Mesin Satria FI Reinkarnasi Mesin FXR Yang Lebih Advance

satria-injeksi alex espargaro

Yola dulur yang budiman….. saat peluncuran secara resmi Suzuki Satria FI 150, deka sedang di daerah Purabaya Sukabumi yang miskin sinyal 3G, jadi nggak bisa update artikel. Lagian satria FI sudah bukan motor yang mengejutkan keberadaannya. sudah beberapa waktu lalu diketahui status performa maupun fisiknya. Karena blog lain sudah bahas suasana peluncuran, maka deka kebagian bahas printilan lain. Bagian mesin satria FI….. bagi deka, itu adalah reinkarnasi mesin fxr, namun lebih advance.

Bagian mesin di satria FI 150 memang bagian yang paling punya efek wow. Soal desain, bodi mungkin relatif, bagian fitur juga masih berimbang dengan kompetitor, namun soal jantung motor, satria FI boleh jumawa. Dan itulah sebenarnya kekuatan utama suzuki sedari dulu, dan hanya sebagian kecil publik motor yang tahu.

Khusus bagian mesin, prinsipal suzuki Jepang nggak mau main-main, dari sekedar baut mereka harus tahu. Rekan deka yang ngaku “orang dalem ” pernah bilang, saat perakitan shogun dulu, mesin sampai dikirim segelondongan dari suzuki jepang saking nggak percayanya sama kemampuan tehnisi disini. Itu hanya contoh kecil bagaimana prinsipal suzuki jepang begitu galaknya kalau soal mesin.

fxr suzuki

fxr suzuki

Kalau mesin satria versi karbu dianggap downgrade mesin fxr, maka menurut deka yang edisi sekarng justru melampaui mesin fxr itu. Kenapa acuannya mesin fxr, karena bongkahan mesin itulah yang menjadi acuan mesin 150 cc dengan performa paling nggilani di jamannya. 150 cc 4 tak karburator yang mendobrak dinding 20 dk on crank. Tapi memang dengan menanggung konsekuensi punya titel mesin 4 tak paling boros di kelasnya. Potensi mesin total overbore dohc begitu dimaksimalkan, tanpa memikirkan konsumsi bbm dan kadar emisi.

Setelah aturan EURO berlaku, maka mau tidak mau mesin fxr mengalami penurunan performa. Karena emisi dibatasi, maka mau tidak mau performa disunat agar bisa lolos uji gas buang. Sisi positifnya, konsumsi bbm menjadi lebih irit dibandingkan fxr. Sampai pada akhirnya standar euro 3 mengakhiri cerita mesin turunan fxr yang masih mengandalkan karburator. Mau-tak mau kudu pakai sistem injeksi, lagian sekarang injeksi menjadi paket wajib mesin motor dari sudut pandang publik.

satria-f15-performa limiter-13-ribu-rpm

Dengan mesin baru ini, performa memang tak setinggi mesin fxr dulu, tapi  menurut deka malah lebih advance. Dilihat dari sudut pandang fuel to power ratio. deka nggak akan menunjukkan angka, tapi dari sistem karburasi sekarng yang tersemat, jelas akan menang mein satria fi sekarang soal FPR dibandingakan mesin fxr, plus kadar emisi yang jauh lebih rendah. Sistem engine cooler juga lebih advance dibandingkan fxr. Dari sistem karburasi dan cooler saja sudah membuktikan itu, belum power delivery yang akan lebih baik.

Dan ingat, paket mesin satria FI dengan 18an dk itu belum potensi maksimal karena “hanya” di sasis moped, ayago yang ringan. Kalau dicangkokkan  ke sasis motor batangan atau sport ? jelas suzuki sudah punya ramuan baru…..dari terawangan deka, secara on crank akan tetap menang fxr, tapi soal FPR dan power delivery? masak selisih 15 tahun nggak ada perubahan? jelas akan lebih unggul mesin baru ini.

So….. welcome new fxr engine…….. you’re so god damn good……..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

20 Komentar

Filed under suzuki

20 responses to “Mesin Satria FI Reinkarnasi Mesin FXR Yang Lebih Advance

  1. Hayo mau seringan apa fxr reborn

  2. Le Park Femme

    Ini baru real-underbone. Ga kayak underbone abal-abal milik tetangga..

  3. Emang

    Biasa aja,djalan paling seimbang lawan sonic.kalau penjualan tetep sonic yg menang.

  4. alan

    kata warung sbelah satria fu fi, motor berbahaya over power, sampe di bkin 3artikel klo gk salah.. lah kmaren xabre rillis di bc motor lemott lah apalah, giliran ada yg powernya gede dan lebih kenceng dari produk H’malah koar2 gk safety.. mau’nya apa ??

  5. B lmp

    Ane kok rada yakin yah projek gsx150 itu ada..

  6. Badthegonx

    Beli ah, buat ngepretin sport batangan 150cc. Ngah ngah ngah

  7. bescorpio

    hore batangannya mau nongol

  8. awaslo

    haaa..haaaah di moto gepe gak ada apa2nya…..

  9. awaslo

    tetep sonik ah…. wagu rupane… cukuplah si sonic sedang2 saja…

  10. B lmp

    11. haaa..haaaah di moto gepe gak ada apa2nya….. Byawasloon Februari 17, 2016 pada 10:59 pm
    _________________

    Tebakan ane ini pasti fbh garis keras….

    Hubunganya motogp sma produk masal apa ya di motor” kecil? Gak ada tuh teknologi motogp yg di terapin di motor” seharga puluhan juta moge 1000cc aja jarang yg nerapin teknologi motogp apa lgi cuma 150cc ….

  11. Auman Macan

    dari hasil Dynotest Power DOHC “H” dan SOHC “Y” Mirip, yang jauh lebih powerfull ya DOHC “S”……………….

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s