Statement Head of Research and Design Honda Ini Menandakan New CBR1000R Fireblade Under Perform Dibanding ZX dan R-1?

new fireblade renderan konsep lampu

Yola dulur yang budiman…… dari mengikuti info renderan new CBR1000R Fireblade, deka kok malah nemu statement perancang moge honda tersebut yang sangat menarik. Kalau di kelas superbike atau sport 1 liter, pabrikan berlomba-lomba menelurkan motor yang mengutamakan performa nomer satu, honda sepertinya sudah mengelak duluan. Apakah itu tanda-tanda bahwa next fireblade akan under perform dibandingkan kompatriotnya seperti kawasaki zx-10R, yamaha YZF R-1, ataupun suzuki GSX-R1000 ?

Sebelum mengulas statement tersebut, deka akan berikan gambar renderan superbike honda tersebut. Ini adalah hasil olah digital team olah gambar MCN berdasarkan bocoran-bocoran orang dalam honda, serta team riset MCN sendiri yang menyelidiki proyek new fireblade ini. Dari penyelidikan, motor yang dicanangkan meluncur di tahun 2017 ini akan mengalami perombakan di segi desain, penyelarasan mesin agar sesuai standar euro 4, paket elektronik baru dan penambahan power.

new fireblade renderan

Bocorannya, si fireblade akan mendapatkan paket suspensi ohlins dilengkapi setting elektronik, paket C-ABS terbaru, traksi dan anti wheelie kontrol. Headlamp akan menggunakan 4 led utama, TBW atau throttle by wire plus rider mode. Air rams sistem sendiri akan diperbesar dengan cara memperbesar air intake di atas headlamp. Sistem injeksi juga akan direvisi ulang dibandingkan edisi sebelumnya, untuk menambah power dan torsi, serta mengurangi internal friksi part mesin.

Dari perubahan-perubahan tersebut, sepertinya performa fireblade tidak akan sesignifikan kawak zx-10R atau yamaha R-1, bahkan bisa jadi sama suzie gsxr1000 yang benar-benar dapat sentuhan tehnologi baru. Hal ini dinyatakan sendiri oleh kepala riset honda, Tetsuyo Suzuki. New CBr1000R fireblade berorientasi sebagai road bike, bukan track bike….. buat jalanan, bukan ngetrek di sirkuit.

tetsuyo suzuki.... honda

“In terms of the future of the Fireblade we do not want to make something that is as extreme as some bikes, like the Yamaha R1M for example. The performance and concept [for the Fireblade] is not aimed at track riders; that’s not the purpose of the bike. The concept is to have a usable road bike.”

Wah… loh…… fireblade akan dibuat sebagai superbike yang enak dikendarai, mengutamakan handling, daripada mengejar performa paling wah….. Bakalan under power dibandingkan kompatriotnya kan…….kalau 3 anggota dari 4 major of japan mengejar motor mereka sebagai track bike, honda malah pengen menjadikannya motor jalanan saja, yang penting berguna di jalan raya…..Ini yang ngomong bukan deka, tapi orang honda sendiri……..superbike mereka tidak mengutamakan performance untuk ngetrek, tapi kegunaannya di jalan umum.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

17 Komentar

  1. kyanya seperti itu kang, untuk track bike honda akan mengandalkan rcv s bisa saja dengan harga lebih kompetitif. atw mungkin juga akan menghadirkan sport baru kaya dulu ada cbr black bird.

  2. kayaknya emang sengaja di buat under perform om, karena kemaren pernah baca “lupa dimana” katanya yg mau dibuat untuk balapan itu mesin konfigurasi rcv sekarang, bawak nama vfr kalok gak salah sih om, tp gak tau juga sih, era mesin balap inline honda kayaknya bakal berakhir om, di ganti sama konfigurasi ‘V’ engine. buat 2 jenis konfigurasi mesin untuk balap banyak keluar modal om, mending fokuskan ke yg 1, bisa lbh maksimal.

  3. emang vfr terbaru udah ada ya om? gak mungkin juga mau pake mesin tahun jebot kan. ya karena gak ada pilihan lain ya terpaksa maksain si pesek fire blade buat balap. hahaha
    padahal umur dah uzur.

Silahkan Beropini