Suara Mesin CBR150R Kok Kasar Banget?

Yola dulur yang budiman….masih ingat janji deka kalau deka tidak akan mengangkat artikel kecacatan motor, kerusakan motor, kecuali deka lihat langsung, atau kerusakan motor tersebut sudah terpublikasi luas? Kalau memang belum tahu, deka akan mengatakan sekali lagi komitmen deka di atas itu betul adanya. Nah, tulisan soal suara berisik mesin new cbr150r ini deka tulis karena deka melihat dan mendengarkan langsung saat motor tersebut bekerja.

honda-cbr150r-launching

Mungkin tulisan ini akan membuat beberapa kalangan tidak nyaman, namun deka menulisnya tidak punya maksud menjelekkan atau menjatuhkan produk tersebut. Nggak ada untung ruginya bagi deka, karena memang tidak ada afiliasi apapun dengan pabrikan manapun. Deka hanya mengharap adanya perbaikan next batch motor yang menggunakan jenis mesin yang sama di cbr150r. Ya…cukup simple tujuan tulisan ini, sesimple warung sederhana yang deka jaga.

Awalnya, soal suara berisik atau klotok-klotok, helikopter, atau apalah itu nggak masuk dalam tema artikel di warung ini, karena hanya sekedar katanya atau bahkan aduan via media sosial yang barangnya saja kita tdk yahu… huh.. Namun ketika deka menemui langsung peristiwa tersebut, deka tergerak untuk menulisnya menjadi satu artikel. Sekali lagi tujuannya bukan ngebece, atau menjelekkan, hanya mengangkat fakta yang deka temui sendiri.

Kisahnya, deka hari minggu kemarin nganterin ibu negara dan si bungsu belanja ke supermarket besar di daerah bypass cherbond. Sore hari saat belanja selesai, deka yang menyemplak betty, beat karbu 2010 keluar parkiran di sebelah barat supermarket tersebut. Pintu keluarnya menuju jalan masuk perumahan Bima cherbond yang di depannya ada sebuah perkantoran. Nah saat keluar dan nyerahin karcis parkir, mata deka tertuju pada sosok motor new cbr150r yang ditunggangi oleh seorang pemuda.

Awalnya deka kagum terhadap desain yang begitu melangkah jauh dari desain versi sebelumnya. Sepertinya pemuda tersebut sedang ngejemput seorang wanita, entah istri atau pacar nggak tahu. Saat pemuda tersebut start dan mulai melaju, deka jadi heran dengan suara motor tersebut.

mesin-honda-new-sonic-150r-1

Suara mesinnya tidak mewakili kalau motor tersebut adalah motor baru. Suaranya sangat kasar, sekali lagi sangat kasar. Deka memang bukan tehnisi mesin motor, tapi jelas bisa membedakan mana suara mesin halus atau kasar. Suara mesin berisik, mengingatkan deka pada kondisi motor yang setelan klepnya nggak bener atau longgar. Deka berkaca pada motor-motor deka sebelumnya yang mengalami kondisi dimana motor perlu stel klep, nah mirip sekali kondisinya seperti itu.

Untuk ukuran motor baru, jelas cukup aneh bagi deka. Kalau alasan itu karakter mesin dohc, jelas itu bukan… Bahkan mesin dohc satria yang nggak pakai roller rocker arm, alias kem berhubungan langsung dengan shim saja nggak seberisik itu. Padahal seharusnya mesin direct dohc satria lebih berisik dibandingkan dohc with rra, lha kok ini malah kebalikannya?

RRA mesin DOHC
RRA mesin DOHC

Yah…. Semoga saja pihak ahm segera menangani produk mereka dengan baik. Jangan dibiarkan berlarut-larut, karena keluhan mesin berisik ini setahu deka sudah lama sekali, dari versi sebelumnya bahkan. Apapun penyebabnya, semoga motor default pabrik nggak mengalami hal sama.

Deka memang tidak sempat memfoto motor tersebut, karena posisi sedang riding pelan dengan bini dan anak. Namun atas nama pribadi deka, deka berani berkata apa adanya dengan resiko dicap cuma omong doang tanpa bukti. Ya itu resiko yang deka ambil secara sadar, dan demi mengutarakan hal yang sebenarnya terjadi dan deka alami sendiri.

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

26 Komentar

  1. Itu kesalahan user yg paling umum… semua motor dohc disarankan untuk mengecek keregangan klep setelah inreyen atau 1000km pertama… setelah itu hampir tidak perlu menyetelnya lg… parts di head silinder istilahnya blm matang total, jd perlunya inreyen… tetapi user sekarang, dapat motor baru, lsg digeber abis, tentu pengaruh ke parts tersebut… ini mengikuti buku pedoman dari kawasaki… 800km pertama max 4000rpm, 1600km pertama max 6000rpm… setelah itu br diperbolehkan geber full… saya mengikuti cara inreyen yg disarankan, teman saya main lsg geber… sama2 tdk skip servis 1000km pertama… motor teman suara mesin lbh kasar drpd motor saya… 🙂 ex z250 rider…

  2. Harap maklum, Gan. Namanya aja mesin teknologi MotoGP. Mesin kelas dewa, kalau ga berisik ga bakalan lari itu motor. Motor kebanggaan Makcez 93 nih.. Awas!

  3. ah sales di blog terkenal aja kampfreet

    dibilang itu generasi motor ngasal malah ngeyel

    fansboy akut nya aja skarang udah kagak waras malah ikutan bc kek salesnya

    cat cbr all new 150 sama minerva aja tebelan minerva

    sonic, cb ama cbr operstruk udah pernah cobain semua, ancur bener2 ancur build quality nya, masih bagus hsx 125 2009 gue deh

    2 bulan sonic ponakan gue langsung dijual nyesel beli katanya ga enak dipake

  4. AHM pengecut ..mana berani recall produk mrk yg cacat…produk ahm kualitas dewa dunia akherat…dr gen awal cebong mesin klotok klotok gd perbaikan…yg beli mau aza dibego begoin iklan sm seles….

  5. Klo saya seringnya papasan dijln yg berisik itu rantainya… Saya coba perhatiin padahal rantainya ga kering tuh..
    Klo dengar suara mesinnya yg klotok2 baru di youtube, blm mendengar langsung…

Silahkan Beropini