TePOK Cara Setting Kekencangan Rantai Motor

suzuki

Yola dulur yang budiman…. bagi yang punya motor non metik, maka ritual pengencangan, atau setting kekencangan rantai motor adalah sebuah keharusan. Jangka waktunya sendiri beragam tergantung gaya riding dan ketahanan part rantai masing-masing.

setting rantaiSebenarnya setting rantai seperti ini adalah perlakuan sederhana, hanya mengendorkan baut, tarik ban, kencangkan, selesai kerjaan. Tapi ada perasaan takut kalau nanti settingnya nggak bener, masang ban-nya malah mengsol, takut nggak bisa ngebalikin etc. Padahal kesulitan utamanya itu justru rasa takut itu sendiri, deka juga alami. Tapi karena rasa asyik dan penasaran, akhirnya tekadkan diri kudu bisa ngelakuin setting rantai motor yang kalau ke bengkel dimintain upah 5 rebong ini.

Berikut ini cara TePOK mengencangkan rantai motor. Obyeknya sendiri siapa lagi kalau bukan sipiter, jupiter mx 135 lc. Untuk beberapa motor mungkin akan sedikit berbeda caranya, tergantung part yang terlibat apa, tapi pada dasarnya sama saja. Berhubung mx punya rem cakram maka pertama kali yang dilakukan adalah:

setting rantai

  • Kendorkan baut dudukan kaliper rem belakang menggunakan kunci pas, kendorkan saja, nggak perlu dilepas. Yang penting bisa digeser-geser.

setting rantai

  • Setelah itu, kendorkan baut roda belakang pakai kunci pas. Gambar diatas jangan dicontoh, memakai kunci inggris rawan memakan sudut baut. Terpaksa karena kunci pasnya diembat orang 😀
  • Setelah kendor, tarik ban ke arah belakang ( jika motor anda masih memakai anting, maka bisa langsung memanfaatkan baut anting, atau kendorkan juga baut anting,baru tarik roda ke belakang.
  • Setting rantai yang pas adalah rantai sejajar lurus, dan punya spelling sekitar 2 cm.

setting rantai

  • Setelah mendapatkan settingan kekencangan yang pas, segera ganjal dengan penahan dudukan, kemudian kencangkan baut ban secukupnya.
  • Manfaatkan skala angka di penahan sebagai patokan untuk setting posisi baut di sebelah kanan.
  • Setting penahan dudukan ban sebelah kanan sesuai angka yang ditunjukkan di sebelah kiri dengan cara mengetok-ngetok agar di posisi yang sama.
  • Setelah itu kencangkan baut sampai dianggap posisi baut mati.
  • Kencangkan kembali baut dudukan kaliper rem yang kita kendorkan tadi.
  • Nggak perlu khawatir ban menceng, jika posisi angka ganjal dudukan sama antara kiri dan kanan.
  • Coba saja cek dengan cara memutar ban belakang, dijamin gigi gear dengan lobe rantai bisa masuk dengan pas.

Silahkan dipraktekkan….. nggak susah-susah amat kok…. yang penting berani dulu.

Salam TePOK

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. om minta responya dong, kalo settingan anting udah mentok di 12 apakah harus ganti gearset?? atau bisa di kendorin terus di setting ulang di angka awal mungkin… terimakasih

Silahkan Beropini