Acara Klub Motor Disponsori Pabrikan Sebelah…. Wajar Tidak Wajar

Yola dulur yang budiman….. tak terasa deka sudah lama nggak nimbrung di hingar bingar dunia blog motor. Hal ini dikarenakan deka lebih konsen di dunia dapur ngebul yang deka geluti menyita begitu banyak waktu. Dalam kesempatan ini, ada yang menarik untuk dibahas, yaitu menemukan realita bahwa ada acara sebuah klub motor yang didanai oleh sebuah pabrikan motor.

sponsor beda merk

Namun pabrikan tersebut justru bukan dari merk motor klub tersebut, tapi merk tetangganya. Apakah hal tersebut wajara? atau justru tidak wajar? mari kita bahas bersama, tentu dari perspektive deka dahulu. Jika anda punya perspektive lain, monggo saja dibahas melalui kolom komentar.Membicarakan sponsor acara klub motor satu merk, secara umum akan disokong oleh pabrikan merk motor tersebut. Apalagi jika klub motor tersebut termasuk salah satu klub naungan pabrikan itu. Seperti deka bahas di tulisan lampau, keberadaan klub motor yang dinaungi oleh pabrikan adalah salah stu cara endorse secara masive, langsung ke publik, dengan biaya paling efisien. Dengan adanya klub, pabrikan secara tidak langsung akan menikmati hasil konsumen loyal…. loyalis….. bahkan fansboy, die harder. Itulah posisi strategis sebuah klub motor.

Tidak heran jika sebuah pabrikan memang sudah menyisihkan anggaran untuk menaungi klub-klub motor merk mereka. Anggaran untuk menyelenggarakan acara-acara klub yang mereka naungi. Tentu semua dengan prosedur, keseuaian acara dengan anggaran yang tersedia, dan merupakan klun resmi yang database-nya ada di pabrikan.

Bagaimana jika terjadi sebuah klub motor mengadakan acara namun sponsor dari pabrikan sebelah, apakah hal tersebut wajar? atau kurang ajar? Well….. menurut deka ada dua perspektive di kasus ini. Perspektive dari pabrikan tetangga, dan pabrikan merk klub motor tersebut. Kita tinggal melihat dari perspektive  pihak mana.

komunitas motor

Kalau dari pihak pabrikan tetangga, tentu hal ini wajar-wajar saja. Justru malah menjadi sebuah kesempatan untuk merangkul dan kemudian melakukan jurus mempengaruhi mindset…. sebar jin…. bahasa deka-nya. dari dulu deka bilang bahwa pabrikan itu bukan lembaga sosial…. semua diperhitungkan untuk kepentingan bisnis, perhitungan untung dan rugi, gives…. than takes…. There’s no free lunch.

Apalagi pabrikan anu….. soal mengambil hati, merangkul massa, media, mempengaruhi mindset……. deka bilang ” LEVEL DEWA “. Divisi yang tidak ada hubungan langsung dengan tehnis motor ini punya porsi besar, dan sumber daya manusia yang besar pula, menandakan divisi “mindset” ini begitu pentingnya bagi pabrikan anu. Dan cara di atas, merangkul klub motor beda merk adalah jalan yang “SAH” dalam dunia bisnis yang nggak mengenal etika atau tepo seliro.

Jika dari perspektive merk motor klub tersebut, jelas ini adalah hal yang memalukan. Mereka kecolongan, atau bahkan mungkin sebuah kelemahan dari keterbatasan dana ” sosial ” mereka. Dari sudut pandang ini, pabrikan produsen terbobol salah satu benteng mereka, kompetitor berhasil merangsek pertahanan mereka satu lapis. Klub motor adalah representasi pabrikan, produsen, ajang untuk menancapkan mindset lebih dalam. Pengaruh dari kompetitor harus disingkirkan jauh-jauh…. lha ini kok terpampang dengan jelas….. Ini jelas sebuah kegagalan paling fundamental bagi pabrikan tersebut di strategi pembentukan klub……

Itulah opini deka dalam membaca kasus sponsor klub motor beda pabrikan. jika dulur punya opini lain, silahkan share di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

3 Komentar

Filed under opini

3 responses to “Acara Klub Motor Disponsori Pabrikan Sebelah…. Wajar Tidak Wajar

  1. jos, artikel yang ditunggu akhirnya nongol 😀

  2. udah lama bangeeeett… nah dari sisi ngepbeye smart nih 😀

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s