Ini Alasan Multi Silinder Lebih Menguntungkan Daripada Single Silinder (Part 1)

suzuki

Yola dulur yang budiman…. saat di kelas 250 cc diadu antara motor 2 silinder dengan single silinder, perdebatan sengit terjadi. Dari kedua kubu memaparkan opininya masing-masing keunggulan 2 tipe mesin tersebut. Keduanya memang punya kelebihan masing-masing, tapi dari artikel rujukan yang deka baca, mesin multisilinder lebih banyak keuntungannya daripada single silinder, khususnya untuk motor yang mengejar performa.

parallel_twin+cylinder engineKeunggulan mesin single silinder paling utama adalah respons mesin di rpm bawah – menengah dan konsumsi bbm yang lebih irit. Kalau bicara maintenance, jelas lebih mudah perawatannya, karena untuk part-nya lebih sedikit dibandingkan multisilinder.

Kenapa mesin single silinder responsif di rpm bawah-,menengah, karena secara konstruksi bore-strokenya lebih besar dibandingkan 2 silinder. Dengan cc yang sama, ukuran bore-stroke lebih besar dibandingkan 2 silinder ( bore stroke dipecah menjadi 2  ). Otomatis di mesin single silinder hasil daya ledak pertama dari ruang bakar lebih besar dibandingkan 2 silinder atau multi silinder. Hasil daya ledak ruang bakar  single silinder harus diimbangi 2 kali di mesin 2 silinder.

Tapi, seiring naiknya rpm, multi silinder akan mengungguli power mesin single silinder. Lha kok bisa? katanya daya ledak mesin 1 silinder lebih besar. Benar memang, tapi ruang bakar mesin kan tidak hanya meledak sekali saat motor beroperasi, berjalan berkesinambungan sampai mesin mati. Nah…. mesin multi silinder daya ledak mesinnya memang lebih kecil dibandingkan single silinder, tapi frekuensi ledaknnya 2 kali lebih banyak daripada yang jomblo single. Lihat gambar mesin 2 silinder di atas.

4_Stroke_Engine work

Begini keterangannya. Dalam satu siklus kerja mesin 4 tak, ledakan hanya terjadi 1 kali, yaitu langkah bakar, selebihnya 3 siklus mesin berputar tanpa menghasilkan tenaga, justru akan kehilangan tenaga hasil daya ledak. Ini terjadi pada mesin single silinder. Sedangkan mesin multi silinder, walaupun langkah ledakan hanya 1kali terjadi, tapi frekuensi ledakannya lebih cepat 2 kali. Saat silinder 1 mencapai 1/2 dari 4 siklus, silinder 2 sudah fase bakar, menghasilkan tenaga. Lebih gamblangnya lihat animasi kerja mesin 4 tak diatas

Kemudian lihat posisi piston di mesin 2 silinder atas…. jelas ? Karena langkah ledak di mesin 1 silinder hanya terjadi 1/4 dari satu siklus, maka power yang disalurkan ke crankshaft melalu conrod (stang seker) menjadi tidak seimbang, fluktuatif, naik saat siklus bakar, turun di 3 siklus berikutnya. Dan yang paling parah adalah saat langkah kompresi, piston bergerak naik dan melakukan tekanan campuran bbm+udara tanpa sebelumnya ada power langsung dari daya ledak, hanya bergantung pada tenaga inertia flywheel (lihat fase 3 ). Ketidakrataan power dalam 1 siklus ini menyebabkan mesin single silinder punya vibrasi lebih besar dibandingkan mesin multi silinder.

( Bersambung )

Semoga bermanfaat

 

8 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Ini Alasan Multi Silinder Lebih Menguntungkan Daripada Single Silinder ( Part2 ) | 78deka

Silahkan Beropini