat riding sekarang seperti tehnologi alien jika dilihat orang di 30 tahun yang lalu.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

Silahkan Beropini