Suzuki Bantah Throttle Bodi Satria FI Tak Bisa Direamer

mesin-satria-fu-injeksi

Yola dulur yang budiman….. beberapa waktu yang lalu sempat ramai, heboh oleh opini tokoh pengusaha part racing yang diwawancai oleh media otomotif nasional. Tokoh tersebut ( menurut media ) mengatakan bahwa ukuran throttle bodi satria fi memang lebih besar, tapi tidak jaminan motornya kencang. Di sesi lain dia juga mengatakan bahwa throttle bodi satria tidak bisa direamer karena “daging”nya tipis. Dan ini sudah dibantah oleh pihak suzuki.

Kalau soal ukuran throttle bodi lebih besar tidk jaminan motor satria fi kencang, jelas sudah gugur dengan sendirinya, karena dalam beberapa kali tes satria fi memang paling kencang dibandingkan ayago 150 eta, dan moped sport iyeu. Tes yang dilakukan di sirkuit sentul maupun sirkuit internal suzuki menyebutkan satria fi paling kencang.

throttle bodi satria

Untuk throttle bodi yang tak bisa direamer, ini juga dibantah oleh suzuki melalui laskar suzuki. Sekarang, mitra balap suzuki sedang riset satria untuk ajang balap, dan throttle bodi-nya direamer untuk memperbesar asupan udara / lubang venturi.

Throttle Body Satria FU 150 FI yang sedang diriset oleh tim balap SUZUKI bagian luarnya direamer menjadi 33mm dan ternyata sisanya masih tebal sehingga masih memungkinkan lagi untuk direamer.
Itu belum selesai, throttle bodi ada 2 bagian yang dipisahkan oleh katup kupu-kupu, bagian luar dan bagian dalam. Nah…bagian dalam ini sedang diujicoba dengan memperbesar venturi dengan cara direamer sampai ukuran 38 mm. Saking besarnya, maka katup kupu-kupu-nya sampai ikutan diperbesar.
katup kupu2 satria fi upgrade
Kenapa sih kok cuma reamer saja jadi isyu nasional, diributkan? jelas karena segmen pasar ayago adalah anakmuda yang hobi oprek dan modif mesin agar lebih kencang. Dengan dihembuskannya isu throttle bodi satria maka itu akan menjadi minus sebuah ayago, alias susah dioprek.
Benar enggaknya biar realita nanti yang bicara…… motornya saja belum muncul dipermukaan kok sudah dijudge macem-macem ya??? Ah… deka nggak ikut-ikutan, mending nonton, dan ngomentari kalau ada statemen ganjil…..
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. Motor nya udh distribusi ke bandung cirebon dll di sunter udh di pajang berjejer.. Bca di mesinbalap.com bahkan consumen sudah ada yg terima barang

  2. Persaingan tidak sehat, pake acara tebar isu negatif. Sedemikian takutnya tersaingi, segala cara dilakukan. Kalau berani ya buktikan saja di sirkuit, nggak usah ngomong macam2 lah

Silahkan Beropini