Harga Satria FI 28 Juta dan Suspensi USD Xabre 15 Juta Motifnya Sama….. Lambe Jaran

suzuki

Yola dulur yang budiman….masih ingat dengan rumor liar harga Satria FI yang “konon katanya” 28 juta? Kini, kasus yang hampir mirip terjadi juga di motor yang belum dijual, hampir sama dengan satria FI. Ada info entah keluar dari lubang mana, tahu-tahu ramai kalau pak dyonius mengatakan harga USD xabre 15 juta rupiah…. Weh… ada lambe jaran nih…..

lambe jaran
lambe jaran

Flashback dulu ke kasus Satria FI kemaren. Ramai sekali di dunia blogsphere bahwa bandrol satria Fi bakalan 28 juta. jelas untuk ukran ayago made in sendiri harga yang nggak umum, kelewat mahal. Memang ada sumbernya yang mengatakan seperti itu, media tinggal nyantumin dari sumber A, selesai perkara….. mungkin seperti itu.

Kini kasus yang mirip terjadi juga, bahkan nampak lebih meyakinkan….. menurut petinggi pabrikan sendiri yang ngomong kalau harga suspensi USD xabre berharga 15 juta rupiaaaaaaaaahs……….. Jelas akan menjadi berita viral di media maya. di satu sisi menguntngkan untuk media, di satu sisi menohok pabrikan yamaha.

Untuk sekelas pejabat yamaha, jelas efeknya akan hebat, entah menjadi olok-olokan atau menurunkan kredibilitas orang maupun perusahaan yang diwakili. Ini tentu terlepas dari benar atau salahnya realitas yang terjadi sesungguhnya. Media atau dalang penyebar gossip cukup pintar kalau kebiasaan orang kita itu suka melihat judul berita, kemudian menyimpulkan sendiri maksudnya tanpa membaca berita secara keeluruhan. Judul berita sudah cukup mewakili isi berita…. ini sangat tipikal orang kita.

Untuk kedua kasus tersebut deka memang enggan untuk menjadikan sebuah artikel, karena saat deka membaca beritanya, jelas cukup janggal. Sehingga deka lebih memilih menunggu kejelasan berita tersebut arahnya kemana. Seperti kasus satria FI yang ternyata sumbernya hanya dari facebook dan bukan orang suzuki sendiri, cuma simpatisan.

mulut vs otak

Kali ini juga deka anggap cukup janggal. Masak sekelas pak dyonius bicara seperti itu? USD 15 juta berarti menganggap kita buta akan sparepart motor. Deka yakin ini berita janggal, entah salah ketik, salah denger, atau pak dyonius bety sendiri yang selip lidah…. slippin tounge. Di pikiran deka, yang logis adalah sekitar 5 jutaan.

Hal-hal seperti ini lah yang dimanfaatkan oleh kaum lambe jaran marketing atau sales. Sebar berita secara meyakinkan sehingga orang lain terpengaruh dan mengiyakan. Dalam dunia bisnis dengan ragam strateginya, ini sering dilakukan ( deka dulu waktu kerja marketing juga lambe jaran 😀 ). Urusanbenar atau salah urusan belakang, manfaatin media sebagai amplifier, mengena publik secara masive… efek membahahahahahanaaaaa.

Pihak yang merasa diuntungkan terbahak-bahak, yang jadi korban ngedumel dan sewot dengan viral yang terjadi. Nah…. deka sendiri sebagai salah satu media kecil nggak akan ikut grudag-grudug bikin gaduh, secara pribadi lebih menahan diri untuk menulis kasus tersebut untuk beberapa saat, sampai ada kejelasan lebih lanjut. Warung ngga rame nggak apa-apa, yang penting ngajak dulur sekalian adem dalam membaca.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

15 Komentar

  1. 2 kasus yg sama tpi beda..
    Satria fu heboh akan di bandrol Rp28jt tpi bkn pernyata’an dri internal pt.sis bisa jdi orang iseng bisa jdi ulah sales cemas
    Suspensi usd si xabre yg harga 15jt ini pernyataan internal yimm jdi mending konsumen beli xebre ga usah sma usd nya kan jdi murah tuh si sabri cma 15jtan wkwk

    • Cuma typo atay wartawan detikoto ngantuk salah denger 😀

      “Padahal saat launching kemarin di Nusa Dua, Bali, Dyonisius Beti, Chief Operating Officer (COO) PT YIMM dan Executive Officer Yamaha Motor Company (YMC) Japan secara gamblang saat menjelaskan mengapa Xabre lebih mahal dari V-Ixion, salah satunya karena harga upside down saja sekitar Rp 5 juta saja.”

      Skandal daah..

  2. kalok emang ini kesalahan penulis berita harusnya petinggi yimm protes dong, masak diem aja kredibilitasnya di ancurin gitu,
    ane sih gak percaya kalok shock usdnya 15 jt, ya pling sekitaran 4-5 jtan,
    tapi ini menandakan kalok petinggi yimm itu suka hyperbola dan boong, sehingga waktu ngucapin sesuatu itu gak dipikir dulu di otaknya langsung keluar, untuk ukuran petinngi pabrikan tentu ini hal yg memalukan, semoga aja cepat di rotasi dah tu orang, dari beberapa pabrikan kawasaki, suzuki, yamaha, honda, kayaknya petinggi pabrikan yamaha sering kali pakek kata2 hyperbola dan menjerumus kebohongan, mulai dari semua mesin di geber 8000 rpm ngebul. shock nmax keras katanya untuk matic sport, lah terus ngeluarin shock yg lembut, talk less do more aja deh boosss,
    motornya sih bagus, tp bacot petinggi ini yg bikin eneg

  3. Joss ini mzbro, ane jadi suka tulisan ente, mencermati kalimat di paragraf terakhir, brati ente ( semoga ) bukan termasuk golongan (salah satu) blogger dollariah yang lebih suka membuat tulisan yang sifatnya menimbulkan pro dan kontra, “keributan”, adu pendapat dsb demi supaya hits naik, karena beralasan “kita tidak hidup di jaman batu, maka hidup butuh duit”.

Silahkan Beropini