Moto GP Catalunya : Rossi’s Slaughter…..Epic Battle

image

Yola dulur yang budiman…. balapan di sirkuit catalunya yang mana sektor akhirnya dimodifikasi di 2 tikungan, yaitu tikungan 10 dan 12 melahirkan sebuah epic battle di serial moto gp. Dan kali ini protagonisnya adalah si oldcrack, valentino rossi yang dari awal free practice selalu kedodoran.

Sirkuitnya sendiri mengalami perubahan layout karena telah menelan korban jiwa, Luis Salom pembalap moto 2 di sesi free practice. Di tikungan terakhir atau tikungan 12, dianggap kurang safety karena tipikal tikungan mengalir extra kencang. Sayangnya sisi luar track bentuknya aspal, bukan gravel, jadi saat ada yang ndlosor kecepatan tidak teredam baik oleh lapisan aspal, beda dengan gravel. Akhirnya secara dadakan panitia memodifikasi sektor tersebut agar kecepatannya berkurang. Namun kontroversinya, perubahan tidak hanya di tikungan akhir, namun juga termasuk tikungan 10. Otomatis itu adalah perubahan 1 paket sektor 4, yang awalnya keuntungan katakter yamaha, menjadi karakter motor honda yang diuntungkan.

Awalnya, dengan perubahan layout tersebut, deka memprediksi Marquez yang akan menjadi protagonis. Apalagi Rossi yang start dari urutan 5 melakukan kesalahan starting, sampai diposisi 8 dibawah cal cruthlow ( cmiiw ). Deka kira lawan berat marquez adalah sesama spaniard, lorenzo dan pedrosa, namun si oldcrack membalikkan prediksi. Bahkan membalik jalannya balapan menjadi sebuah balapan epic battle.

Rossi memulai pembantaian pembalap di depannya satu-per satu sesaat setelah doi diurutan 8. Kesalahan saat start ditebus dengan mengasapi satu per satu pembalap di depannya saat masuk tikungan. Hampir semua pembalap di depannya dibalap dengan cara yang sama. Sampai saat vr46 memimpin balapan, doi berusaha memanage ban agar bertahan sampai finish. Tiap lap doi mengurangi kecepatan.

Di lain sisi, setelah ngintili Lorenzo sekian lama, marquez seperti terlecut saat rossi menyalip keduanya secara beruntun. Dia melibas lorenzo yang catatan lapnya terus memburuk, bahkan sampai disalip pedrosa dan vinales. Bahkan jika Iannone nggak melakukan kesalahan, hohe bakalan kesalip secara mulus. Sayangnya Ian melakukan kesalahan kecil sehingga doi mentusbol lorenzo saat gaya miring, kedua dnf.

image

Setelah lorenzo dnf inilah epic battle mulai terjadi. Marquez yang berada di belakang rossi nggak lebih dari 1 detik, mulai melancarkan agresivitasnya. Dia mem-push motornya sampai limit, beberapa kali membalap rossi, terutama setelah tikungan terakhir atau jalur straight dengan mengambil lap stream di belakang rossi dan menyalip saat masuk tikungan pertama. Namun dengan segala kematangan dan pengalamannya, rossi dengan tenang mengikuti alur marquez. Rossi paham betul bahwa motornya lebih unggul dibandingkan RCV, maka dengan tenang doi menyalip kembali saat ada kesempatan.

Saking ngototnya marquez, doi sampai hampir jatuh saat berduel dengan si gaek  italia tersebut. Saat melakukan kesalahan pertama doi masih ngotot, namun saat melakukan kesalahan yang kedua, sampai doi melebar saat menjelang lap terakhir, doi mengurangi kecepatan karena tahu selisih dengan rossi melebar lagi saat kesalahan terakhir terjadi. Dia hanya mempertahankan pacenya agar tetap finish walau dibelakang rossi. Rossi melakukan pembantaian terhadap 7 pembalap di depannya, dan berhasil meredam keagresivitasan marquez, dan memantatinya di garis finish dengan epic battle selama 5 lap terakhir. Rossi first, markes 2nd, pedro 3rd. Good Rossi…. Goood…. Rossi be Goode…….

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

Tinggalkan komentar

Filed under moto gp

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s