Grandong, The Real Tough Bebek Adventure

motor grandong
suzuki
motor grandong
motor grandong

Yola dulur yang budiman…… Saat deka berkunjung di farm daerah sukabumi selatan, daerah purabaya, surade, Jampang, deka sering berpapasan dengan moda transportasi roda dua yang cukup unik. Kalau sekarang lagi ramai motor bebek adventure yang tangguh melewati jalan becek, maka motor satu ini jauuuhh lebih adventure dibandingkan motor baru tersebut. Kenalkan….. namanya Grandong .

Motor ini kebetulan deka temui saat mengontrol investasi deka di seorang mitra daerah Purabaya sukabumi. Saat datang ke kandang, deka melihat dia sedang beraktivitas mengumpulkan kayu bakar yang dia beli dari seorang bandar yang jaraknya lumayan jauh. Karena belinya tanpa biaya transport, maka kayu potongan tersebut dibawa menggunakan “alat” dia sendiri, sebuah moped yang dimodifikasi.

Hebatnya lagi, posisi kandang ada dibawah tebing, bukan pinggir jalan. Jadi harus turun atau naik curam. Dan tangguhnya lagi, motor ini mampu membawa setengah kubik kayu dan melewati medan jalan yang curam dan becek. Motornya sendiri adalah motor modifikasi bebek honda blade.

Motor ini di daerah tersebut terkenal dengan sebutan motor grandong. Entah apa maksudnya, deka tidak tanya. Rahasia ketangguhan motor grandong untuk melewati medan off road adalah penambahan sebuah rantai yang dipasang di Β roda belakang. Tujuannya agar ban mendapatkan traksi atau gigitan ke jalan tanah atau lumpur. Rantai dipasang melingkari median ban dengan jarak tertentu. Sedangkan ban depan menggunakan ban jenis tahu ala motor trail.

IMG_0730

Selain modifikasi di sektor ban, sasis motor dimodif terutama di bagian underbonenya berubah menjadi bentuk melengkung seperti sasis metik. Hal ini bertujuan untuk menambah space ruang agar bisa mengangkut muatan lebih banyak. Dan posisi rider benar-benar visa mundur sampai belakang jok penumpang. Jangan ditanya soal kenyamanan, karena grandong mengutamakan fungsionalitas maksimal, jadi untuk suspensi banyak yang dimatikan, atau memakai suspensi jumbo yang keras.

Untuk sektor mesin, rata-rata modifikasi dilakukan di sektor kampas, agar lebih tahan lama dan bekerja lebih berat. Seperti di motor blade ini, kampas koplingnya diganti menggunakan kamkop kharisma yang jumlah lebih banyak ( cmiiw ).Β  Sektor lain yang perlu dirubah adalah ratio gear roda belakang yang diganti menjadi lebih besar. Gear belakang berukuran jumbo, agar kerja mesin memutar ban lebih ringan, mereka nggak mementingkan topspeed, tapi torsi.

Saat deka tanya kenapa mereka memilih motor honda daripada merk lain, mereka menjawab bukan soal kualitas atau performa motor. Mereka sebenarnya mencari motor 2 tak seperti yamaha force1 atau suzuki crystal, namun barangnya makin susah untuk dicuri eh “dicari”. Dilapangan kebanyakan motor honda, jadi mereka menggunakan motor merk honda. Jelas motor grandong ini tidak ada surat-suratnya. Logika saja, masak beli motor baru atau motor seken bagus hanya untuk diprotolin seperti itu, jelas nggak ekonomis kan? apalagi harus ada biaya modif segala, jatuhnya akan lebih mahal dibandingkan motor baru.

motor grandong
motor grandong

Sedangkan realitanya, motor grandong bisa ditebus seharga 5 jutaan. Jelas bahan bakunya dari motor “carian”….. dan kita tahu motor “carian” yang paling banyak beredar ya merk honda….. πŸ˜€ . Kalau soal kemampuan jelajah lapangan, nggak akan ada deh bebek yang bisa ngalahin si grandong ini. Bahkan sekelas supra gtr yang seharga 21 jutaan dijamin ngeper lawan si grandong kalau bicara soal kemampuan jelajah dan daya angkut. Dan si grandong nggak perlu embel-embel bebek adventure…… Siapa berani nantang Grandong????

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. masih ngak ngerti cara bawa motornya gimana? apa sambil berdiri?
    kayunya menjulang tinggi begitu,

    kalok begitu marques rossi bahkan lorenzo atau stoner pun pasti bakal lambaikan tangan ke kamera deh kayaknya

  2. Wooohhh… Jd teringat kisah lalu… Hahay… 2001-2004 sering adventure sampai ke purabaya & terminal sagaranten… πŸ™‚
    Pemandangan alamnya indah sekali & hawanya yg sejuk… Tiis ceuli herang panon.. πŸ™‚

Silahkan Beropini